News
Batal
KATEGORI
link has been copied
228
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6038674bf4eefa5d9f4463b0/dunia-islam-tertinggal-kalangan-orientalis-sebut-al-ghazali-mengkhianati-sains
Albert Einstein seorang ilmuwan jenius memastikan bahwa setiap jenis massa bisa dikonversi menjadi energi dengan rumus paling terkenal di dunia, yaitu: E= mc². Rumus ini digadang-gadang menjadi inspirasi pembuatan bom atom yang meluluhlantakkan kota Hiroshima dan Nagasaki . Penemuan bom atom dianggap sebagai titik awal perkembangan sains dan teknologi modern di Barat. Sementara itu, dunia Islam t
Lapor Hansip
26-02-2021 10:13

Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains

Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains

Albert Einstein seorang ilmuwan jenius memastikan bahwa setiap jenis massa bisa dikonversi menjadi energi dengan rumus paling terkenal di dunia, yaitu: E= mc². Rumus ini digadang-gadang menjadi inspirasi pembuatan bom atom yang meluluhlantakkan kota Hiroshima dan Nagasaki . Penemuan bom atom dianggap sebagai titik awal perkembangan sains dan teknologi modern di Barat.

Sementara itu, dunia Islam tertinggal cukup jauh dengan prestasi dunia Barat dalam bidang sains dan teknologi. Bahkan sejumlah data statistik menyimpulkan bahwa pelajar di negara religius seperti Jordania, Yaman, Indonesia, dan Qatar menempati empat posisi paling bawah dalam bidang sains dan matematika. Bahkan data lain menyebutkan bahwa pelajar Indonesia dalam sains dan membaca relatif masih rendah.

Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh November, Prof Agus Purwanto, mengatakan pencarian tentang sebab-sebab kemunduran kaum Muslim adalah tema klasik yang sudah dilontarkan para intelektual dan sarjana sejak akhir abad ke-19. Hampir seluruh tanah Muslim ketika itu berada di bawah penjajahan Eropa. "Dari Maroko hingga Aceh, tak ada negara Muslim yang bebas dari cengkeraman kolonialisme Barat," katanya, dalam kajian webinar yang diselenggarakan Universitas Darussalam Gontor pada Selasa (23/02).

Salah satu tesis yang sempat mengemuka di dunia akademik menyebut bahwa Imam al-Ghazali adalah orang yang harus bertanggungjawab atas mundurnya pemikiran kreatif dalam dunia Islam. Oleh sejumlah orientalis dan cendekiawan muslim, kitab Tahafut al-Falasifah karya al-Ghazali dipandang sebagai pembunuh ilmu-ilmu rasional sehingga tidak bisa lagi tumbuh di dunia muslim.

Ibnu Rusyd pernah mencoba meluruskan tuduhan al-Ghazali tersebut dalam sebuah kitab tandingan Tahafut al-Tahafut. Dalam kitab tersebut, dengan gemas Ibnu Rusyd menyerang al-Ghazali dan juga Ibnu Sina karena keduanya telah salah dalam memahami Aristoteles. Akan tetapi menurut beberapa sarjana, pengaruh Ibnu Rusyd hanya berkembang biak di dunia Barat, sementara dunia Islam masih terkungkung dengan pemikiran al-Ghazali.

: Begini Cara Pencegahan dari Sihir dan Ilmu Hitam yang Diajarkan Rasulullah SAW

Kendati demikian, tesis para orientalis yang sering menulis bahwa al-Ghazali “mengkhianati” sains harus tetap dikritisi. Sebab faktanya tidak ada cendikiawan muslim yang menggunakan pandangan al-Ghazali untuk menyerang tradisi ilmu pengetahuan dalam Islam.

Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh November, Prof Agus Purwanto, mengungkapkan bahwa kemunduran sains dan teknologi di dunia muslim merupakan masalah teologis, alih-alih kapital. Ia mengungkapkan bahwa ketika berbicara ajaran dan kesempurnaan Islam, maka tiga kompenen seperti Tuhan, alam, dan manusia, tidak bisa dilepaskan satu sama lainnya. Baginya, saat ini umat Islam masih terfokus pada relasi Tuhan dan manusia.

