Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
276
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6035f049f75e86100c39a829/larva-ngengat-berbentuk-ulat-solusi-baru-untuk-mengatasi-sampah-plastik-di-dunia
Tak dapat dipungkiri, keberadaan sampah di Bumi tempat kita tinggal ini amatlah banyak. Dimana berdasarkan data dari sumber, Indonesia saja dalam waktu 1 tahun bisa menghasilkan 64 juta ton sampah. Jumlah tersebut hanyalah dari Indonesia, tak terbayang bukan kalau sampah di dunia ini sebanyak apa jumlahnya?
Lapor Hansip
24-02-2021 13:20

Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Welcome To batzforum Thread!!!

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News

Halo Agan dan Sista semua, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu ya emoticon-Blue Guy Peace


Tak dapat dipungkiri, keberadaan sampah di Bumi tempat kita tinggal ini amatlah banyak. Dimana berdasarkan data dari sumber, Indonesia saja dalam waktu 1 tahun bisa menghasilkan 64 juta ton sampah. Jumlah tersebut hanyalah dari Indonesia, tak terbayang bukan kalau sampah di dunia ini sebanyak apa jumlahnya?

Dari sekian banyak jenis sampah, plastik merupakan salah satu sampah yang membutuhkan waktu sangat lama untuk terurai (ratusan tahun). Maka dari itu setiap negara di dunia ini sudah membuat dan melaksanakan kebijakan dalam memberantas sampah plastik, salah satunya dengan cara menekan penggunaan sampah plastik (contoh : mengurangi penggunaan sedotan plastik di beberapa restoran).


Walaupun berbagai kebijakan sudah dilakukan, keberadaan sampah plastik di dunia tetaplah ada dan bahkan bertambah. Namun nampaknya sudah ditemukan satu solusi yang diperkirakan sangat cocok untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di dunia, dimana solusi itu adalah dengan menggunakan ulat pemakan plastik.

Pasti kalian berpikir kenapa ulat dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di dunia bukan? Jadi ulat yang dimaksud disini adalah ulat yang sudah diteliti oleh para peneliti dari Universitas Cambridge, Inggris. Ulat ini merupakan larva dari spesies yang dikenal sebagai greater wax moth atau ngengat lilin besar (Galleria mellonella).


Ulat pemakan plastik yang dimaksud disini adalah larva ngengat yang biasa memakan zat lilin di dinding sarang lebah. Larva ini sebenarnya memakan zat lilin di dinding sarang lebah agar mereka bisa mendapatkan madu milik lebah. Jadi para peneliti menemukan bahwa Larva ngengat yang berbentuk ulat ini dapat memakan plastik dan menguraikannya sama seperti cara mereka mencerna zat lilin milik sarang lebah.

Larva Galleria mellonella tersebut mengubah polietilen (bahan utama dalam membuat plastik) yang di makan menjadi etilena glikol atau alkohol. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa melihat gambar dibawah ini :


Dengan penemuan ini, mungkin sampah plastik dapat ditangani dengan menggunakan Larva ngengat berbentuk ulat ini. Walaupun begitu, Larva ngengat ini tidak bisa langsung digunakan untuk mengatasi sampah di dunia ini. Karena perlu dilakukan riset lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang lebih tepat dan memuaskan.


Kira-kira seperti itulah sekilas tentang ulat atau Larva ngengat yang bisa memakan plastik dan diperkirakan dapat menjadi solusi untuk menangani permasalahan sampah plastik di dunia. Bagaimana tanggapan Agan dan Sista tentang ulat pemakan plastik ini? Apakah membawa dampak positif atau justru akan menghasilkan dampak negatif yang tidak diperkirakan?

Sumber Referensi : Tulisan Pribadi dan dari sini
Sumber Gambar : Google Images
Sumber lain sudah dicantumkan

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh batzforum
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 6
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 00:00
Kalo di indo bakal butuh berapa ribu larva buat ngolah sampahnya yak
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 00:20
kalo ngga salah, dulu ada namanya black soldier fly. itu juga termasuk larva yg memakan sampah. dibudidayakan di daerah bogor dan sekitarnya.

kemudian nanti black soldiernya bs diolah ditumbuk jg, jadi sumber protein utk pakan ternak (ujicoba) kawan2 di bogor harusnya lebih tau
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 00:34
Menarik nih, ulat pemakan plastik ? Kalo benar keberadaannya, perlu dikembang biakkan, semoga saja kedepannya bisa mengatasi masalah sampah plastiķ secara global
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 00:46
Baru aja seneng eh britanya baru penelitian yg belom final...jd lesu lagi...
profile-picture
profile-picture
batzforum dan Gailham memberi reputasi
2 0
2
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 00:56
Gada gambar ngegatnya?
Kalau berhasil, banyak manfaatnya.
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 00:58
Ane takutkan kalau sempat nempel di Manusia Plastik artis KP*P..
Apakah mereka juga akan terkena efeknya gan? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
batzforum dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 04:24
Ohhh gitu gan kalo udah ada pengurainya bagus ya gan kalo bisa dimaksimalin buat ngurai sampah plastik. Semoga bisa berkurang tuh limbah plastiknya yak.
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 05:15
Wow allah tidak akan menciptakan suatu makluk kecuali itu berguna emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
batzforum dan anns123 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 06:28
Quote:Original Posted By fxleo
Altrenatifnya bakteri pemakan plastik

Ideonella sakaiensis is a bacterium from the genus Ideonella and family Comamonadaceae capable of breaking down and consuming the plastic polyethylene terephthalate (PET) as a sole carbon and energy source. The bacterium was originally isolated from a sediment sample taken outside of a plastic bottle recycling facility in Sakai, Japan.[2]


Biasanya di daerah-daerah gitu emang bisa ditemukan mikroorganisme pengurainya. Kakak kelas ane pernah bikin penelitian. Doi ambil sampel dasar laut Teluk Jakarta yang kotor kayak gitu dan penuh minyak. Waktu dicek ternyata ada juga bakteri pengurai minyak di sampelnya.

"Tapi kok Teluk Jakarta masih kotor? Ibarat kita lagi makan enak-enak tiba-tiba udah disuruh tambah lagi. Terus menerus kayak gitu ampe gak kemakan padahal udah ngajak temen satu batalyon.

Quote:Original Posted By bozz7
Baru aja seneng eh britanya baru penelitian yg belom final...jd lesu lagi...


Setuju, TS kurang kasih informasi dalam tahap apa yang udah berjalan di penelitian ini.

Quote:Original Posted By enriquegoen
Larva akan semakin besar dan ber metamorfosa menjadi ngengat, berapakah jumlah ngengat dewasa yg akan tercipta per hari ya?.. apalagi larva tsb sengaja dikembang biakan secara reguler.

Semoga ada solusi dalam hal ini.


Quote:Original Posted By xiaoxiao20
Nice info, tapi bakal ganggu ekosistem ga? klo larvanya dikembangbiakan banyak.

Mnurut ane satu-satunya penanganan limbah plastik itu ya dengan stop pabrik plastik buat produksi, tapi entah kapan hal itu bakal terjadi karena banyak produk masih pakai bahan plastik sebagai wadahnya


TS kurang menjelaskan udah sejauh mana penelitian ini berjalan dan kedepan bakal dikembangkan seperti apa. Dari infografik Tirto.id yang dikutip TS, penelitiannya menggunakan pasta larva, larva yang udah dilumat jadi encer. Sumber yang sama juga menyebutkan ilmuwan sekarang masih mencari tahu enzim yang dikandung larva yang mampu mengurai plastik.

Jadi, asumsi ane nanti yang bakal diambil manfaatnya adalah enzimnya, bukan larva hidup yang selanjutnya metamorfosis jadi ngengat. Mirip seperti ayam goreng yang sering kita makan, aslinya dari ayam broiler berusia 25-35 hari yang disembelih. Ada indukan super yang bertugas memproduksi anakan.
profile-picture
profile-picture
batzforum dan jagotorpedo memberi reputasi
2 0
2
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 07:33
Main-main ke Bantargebang emoticon-Big Grin
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 07:37
menurutku itu kurang efektif. misalkan benar bisa makan plastik dan benar diaplikasikan, kalau untuk se TPA bantar gebang butuk berapa juta ekor larva? setelah dewasa jadi ngengat apa tidak menimbulkan masalah baru?
menurutku paling efektif saat ini ya sampah dibuat bahan bakar untuk pembangkit listrik.
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 07:45
nice inpon.. tapi butuh berapa larva kalo ngatasin masalah sampah disini emoticon-Bingung
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 07:51
ngengat lilin
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 07:53
Wah ini good news deh walopun belum pasti, semoga banyak orang yang concern mengenai riset mengenai larva ngengat ini.

profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 08:24
Trus nanti dia jadi serangga apa gan?
Kalo cuma makan kantong kresek mungkin pengaruhnya sedikit, gimana dengan plastik keras dan tebal gan 😂
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 08:37
klo uletnya mati di daur ulang tanah nya lama gak , kan isinya plastik 😂😂
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 08:53
Geli geli gimanaaa gitu
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 09:05
bisa untuk ilangin jerawat gak brey? emoticon-Big Grin
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 09:22
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Larva Ngengat Berbentuk Ulat! Solusi Baru Untuk Mengatasi Sampah Plastik Di Dunia!
26-02-2021 09:31
Sudah ada harapan untuk solusinya, tapi perlu penelitian lebih lanjut ada dampaknya ngga itu larva bagi kesehatan
profile-picture
batzforum memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia