• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mulai Besok, Beli Mobil Baru Jadi Murah karena Diskon PPnBM

yeduoka
TS
yeduoka
Mulai Besok, Beli Mobil Baru Jadi Murah karena Diskon PPnBM
WELCOME TO MY THREAD


Pemerintah akhirnya menerbitkan aturan mengenai diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM mobil baru untuk maksimal 1.500 cc. Insentif pajak yang ditanggung pemerintah ini siap dilaksanakan mulai 1 Maret 2021.

Beleid itu tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 20 Tahun 2021 tentang PPnBM atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Berupa Kendaraan Bermotor Tertentu yang Ditanggung Pemerintah Tahun Anggaran 2021. Aturan ini diteken Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 25 Februari 2021.



Dalam Pasal 2 beleid tersebut, disebutkan ada dua ketentuan mengenai insentif PPnBM yang ditanggung pemerintah. Pertama, PPnBM atas kendaraan bermotor sedan atau station wagon dengan motor bakar cetus api atau nyala kompresi (diesel atau semi diesel) dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 cc.

Kedua, kendaraan bermotor untuk pengangkutan kurang dari 10 orang termasuk pengemudi selain sedan atau station wagon, dengan motor bakar cetus api atau nyala gardan penggerak (4x2) dengan kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 cc. PPnBM yang tertuang atas penyerahan tersebut ditanggung oleh pemerintah untuk tahun anggaran 2021.



“Persyaratan jumlah pembelian lokal meliputi pemenuhan jumlah penggunaan komponen yang berasal dari hasil produksi dalam negeri yang dimanfaatkan dalam kegiatan produksi kendaraan bermotor paling sedikit 70 persen,” tulis Pasal 3 ayat 2.
Diskon PPnBM mobil tersebut berlangsung selama sembilan bulan. Pemberian insentif akan terbagi ke dalam tiga tahap.
Adapun besaran insentif PPnBM yang diberikan mencapai 100 persen atau PPnBM 0 persen pada tahap pertama berlangsung mulai Maret-Mei 2021. Diskon PPnBM 50 persen pada tahap kedua sejak Juni-Agustus 2021 dan 25 persen di tahap ketiga dari September-Desember 2021.



Apakah Saat Tepat Beli Mobil Baru Saat Relaksasi PPnBM?
Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) tentu sangat menggiurkan masyarakat yang memiliki cita-cita membeli mobil tahun ini. Apakah ini saat yang tepat untuk membeli mobil baru?
Relaksasi pajak sebesar 0 persen berlaku untuk mobil baru berkapasitas mesin 1.500 cc ke bawah yang diproduksi secara domestik dengan komposisi lokal lebih dari 70 persen, pada periode Maret hingga Mei 2021.
Sebagian kalangan tentu memandang hal ini sebagai peluang emas untuk membeli kendaraan roda empat karena adanya potongan harga yang cukup signifikan.
Dikutip dari riset Financial Educator Lifepal, Aulia Akbar, khusus bagi Anda yang memang belum memiliki mobil, disarankan untuk menghindari membeli mobil baru dalam jangka waktu dekat ini. Mereka yang disarankan untuk tak membeli mobil baru seperti: hampir setiap hari bekerja dari rumah, kebutuhan pokok atas hunian belum terpenuhi dengan baik, masih banyak cicilan utang, bekerja atau berbisnis di industri yang terdampak pandemi.



Ini Daftar 21 Mobil Baru Kena Diskon PPnBM
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menerbitkan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 169 Tahun 2021, yang berisi daftar kendaraan yang memperoleh relaksasi PPnBM 2021.
Total ada 21 mobil dari 7 merek yang berbeda yang kena diskon PPnBM. Enam merupakan pabrikan Jepang, satu dari pabrikan China, dominasinya mobil segmen Low MPV.
Semuanya memenuhi kriteria diproduksi di dalam negeri, memiliki local purchase minimal 70 persen, sedan dan segmen mobil berpenumpang maksimal 10 orang, bermesin 1.500 cc, dan berpenggerak gardan 4x2.

Berikut daftar mobil kena diskon PPnBM.
-Toyota Yaris
-Toyota Vios
-Toyota Sienta
-Daihatsu Xenia
-Toyota Avanza
-Daihatsu Gran Max Minibus
-Daihatsu Luxio
-Daihatsu Terios
-Toyota Rush
-Toyota Raize
-Daihatsu Rocky
-Mitsubishi Xpander
-Mitsubishi Xpander Cross
-Nissan Livina
-Honda Brio RS
-Honda Mobilio
-Honda BR-V
-Honda HR-V
-Suzuki Ertiga
-Suzuki XL7
-Wuling Confero

Siap beli mobil baru..?? atau tunggu ada potongan harga lagi..?? emoticon-Ngakakemoticon-Hammer2 

Bila berkenan mohon rating 5 emoticon-Rate 5 Star dan cendolnya emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Semoga kaskuser semua panjang umur, sehat selalu, berkah berlimpah rezekinya, aaamiiin




emoticon-Cool 






sumur : sumur
Diubah oleh yeduoka 28-02-2021 02:39
b4permanprotradersignaltien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
22
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.