“Sedangkan orang Barat di satu sisi dalam kajiannya menitikberatkan kajian tentang alam sehingga mereka unggul dalam sains dan teknologi. Padahal kita tahu bahwa al-Quran ada sekitar ada 800 ayat yang secara spesifik penguasaan ilmu pengetahuan. Akibat melupakan ayat-ayat ini dunia Islam tertinggal dalam ilmu pengetahuan,” ungkap Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah ini.

Ia menyatakan ayat alam di dalam al-Qur’an sedikitnya ada 800, lima kali lebih banyak dari ayat fikih yang 160. Sayangnya, ayat alam terlupakan dan tidak mendapat perhatian umat Islam. Umat Islam abai pada alam dan ilmu tentangnya. Akibatnya, hingga saat ini umat Islam hanya sebagai konsumen dan user hampir semua produk industri modern.

Berpikir dan Berpikir

Agus mengatakan ayat tentang ilmu pengetahuan itu disampaikan dalam beragam kosakata seperti ungkapan langit, bintang, matahari, bulan, bumi, tumbuhan, hewan, debu, tanah dan lain sebagainya. Meski ayat hukum hanya berjumlah seperlima dari ayat kauniyah, tetapi telah menyedot hampir semua energi ulama dan umat Islam.

Umat Islam seakan melupakan ayat-ayat al-Quran yang membahas fenomena terbitnya matahari, beredarnya bulan, dan kerlap-kerlipnya gugus bintang. Mereka melupakan kilat yang menyambar, malam yang gelap-gulita, cahaya yang melesat, dan listrik yang membakar. Padahal ayat-ayat tentang alam tersebut dapat diposisikan sebagai prinsip-prinsip dasar dalam rangka bagaimana membangun hubungan sains dan agama.

Ia menjelaskan ekspresi ayat al-Quran dalam menggambarkan “akal” selalu menggunakan kata kerja (fiil), alih-alih kata benda (isim). Dari 49 kata “akal” tidak ada satu pun yang menggunakan kata benda, bahkan hanya ada satu ayat dalam al-Quran yang menggunakan term “akal” dalam bentuk kata kerja lampau (fill madhi). Dominasi fiil mudhari dalam kata “akal” menunjukkan bahwa umat Islam seharusnya menggunakan akal secara terus menerus.

Lebih dari itu, kata “akal” dalam bentuk fiil mudhari didominasi oleh dhamir-dhamir yang bermakna komunal (jama’) bukan personal (mufrad) seperti ungkapan “ya’quluna” dan “ta’qiluna”.

Agus menyatakan bahwa pilihan kata ini memiliki filosofi yang mendalam. Baginya, hal tersebut menandakan bahwa berpikir merupakan anjuran yang mesti dikerjakan setiap orang beriman.

“Jadi dalam Islam, berpikir itu bukan sesuatu yang seperti monumen benda mati, juga bukan sekadar proses sejarah masa lalu, tetapi anjuran agar terus berpikir, berpikir, dan berpikir,” jelasnya.

Penjelasan Agus ini juga dapat dibaca langsung dalam sejumlah bukunya seperti Ayat-ayat Semesta.

Dengan demikian, Allah SWT melalui al-Quran sesungguhnya mendorong orang-orang beriman agar menggunakan akalnya untuk berpikir secara maksimal.

Berpikir secara radikal akan menghasilkan temuan-temuan yang dapat membawa pada satu kebanggaan bahwa Islam menjadi rahmat semesta alam. Sebab sejak dulu peradaban Islam selalu diidentikkan dengan kejayaan pengetahuan, sebagaimana Franz Rosenthal dalam The Knowledge Triumphant: The Concept of Knowledge in Medievel Islam.

https://kalam.sindonews.com/read/346...ent_aggregator

dunia islam pernah mencapai kejayaan sains,yaitu ketika mazhab mutazilah berkuasa..dimana logika lbh diutamakan dibanding alquran..ketika ilmu kalam dan filsafat merasuk ke dunia islam..ketika ilmuwan2 islamic golden age justru hampir semuanya berasal dr non-arab yg byk diantaranya muslim sekuler yg mengagumi filsafat yunani😀

profile-picture
profile-picture
profile-picture
voorvendetta dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 11:14
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akun.baru dan 9 lainnya memberi reputasi
10 0
10
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 11:16
klo pas dunia islam , barat nyebutnya dark ages... hihi...
profile-picture
Sadhunter memberi reputasi
1 0
1
Lihat 92 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 92 balasan
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 12:04
agus purwanto ini yg nulis buku nabi adam dilahirkan itu bukan?
0 0
0
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 12:18
Aliran Satanis berkuasa, tumbalnya banyak, ritual pesugihan level global.
profile-picture
Sadhunter memberi reputasi
1 0
1
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 12:18
Generasi Islam saat ini hanya melahirkan pengahafal. Makin lama makin mundur krn logika umat islam saat ini dikekang. Ane yakin manusia itu selalu ada keingintahuan, tapi apa daya dikekang oleh penganut agama.

Secara gamblang Islam tidak mengekang manusia utk explore akalnya, tp ya dogma selalu ditanamkan bahwa umat Islam itu harus melahirkan generasi penghafal. Bandingin aja prestasi penghafal Al Qur'an sm prestasi metode ilmiah, kita bisa tau mana yg disanjung.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 12:40
Slam, lu sholat aja terus 24 jam.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
LI0NmahoHeart dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 12:47
Muslim civil war
Buahahahahaha
🤣 🤣 🤣 🤣 🤣

Gimana ga tertinggal jauh ini umat muslim dalam hal sains dan tehnologi dari negara barat lhaaaa di pikiran nya cuma mati ketemu 72 bidadari di surga dan bisa baik bidadari tiap hari sama sibuk ribut kapling surga
Buahahahahaha
🤣 🤣 🤣 🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 12:47
Berat ini bahasannya..
0 0
0
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 14:05
justru kemunduran itu akibat anak-anak sejak kecil dicekoki paham non-logika doktrinasi kebodohan, dilarang kritik dan tidak diijinkan berpikir. diajarkan membenci, sehingga otak rusak. sejak kecil diajari bunuh cicak, setelah agak besar membunuh bapak ibu dan saudaranya.

ttd. ajaran bunuh cicak
profile-picture
otak.100cc memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 14:07
Setiap kali mau melakukan sesuatu selalu kena cap bid'ah dan haram emoticon-Cape deeehh

Dan pasti selalu saja ada yang bilang kalau ilmu dunia (sains, ilmu sosial, dan humaniora) itu tidak penting, lebih baik perdalam ilmu agama. Tidak bisa ilmu dunia tidak apa2 yang penting punya ilmu agama emoticon-Cape deeehh

Kalau seperti itu ya jelaslah akan selalu tertinggal emoticon-Cape deeehh
profile-picture
dispenserr memberi reputasi
1 0
1
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 14:17
mo fokus ke akhirat sih silahkan
yg penting kalo ketinggalan jgn nyalahin gara2 konspirasi kapir
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
urangwara dan dispenserr memberi reputasi
2 0
2
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 14:43
klo kadrun mau kembali ke golden age
ya ambil aja mahzab muktazilah

tp siap2 aja dikapir2in emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 14:57
Kata kitab agama : "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk."

Pertanyaannya adalah apakah hal ini sejalan dengan sains ? Wkwkwkwkk...

Air mani coy.. air mani mana....
profile-picture
dispenserr memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 15:41
Gimana ga ketinggalan emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

Dikit dikit ribut haram halal
Dikit dikit ribut ngafirin satu sama lain
Dikit dikit ribut rebutan selakangan 72 bidadari

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
Gurke dan dispenserr memberi reputasi
2 0
2
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 16:05
Ayat-ayat alam semesta di kitab suci juga gak lebih dari ekspresi kekaguman atau keheranan dari sudut pandang manusia. Sebenarnya sama sekali gak ngomongin rahasia alam, tapi oleh sebagian muslim diartikan demikian. Ayat alam semesta itu cuma menyebut benda-benda alam yang melibatkan sosok tuhan. Ayat-ayat ini lah yang kemudian oleh sebagian muslim dicocoklogikan dengan berbagai temuan di sains seolah kitabnya sudah tahu mengenai hal tersebut. Padahal sejatinya gak nyambung, tapi ditafsirkan disambung-sambungin yang akhirnya dijadikan klaim bahwa kitabnya adalah kitab yang berisi rahasia ilmu pengetahuan alam yang telah menginspirasi temuan sains sedunia. Sebuah klaim bombastis yang setara dengan klaim dukun santet bahwa teknologi-teknologi nirkabel modern terinpirasi oleh mereka.

Akibat negatif dari model ini adalah muslim lebih berusaha mencocok-cocokkan fenomena alam dengan isi kitab sucinya dan tafsir-tafsirnya dibanding melihat, mengobservasi, meneliti dan menarik kesimpulan dari fenomena alam tersebut apa adanya. Kesimpulan dari suatu fenomena alam yang diamati tidak boleh menyimpang dari isi kitab suci atau tafsirnya. Model cocoklogi begini yang pada akhirnya menghasilkan generasi muslim yang lucu-lucu dan jadi bahan tertawaan dunia dan gak terpakai sebagai rujukan sains.

Orang religius memang punya kecenderungan seperti itu, bias agamanya kuat sekali. Perilaku serupa bisa ditemukan di umat agama lain seperti sodara tuanya Islam: Kristen. Tapi kecenderungan untuk berlaku seperti itu dimana sains harus cocok dengan agama jauh lebih kuat di muslim sehingga banyak ditemui istilah: ekonomi islam, teknologi islami, dan lain-lain. Sebuah fenomena yang juga sudah lama diamati, fenomena islamisasi pengetahuan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 17:40
Budaya membaca masih kurang di Indonesia.

Ilmuwan-ilmuwan muslim zaman dulu hobi membaca berbagai buku, meski buku zaman dulu masih sangat mahal karena belum ditemukan kertas dan mesin percetakan disana. Zaman dulu hanya orang kaya yang bisa membeli banyak buku, dan buku nggak ditulis di kertas (rata-rata ditulis di kulit hewan) dan ditulis pakai tangan semua karena belum ada mesin percetakan.

Ibnu Sina menulis 450 buku, 150 buku mengenai filosofi, dan 40 buku mengenai kedokteran, selain itu dia juga menulis mengenai astronomi, alkemi (kimia kuno), geografi, geologi, psikologi, teologi, matematika, fisika, dan puisi.
https://en.wikipedia.org/wiki/Avicenna

Al-Biruni adalah seorang ahli fisika, matematika, astronomi, biologi, geologi, geografi, selain itu dia juga seorang sejarawan dan ahli bahasa. Dia mempelajari hampir semua cabang sains. Dia mampu berbicara dalam bahasa Persia, Arab, Sansekerta, Khwarizmean, selain itu dia juga paham bahasa Yunani, Hebrew, dan Syria.
https://en.wikipedia.org/wiki/Al-Biruni

Ilmuwan zaman dulu haus ilmu dan masih mampu mempelajari berbagai cabang ilmu seumur hidupnya, karena tiap-tiap cabang ilmu di zaman dulu masih belum mendalam. Tapi zaman sekarang setiap cabang ilmu sudah sangat mendalam, jadi ilmuwan terpaksa fokus di satu cabang ilmu. Kecuali mungkin Elon Musk yang mampu menguasai Astronomi, Teknik, IT, Neurosains, dan Entrepreneurship.

Diubah oleh kampret.strez
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 17:48
kemunduran I lebih kompleks ga hanya karena pemahaman ghazali,

gara2 mutazilah dipersekusi
bait al hikma ancur lebur sama mongol
dll dll dll
profile-picture
profile-picture
ruuuruuu dan dispenserr memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 20:13
banyak muncul kelompok-kelompok radikal juga nih kayaknya yang bikin makin mundur ya
0 0
0
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 20:17
yang penting penggal dulu
mikir belakangan
0 0
0
Dunia Islam Tertinggal, Kalangan Orientalis Sebut al-Ghazali Mengkhianati Sains
26-02-2021 20:23
Gimana mau maju, tuhan sudah nyuruh berpikir dan menggunakan akal, jadi kalo ada pertanyaan sains yg gk bisa dijawab bukannya di cari jawaban pastinya, ini malah bilang ini kuasa tuhan, iya emang kuasa tuhan tapi tuhan nyuruh buat berpikir agar tau mekanisme suatu hal terjadi,
Org2 kita mah bukannya menggunakan akal untuk berpikir kritis, tapi semua pertanyaan kritis di lempar dgn jawaban tuhan berkehendak, misalkan bencana terjadi kenapa, bukannya diselidiki malah bilang karena dosa para pemimpin dzalim lah, dosa2 org2 distu lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SuaraLagita dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia