wismanganAvatar border
TS
wismangan
Jakarta Kota Pertama di Asean Raih Penghargaan Transportasi


Jakarta, CNN Indonesia -- Provinsi DKI Jakarta menjadi kota pertama di Asia Tenggara yang meraih Sustainable Transport Award (STA) 2021 atau penghargaan transportasi berkelanjutan. DKI mendapatkan penghargaan itu berkat program integrasi antarmoda transportasi publik.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bangga dengan penghargaan tersebut. Ia mengatakan, pemprov DKI berkomitmen untuk terus mengupayakan sistem transportasi yang berkelanjutan demi kenyamanan warga.

"Alhamdulillah, Jakarta terpilih sebagai kota terbaik dunia dalam Sustainable Transport Award 2021. Saya turut berbangga dengan pencapaian Jakarta dalam peningkatan inovasi transportasi terintegrasi," kata Anies dalam keterangan tertulis, Kamis (25/2).


"Ini adalah pengingat bahwa kami harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada, sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin," imbuhnya.


Jakarta memenangkan penghargaan STA mengalahkan kota-kota besar dunia, di antaranya Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo. Pada tahun lalu, Jakarta menduduki peringkat kedua atau mendapat gelar 'Honorable Mention'.

STA merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada kota yang menunjukkan komitmen, kemauan politik, serta visi dalam bidang transportasi berkelanjutan dan pembangunan perkotaan.

Adapun, upaya berkelanjutan yang menurut Anies membuat Jakarta meraih penghargaan di antaranya; mengintegrasikan mikrobus atau angkot dengan layanan Transjakarta, di mana 10 operator angkot sepakat untuk bergabung dengan Transjakarta.

JakLingko memungkinkan warga berpindah moda transportasi menggunakan mikrobus dan bus Transjakarta dengan tarif tetap dalam waktu 3 jam.

Kemudian, Jakarta juga berhasil menghadirkan MRT dan LRT yang juga menjadi momentum besar bagi sistem transportasi publik. Jakarta juga dinilai telah mengintegrasikan layanan transportasi, baik fisik maupun pembayaran.

"Hal itu terbukti dengan dibangunnya stasiun-stasiun dan rute-rute Transjakarta yang terintegrasi dengan MRT Jakarta, LRT Jakarta, serta mikrobus," kata Anies.

Jakarta juga dianggap telah mampu menata kawasan transportasi publik antara stasiun KRL dan TransJakarta dengan membuat hub transportasi. Pada tahap pertama, stasiun yang ditata adalah Stasiun Tanah Abang, Stasiun Juanda, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Pasar Senen.

Selain itu, Jakarta turut mengembangkan armada bus listrik yang dilakukan oleh Transjakarta dengan target mengubah semua armadanya menjadi bus listrik pada 2030.

Jakarta juga mengubah fungsi Terowongan Kendal sebagai area khusus pejalan kaki untuk menghubungkan stasiun KRL, stasiun MRT, stasiun Kereta Bandara dan halte Transjakarta.


Anies menyatakan, salah satu indikator keberhasilan Jakarta mendapat penghargaan STA yakni upaya berkelanjutan pembangunan jalur sepeda yang hingga saat ini telah dibangun 63 kilometer.

Saat ini, sedang dibangun 200 km jalur sepeda terproteksi, dengan rencana pembangunan 500 km jalur di tahun mendatang.

Untuk mendorong masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi, Jakarta juga menyediakan sistem bike-sharing dengan 120 sepeda yang siap pakai.

Sejumlah tempat parkir sepeda juga telah dibangun di sejumlah stasiun untuk memudahkan masyarakat berpindah lokasi dengan biaya yang lebih terjangkau dan baik untuk lingkungan.

Terakhir, Anies mengklaim jika Pemprov DKI telah mengubah fungsi fasilitas park and ride Thamrin 10 yang sebelumnya merupakan area parkir kendaraan pribadi menjadi ruang usaha ekonomi kreatif.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...n-transportasi

Penghargaan ini bukan buat Anies tapi buat warga DKI..
Diubah oleh wismangan 27-02-2021 00:18
anu.ku.l
pitaksemprul
gmc.yukon
gmc.yukon dan 9 lainnya memberi reputasi
8
2K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.