• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Mercedes Benz OH 1521, "Kuler Jahat" Andalan Bus Lintas Sumatera
Hayo, siapa yang gak pernah naik bus dengan sasis ini? Pasti kaskuser sekalian pernah ya naik bus dengan sasis ini, terutama yang sering naik bus-bus sumateraan seperti ALS, PMTOH, Putra Pelangi, dll.



Sasis ini merupakan sasis legendaris yang masih digunakan sampai sekarang. Bagaimana tidak, sasis ini masih menjadi andalan sebagian besar PO di Sumatera, dan sebagian PO di pulau Jawa juga masih ada yang mengandalkan sasis ini.

Ane yakin, kalo cari Hino RK8 bisa duduk di pinggir jalan tol, kalau cari si "Kuler Jahat" ini, duduk saja di pinggir ruas jalan tol Medan-Pematang Siantar, ane yakin setiap 2 menit ada saja bus dengan sasis "Kuler Jahat" ini lewat.

Oh iya, menyoal spesifikasinya, terbilang cukup "tinggi" di jamannya, mengingat sasis ini dijual oleh Mercedes-Benz di Indonesia pada tahun 1996 sampai 2004 saja. (CMIIW). 



Spesifikasi si OH 1521 ini adalah:

-Mesin OM 366 LA berkapasitas 5958cc 6 silinder segaris, bertenaga 210 hp dan torsi 660 Nm
-Dimensi panjang 11.058 meter, lebar 2.435 meter, serta wheelbase 6.050 meter
-Suspensi leaf spring (nyaman bener gannn)
-Transmisi Manual 6 percepatan maju dan 1 percepatan mundur
-Ladder frame chassis with power steering

Perawatan OH 1521 terbilang murah dan mudah gan, sebab OH 1521 masih menggunakan sistem mekanik bukan elektrik seperti adik-adiknya saat ini. Soal sparepart, OH 1521 ini sparepartnya sangat melimpah sebab populasinya juga sangat melimpah.

OH 1521 masih berstandar Euro 2, belum Euro 4 seperti adiknya sekarang ini. Ya namanya juga sasis jadul, pasti ya belum menggunakan teknologi saat ini.


Menyoal soal arti dari "OH 1521",  "OH 1521" berarti si "Kuler Jahat" memiliki G.V.W 15 ton dan tenaga mesin 210 hp. Sesuai dengan susunan angkanya, "1521". "OH" artinya posisi mesin ada di belakang. Sama juga dengan OF 1113, OF 1623, OH 1626, OH 1526 dan lainnya.

Kenyamanan sih tidak usah diragukan lagi. OH 1521 memiliki suspensi per daun yang sangat nyaman, bantingannya terasa pas. Tidak terlalu empuk, tidak terlalu keras. Bahkan ada orang yang menyebut bahwa suspensi milik OH 1521 ini lebih nyaman dari airsus.

OH 1521 masih jadi andalan PO-PO di Pulau Sumatera karena faktor keawetan, kenyamanan, kehandalan dan kemudahan perbaikan. Bahkan, rute terjauh di Indonesia saat ini yaitu Medan-Jember, masih menggunakan sasis OH 1521 lho. Bayangkan, jarak 3000 kilometer, ditempuh selama kurang lebih 4-5 hari dengan sasis yang usianya sudah cukup "tua" ini. 


Sasis ini bahkan sempat menyabet gelar sebagai sasis terbaik pada masanya. Salah satu karoseri asal Malang yaitu Adiputro sempat membuat eksperimen body SHD pada sasis ini. 

Tentu, yang namanya kekurangan pasti ada dibalik yang namanya kelebihan. Plus, sayang sekali sasis ini sudah akan mulai punah. Sebab izin dari sasis ini akan segera habis untuk bus AKAP dalam waktu dekat.

Ciri khas sasis ini dapat dilihat dari setir "tampahnya", overhang depannya yang pendek, serta bunyi rem yg khas (yg pernah naik kuler pasti tau lah yaemoticon-Big Grin)



Gimana pendapat Agan tentang sasis ini? Tinggalin jejak dibawah ya!

Sumber: Narasi Pribadi
Referensi: 1234
Original Written By: ulungrinjani

emoticon-Jempolemoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toast

Diubah oleh ulungrinjani 23-02-2021 11:19
galigulagalu
tien212700
banditos69
banditos69 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
8.6K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.