Lolghhh
TS
Lolghhh
Handphone dan aplikasi dulu primadona kini hilang di pasaran dunia


Gary Klassen tercatat menjadi sosok penting lahirnya BBM yang saat itu diperuntukkan khusus perangkat BlackBerry. Sementara itu, BlackBerry pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat dan perusahaan Starhub. Perusahaan Starhub merupakan pengejewantahan dari RIM.

BlackBerry Messenger, disingkat BBM, adalah aplikasi pengirim pesan instan yang disediakan untuk para pengguna perangkat BlackBerry. Aplikasi ini mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna perangkat telepon genggam. Wikipedia

Rilis stabil: 7.0.1.23 / 13 Maret 2013; 7 tahun lalu

Sistem operasi: BlackBerry OS; BlackBerry 10; BlackBerry Tablet OS; iOS; Android

Jenis: Klien Pesan Instan; Layanan Streaming

Lisensi: Proprieter

Pengembang: BlackBerry Limited (2013 - Sekarang); Elang Mahko

Pasar BlackBerry kemudian diramaikan oleh dua operator besar lainnya di Tanah Air, yakni Excelcom dan Telkomsel.  Hal ini merupakan akibat dari tuntutan Pemerintah Indonesia untuk BlackBerry agar membuka kantor perwakilan di Indonesia pada November 2010. 

Kemudian pada Januari 2011, Blackberry dan RIM menjadi topik utama di pemberitaan Indonesia, setelah Menkominfo Tifatul Sembiring mengultimatum untuk mencabut izin mereka di Indonesia karena tuntutan pemerintah untuk memblokir pornografi tidak dipenuhi.

Adapun tuntutan lainnya yang tidak dipenuhi adalah pemindahan pusat data dari Kanada ke Indonesia. Hal ini karena Pemerintah Indonesia menilai dengan kondisi pusat data tetap di Kanada, tiap tahun RIM berpotensi mendapat pemasukan sekitar Rp2 Triliun tanpa terkena pajak dari Indonesia.


Adapun jenis-jenis balackbery Yang terkenal pada masanya.

Blackberry Curve 8520


Mungkin ini HP Blackberry yang paling ikonik lantaran banyak sekali orang yang menggunakan, mulai dari anak sekolah, kuliah, hingga dewasa sekalipun.

Blackberry Curve 8520 ini dikenal dengan nama Blackberry Gemini. Ponsel yang rilis pada tahun 2009 ini memiliki kamera 2 MP, baterai kapasitas 1.150 mAh, dan internal 256 MB.

Ponsel ini juga sudah dibekali trackpad yang membuat pemakainya dapat dengan mudah scrolling timeline, RU BBM, dan atau Twitter. Kamu ada yang pernah pakai BB Gemini?

Blackberry Torch 9800



Selanjutnya ada Blackberry Torch 9800 yang juga sempat populer. Ponsel ini dirilis pada tahun 2010 dan mengusung konsep sliding multi-touch screen.

Dibekali Blackberry OS 6, perangkat ini punya kamera 5 MP dan internal 4 GB. Ponsel ini cukup ramai di pasaran meski tidak dijual sebanyak seri lainnya.

Blackberry Pearl 8100


Bentuknya yang ramping dan keypad QWERTY yang unik menjadi ciri khas dari ponsel Blackberry jenis ini. Melansir laman GSM Arena, ponsel ini diluncurkan pada tahun 2006 silam.

Ponsel ini dilengkapi internal sebesar 64 MB, kamera 1,3 MP dan media player. Pada waktu itu, orang yang punya HP ini, bisa dibilang punya HP yang mewah dan canggih, lho.

Jangan lupa kunjungi sumber biar makin abdol dan amanah

Sumber 1

Sumber 2

Sumber 3

Diubah oleh Lolghhh 25-02-2021 22:19
areszzjaykijangturbo98tien212700
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3K
36
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.7KThread8.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.