• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Hidup Suka-suka Mati Masuk Surga, Ini Cita-cita Atau Kehaluan yang Nyata? Coba Jawab!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Hidup Suka-suka Mati Masuk Surga, Ini Cita-cita Atau Kehaluan yang Nyata? Coba Jawab!

Banyak orang berharap masuk surga namun masih enggan mengenal Tuhan!
Apakah punya orang dalam?


Surga, adalah tempat terindah di akhirat yang disediakan oleh Tuhan untuk umat manusia yang beriman serta taat menjalankan ibadah dan menjauhi larangan semasa hidupnya di dunia, ikhlas hanya untuk mengharapkan ridho dari Sang Pencipta.
Dapat dikatakan alam surga adalah alam roh, dimana yang menghuni adalah roh-roh manusia yang suci dan telah lepas dari hubungan dunia. Di tempat ini roh-roh tersebut tidak lagi merasakan keresahan, kesusahan ataupun kesedihan. Hanya ada kebahagiaan yang hakiki di alam surga yang telah diciptakan oleh Tuhan!

Membahas tentang surga tentu tidak lengkap jika tidak membahas neraka.
Neraka adalah alam atau tempat penyiksaan bagi roh-roh yang selama hidupnya di dunia melakukan maksiat, dosa dan kejahatan.
Di tempat ini semua apa yang dilakukan oleh manusia selama di dunia akan diberikan balasan yang setimpal oleh Tuhan, itu semua karena kelalaian manusia sendiri yang tidak pernah mau beriman, berbuat baik dan menjauhi larangan-larangan yang telah ditetapkan!

Jika membahas tentang surga dan neraka, tentu ada kengerian tersendiri yang kita rasakan ya GanSis.
Sebab meskipun surga dan neraka saat ini belum dapat kita lihat, namun keberadaannya telah ada dan dijelaskan oleh Tuhan melalui firman-firmanNya.


Quote:


Mungkin Agan dan Sista di sini ada yang mengharapkan surga kelak di akhirat?
Nampaknya jika semua orang diberikan penawaran surga dan neraka, mereka akan memilih surga untuk kehidupan setelah kematian ya GanSis.

Tapi yang menjadi pertanyaan, apakah kita sudah benar-benar pantas untuk masuk surga?
Berat, tidak mungkin ada orang yang mampu memberikan jawaban yakin bahwa mereka akan masuk surga setelah mati, sebab surga dan neraka seseorang bukan ditentukan oleh masing-masing orang, melainkan ditentukan oleh Tuhan atas pertimbangan amal baik dan buruknya orang tersebut.

Lantas apa yang harus dilakukan jika kita ingin masuk surga?
Sebenarnya ini pertanyaan yang cukup mudah untuk dijawab GanSis, mungkin anak Sekolah Dasar pun dapat memberikan jawabannya dengan jelas.

Untuk dapat masuk surga, seorang hamba harus beriman, taat, dan patuh terhadap apa yang diperintahkan dan dilarang oleh Tuhannya secara ikhlas tanpa berharap surga itu sendiri.
Sesuai dengan kepercayaan agama masing-masing, Tuhan telah menjelaskan apa kewajiban dan larangan bagi manusia, dan itulah kunci dari masuk surga yang sebenarnya!


Quote:


Melihat banyaknya orang yang mempunyai harapan untuk dapat masuk surga setelah kematian namun enggan untuk melakukan kebajikan, nampaknya jargon "Hidup suka-suka mati masuk surga" masih menjadi prinsip kuat orang-orang ya GanSis.

Dapat kita lihat bersama fakta kehidupan manusia di sekitar kita, masih banyak orang yang hidup dengan sesuka hati tanpa memikirkan orang lain, bahkan meskipun itu menyakiti, merenggut hak dan melakukan kejahatan secara disengaja.
Mereka sadar hal tersebut salah, namun mereka enggan meninggalkannya karena mereka mempunyai alasan, entah itu alasan suka-suka atau alasan kebutuhan yang tidak dapat diganggu gugat!

Sebenarnya ane sendiri pun bukan orang yang berakhlak sempurna dan selalu berbuat baik dalam setiap langkah hidup ane ya GanSis.
Tapi paling tidak kita saling berusaha untuk mengingatkan satu sama lain untuk selalu berbuat baik terhadap sesama, selalu beribadah dan mengingat Tuhan, serta tidak melanggar peraturan dan larangan.
Setelah semuanya kita lakukan dengan baik dan kita menjadi hamba yang taat, maka kita pasrahkan apa kehendak Tuhan untuk hidup kita ke depannya baik itu surga atau pun neraka balasannya!


Quote:


Bagaimana GanSis, sangat sederhana sekali bukan sebenarnya cara untuk dapat masuk surga?
Terlihat sangat mudah memang, namun dalam praktek di dalam kehidupan kita sehari-hari itu bukan perkara yang gampang. Banyak sekali cobaan dan rintangan yang harus kita hadapi untuk menjadi seorang hamba Tuhan yang benar-benar beriman.
Tapi percayalah, saat kita mempunyai tujuan dan niat baik, maka Tuhan pun akan memberikan kemudahan!

Ingat, tidak ada lagi istilah atau jargon "Hidup suka-suka mati masuk surga"ya GanSis, karena ketentuan masuk surga atau neraka sama sekali tidak ada hubungannya dengan orang dalam seperti kehidupan manusia di dunia.

Oke, semoga thread singkat ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tidak ada sama sekali maksud untuk menggurui atau sok suci, karena ane sangat sadar diri masih banyak dosa dan kesalahan.


Quote:


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: 1, 2, 3
PapinZ
muyasy
tien212700
tien212700 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
6.4K
192
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.