News
Batal
KATEGORI
link has been copied
203
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60332c11bbced8125305ee35/waduh-target-18-juta-sumur-resapan-di-dki-meleset-jauh
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada akhir 2018 pernah menargetkan pembangunan 1,8 juta sumur resapan atau drainase vertikal untuk mengurangi genangan atau banjir Jakarta. Pembangunan drainase vertikal sangat sederhana karena hanya sekadar membuat lubang. Tapi hingga sekarang, jumlah sumur resapan yang dibangun merujuk data Dinas Sumber Daya Air (SDA) masih sangat sedikit. "Dat
Lapor Hansip
22-02-2021 10:59

Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh

Past Hot Thread
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset JauhJakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada akhir 2018 pernah menargetkan pembangunan 1,8 juta sumur resapan atau drainase vertikal untuk mengurangi genangan atau banjir Jakarta. Pembangunan drainase vertikal sangat sederhana karena hanya sekadar membuat lubang.
Tapi hingga sekarang, jumlah sumur resapan yang dibangun merujuk data Dinas Sumber Daya Air (SDA) masih sangat sedikit.
"Data dari SDA baru 1772 titik, koreksi saya bila keliru," kata eks Ketua Pansus Banjir DPRD DKI Zita Anjani dalam program Blak-blakan detikcom, Senin (22/2/2021).

Bila memang anggaran terbatas, dia melanjutkan, Pemprov DKI sebetulnya dapat memanfaatkan Pergub Nomor 20 Tahun 2013 tentang Kontribusi Swasta. "Jadi, memang harus melibatkan pihak swasta. Jangan semua dikerjakan sendiri kalau anggarannya terbatas," kata Zita Anjani yang sehari-hari menjabat Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Amanat Nasional.

Selain untuk menyerap air banjir, sumur resapan juga dapat menjadi semacam bank air. Sebab salah satu sebab penurunan tanah adalah pengambilan air tanah yang berlebih, selain karena beban berbagai bangunan di permukaan tanah.

Anies Baswedan pernah mengungkapkan kualitas air tanah di DKI Jakarta telah buruk. karena air yang masuk ke tanah bukanlah air hujan, melainkan air limbah.

Seharusnya, kata dia, air limbah perlu dilakukan pengolahan dulu. Namun pada kenyataan, tempat pembuangan seperti septic tank mayoritas terserap ke tanah. Sementara air hujan malah dialirkan keluar. Air hujan, seharusnya yang diserap ke dalam tanah, dan air limbah dikelola.

"Kalau sekarang air hujan malah hampir mayoritas dikirim ke sungai. Itu sebabnya tanah kita makin turun, makin hari makin turun dan itu yang harus dihentikan dengan cara drainase vertikal," kata Anies saat meninjau pembangunan revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang di Bundaran Senayan, 4 Desember 2018.

https://news.detik.com/berita/d-5399...from=wpm_nhl_1

Harusnya itu tanggung jawab warga lah bikin lubangemoticon-Mad

Coba dengerin penjelasan beliau..emoticon-Mad

{thread_title}
Diubah oleh extreme78
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 37 lainnya memberi reputasi
36
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 6
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 15:21
Gan, jangan menilai negatif, mega proyek sumur resapan sedang dilakukan dengan dana sehemat mungkin. Caranya biarkan banjir, ntar aspalnya berlubang-lubang untuk resapan.

Bercanda doang.. maaf kalo tidak berkenan.
emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 16:29
basi lu ah, beritanya anies mulu... gubernur lain gak pernah di senggol... TRASH
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 18:24
kira2, kalau target ini tercapai, bisa dengan baik teratasi gak ya banjirnya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 18:38
Enggak ada efeknya sih kalau segitu emoticon-Frown
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 19:46
ga ngeri muncul sinkhole alias amblas tuh?hehehehe
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 19:55
Ngeles terus wan abud.. ngeyel banget.. seandainya kutu rambut pengen di pites pake kuku
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
24-02-2021 00:33
Kasian, duitnya raih buat dibagiin ama modal nyapres
emoticon-Ngakak
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
24-02-2021 03:31
lubangnya itu kayak gimana sih? yang ada di beberapa trotoar itu bukan?

yang ane liat sih bukannya nyerap air, tapi malah jadi tempat sampah sama warga sekitar emoticon-Hammer2
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
24-02-2021 12:15
Kalau orang bikin proyek ada batas waktunya. Misal 2 tahun artinya 2020 selesai

Dihitung berarti 1 tahun 900.000 sumur. Dibagi misalkan efektif kerja 300hari setahun. Maka 3000 sumur perhari harus DONE. Kalau perhari dibawah itu maka hari efektif kerjanya harus ditambah utk nutupin kekurangan

Ini kalau cuma 1772 maka pekerjaan 1 hari pun kaga selesai
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
24-02-2021 20:19
Waduhh kenapa bisa gagal kek gini gan 🤧
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
24-02-2021 21:30
Meleset shayyy.. jadi yaaaa banjir gini yeee
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
25-02-2021 09:29
Sumur resapan kalau dibuat didareah yg muka air tanahnya cukup tinggi krn penurunan tanah buang2 duit. Untuk daerah yg muka air tanah sdh tinggi lbh baik utk perbaikan drainase tentunya hrs dilakukan secara total dan penataan lokasi disekitar drainase yg baik juga. Memang dibutuhkan dana yg tdk sedikit tetapi jika direncanakan dgn baik pasti bisa ter realisasi dan perlu waktu yg lama jg krn perbaikan secara total.
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
25-02-2021 21:48
Woww ternyata 10 persennya aja belum sampai ya emoticon-Bingung
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
26-02-2021 11:58
harus seberapa cepat air meresap ke tanah saat hujan turun deras hingga tak sempat terbentuk genangan air?
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
26-02-2021 17:07
Emang kalo project sumur resapan emang paling sulit dilakukan, ini pernah dilontarkan olah JosBus waktu menjabat....jadi wajarlah kalo pejabat sekarang meleset, siapapun yang menjabat. Sekian analisis.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
27-02-2021 09:47
Kalo target gak dapet, banyakin doa dan dzikir
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
28-02-2021 16:27
Semoga masih bisa terkejar sesuai dengan target agar masalah banjir sedikit teratasi
0 0
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia