Odleva
TS
Odleva
Dilihat Kurang Proporsional, Motor Apa Ini?



Segmen motor bebek sport di Indonesia rupanya tidak begitu memuaskan. Disini populasi motor kelas entry yang banyak beredar adalah segmen motor matic. Model yang dikeluarkan tiap pabrikan makin beragam, bahkan beberapa waktu lalu Honda merilis varian PCX anyar bermesin 160cc.

Karena persaingan motor matic cukup kuat, alhasil banyak lineup kelas bebek yang dinomor duakan. Boleh dikatakan segmen ini seakan hidup pun segan mati tak mau, jadi antara ada dan tidak ada juga…karena bisa dikatakan motor bebek itu sekedar pelengkap di kelas entry saja.

Padahal kalau kita flashback beberapa tahun yang lalu, mungkin di era tahun 2000an, disaat motor bebek sedang jaya-jayanya…bahkan semua motor yang ada di jalan raya pada kala itu didominasi dengan kelas moped.

Awal kemunculan skutik pun sempat terseok dan kesusahan, hingga akhirnya skutik berhasil merajai segala bidang.





Berbeda dengan penjualan motor di luar Indonesia, segmen motor bebek khususnya buat kelas sport itu cukup laris loh. Supra GTR dan Yamaha MX King disana sudah mendapatkan beberapa sentuhan advance, saking larisnya motor bebek di negara luar sana sampai-sampai muncul versi KW yang hampir serupa.

Seperti yang kalian lihat motor ini bernama Rato SVR 180. Sekilas jika dilihat dari depan tampangnya kurang begitu proporsional. Bodi cenderung terlalu ramping sehingga kurang kelihatan berisi dan macho.



Ada beberapa komponen yang mirip dengan kompetitornya, seperti velg didesain mirip dengan model Honda Winner X, kemudian buntut belakang modelnya mirip seperti Kawasaki Ninja/ZX Series.

Lampu depan menggunakan dual headlamp LED, disana juga terdapat scoop yang desainnya ngumpet mirip seperti detail BMW S1000RR.

Meski produk kloning, tetapi Rato SVR 180 ingin tampil maksimal. Jadi selain sektor penerangan semuanya full LED, area speedometer motor ini pun sudah memakai instrumen layar TFT.



Kemudian soal mesin, jumlah kubikasinya sedikit menipu. Di namanya tertulis 180, faktanya mesin motor ini hanya berkapasitas 149cc dengan tenaga sebesar 15,4HP pada 9000rpm dan torsi maksimal 12,8Nm di putaran mesin 9000rpm.
Gimana menurut kalian?

Referensi : https://warungasep.net/2021/02/03/rato-svr180-bebek-super-kloningan-winner-x-bergaya-ninja-series/
galigulagaluslukblukototien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
8.3K
92
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.