Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
398
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6034535251068558131b0fab/nostalgia-80s-sandiwara-radio-dan-film-saur-sepuh
Selalu ada kenangan tak terlupakan dari era 80s dan 80s. Salah satu hiburan populer pada zaman itu adakah radio dengan acara unggulannya sandiwara radio. Apa itu Sandiwara Radio?
Lapor Hansip
23-02-2021 07:58

Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh


Selalu ada kenangan tak terlupakan dari era 80s dan 80s. Salah satu hiburan populer pada zaman itu adakah radio dengan acara unggulannya sandiwara radio.

Apa itu Sandiwara Radio?

Sandiwara radio adalah seni pertunjukan yang mengandalkan tampilan audio tanpa visual. Jadi pendengar hanya bisa membayangkan setiap adegan berdasarkan suara semata.

Berawal dari Sandiwara Radio inilah kemudian banyak yang diadaptasi menjadi sebuah film seperti, Saur Sepuh, Tutur Tinular, Misteri Gunung Merapi, Babat Tanah Leluhur, dll.

Dari sekian banyak sandiwara radio yang populer adalah Saur Sepuh. Sebenarnya Sandiwara Radio yang lain tak kalah menarik. Hanya saja kali ini fokus ane pada Saur Sepuh. Karena sandiwara radio ini yang paling diinget dan filmnya cukup mewakili bayangan.

Sebenarnya ane sendiri gak inget sama sekali seperti apa Sandiwara radionya. Karena ane justru kenal dengan film layar lebarnya yang sering di putar di layar tancep. Itu pun ane masih kecil banget dan gila itu tayangan 21+ ane masih usia balita. (Mata balitaku ternoda wkwkw).

Namun dari sekian banyak sandiwara radio pengisi suaranya hampir semua itu-itu lagi. Biasanya untuk suara tokoh utama Fery Fadli, terus tokoh perempuannya Eliermawati. Kemudian ada Ivone Rose, Maria Oentoe, Anna Sambayon, Idris Apandi dll. Nah suara yang paling fenomenal dan khas itu suara Asriati (Mak Lampir). Jangan keliru Asriati ini dubbernya sementara Farida Pasha itu pemeran Mak Lampir.

Tahukah gansis, saat Sandiwara radio tayang, biasanya warga berkumpul di satu tempat. Jadi pada duduk melingkari sebuah radio. Khusuk dengan pikiran masing-masing membayangkan setiap adegan wkwkwk.

Paling nikmat saat hujan turun. Frekuensi tak terjangkau, suara ilang tinggal suara gemeresek gak jelas wkwkwk.


Oke, kita kembali ke Saur Sepuh.

Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
SS.Dr Wikipedia


Saur Sepuh adalah Sandiwara radio yang tayang tahun 1980 an (ane belum lahir) merupakan karya asli dari Niki Kosasih. Dengan pengisi suara Fery Fadli, Eliermawati. Menceritakan Petualangan Brama Kumbara, Mantili dan Lasmini. Berlatar belakang kehidupan pada zaman kerajaan Majapahit.

Sandiwara radio saur sepuh ini terdiri banyak episode lebih dari 20, di mana setiap episode terdiri dari beberapa seri (sekitar 30). Tayang setiap hari selama 30 menit (termasuk iklan).

Sinopsis singkat

Tokoh Brama Kumbara adalah tokoh sakti mandraguna yang merupakan tokoh utama dalam sandiwara ini. Pada akhirnya nanti Brama kumbara menjadi raja di kerajaan Madangkara. Digambarkan sebagai sosok tampan, berwibawa dan bijaksana. Mempunyai sebuah pedang bernama pedang biru. Dalam versi sandiwara radio pedang ini hanyalah pedang biasa yang mempunyai kembaran yaitu pedang merah (dimiliki Mantili yang tak lain adalah adik tiri Brama Kumbara). Kedua pedang biru dan merah akan patah jika disatukan. Di dalam pedang Biru terdapat gulungan yang berisi silsilah keluarga Brama Kumbara yang tak lain adalah keturunan raja Madangkara.

Brama Kumbara ini mempunyai sahabat yang berupa Burung Rajawali raksasa yang konon katanya jelmaan Dewa Brahma. Rajawali ini ikonik ya gansis. Soalnya ini lekat di anak-anak, (mimpi punya rajawali wkwkwk).

Mantili digambarkan sebagai seorang pendekar cantik. Dengan sikapnya yang keras dan meledak-ledak.

Mantili ini adalah musuh bebuyutan Lasmini. Seorang pendekar wanita yang kontroversial. Terkenal sebagai pendekar yang banyak ulah dan jalang. Lasmini mempunyai dendam pribadi terhadap Brama kumbara. Namun setelah bertemu ia justru jatuh cinta. Akan tetapi cintanya ditolak dan menjadikan Lasmini semakin brutal. Namun pada akhirnya ia nanti saling jatuh cinta dengan Bentar (anak Brama Kumbara) terjadilah cinta beda usia.

Hubungan itu tentu banyak ditentang terlebih oleh Mantili yang tak lain adalah bibi dari Bentar. Lasmini dan Mantili terlibat pertempuran yang hampir menghilangkan nyawa Mantili. Di saat seperti inilah Bentar yang kecewa mengatakan pada Lasmini "Bibi kamu jahat, pembunuh." Hal ini sangat menyakitkan hati Lasmini, bagaimana tidak sakit dikatakan sebagai orang jahat oleh orang yang dicintai ya gan sis?

Namun ternyata Bentar hanya dimulut saja mengatakan hal itu karena dalam hati nya tetap cinta. Pada akhirnya Bentar akan dijodohkan dengan Dewi Anjani anak pejabat kerajaan Padjadjaran yang tak lain adalah anak dari Lasmini.

Rumit ya gansis. Karena memang cerita ini sangat panjang.

Nah itu tadi sinopsis singkat dari Sandiwara radionya karena aslinya sangat panjang. Nah dari Sandiwara Radio ini kemudian diangkat menjadi layar lebar. Menurut ane film ini cukup bagus meskipun tampilan cahayanya kurang terang. Akan tetapi cukup mewakili gambaran para penggemar sandiwara radionya. Dari film ini kita bisa lihat gambaran kerajan pada jaman dulu. Adegan perangnya cukup epik loh gansis. Terlihat betapa film ini digarap dengan cukup serius. Langsung deh simak.

film Saur Sepuh


Film ini ada 6 episode kalau gak salah. Saur sepuh I Satria Madangkara, Saur Sepuh II Pasanggrahan Keramat dan Saur Sepuh III. Untuk filmnya sepertinya ada banyak versi tetapi yang paling tidak bisa diterima adalah yang terakhir. Dibintangi Samuel Zaglyn, Cut Meyriska uang diproduksi di SCTV karena dianggap tidak sesuai dengan Sandiwara Radionya dan menyalahi budaya nusantara.

Untuk mengingatkan memori berikut ini adalah versi sandiwara radionya. Silahkan di simak.





Terima kasih sudah ikut bernostalgia. Tulisan ini saya ulas berdasarkan ingatan juga informasi yang ane ambil dari sini

Salam
Mutia AH
Diubah oleh husnamutia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
40
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 13:42
emoticon-Wow jaman belom ada striming emoticon-Ngakak emoticon-Wakaka
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 13:47
ane denger nih sandiwara,tua bet ane ya emoticon-Ngakak ..seru klo skrng di bikin ulang ala2 podcast kli ya
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 13:49
Menjelang maghrib biasanya diputer, tapi ane g demen.. Yg paling ane inget suara iconic adu pedang tang ting tang ting wuush.. Sma suara derap kaki kuda blakutak.. Blakutak.. Yiiiihaaaa...
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 14:39
film lawas, saur sepuh termasuk film melegenda dijamnnya
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 15:54
ajian serat jiwa...hiyaaa....
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 18:22
Ane dengerin sandiwara ini di blog seseakun beberapa waktu lalu.
profile-picture
roybgr memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 20:22
orang tua gue hapal bener sama film saur sepuh nih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 20:52
Filmnya ane belom lahir nih gan 😂 kakak ane yg pertama pun belom lahir juga 🤣 jadul banget dah
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 21:03
Bayangin dulu sandiwara lewat radio... cuma dengerin doang haha
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 21:36
Jaman ane kecil sih dengerinnya cerita di radio Mustang 😂 apalagi tiap malam jumat, beuh kerasa banget seremnya 😂 kalau pas mudik ke tempat Mbah n Mbah Buyut, pasti tiap malem dengerin sandiwara radio, suasana dirumah Mbah Buyut yg njowo banget, rumah joglo, ruang tamu lueegggaaaa, ada bale2 panjang, yg dengerin sandiwara radio ini bareng sama tetangga, pada serius banget dengerinnya, seolah-olah berada dalam ceritanya 😂 lampu petromax, ubi, singkong n kacang rebus jadi temen dengerin sandiwara radio 🥰 duh jadi kangen sama kampung Mbah 🥰🥰 yg ane inget, ane selalu tidur di pangkuan Mbah n bangung2 udah dikamar aja 😅 semoga Mbah husnul khotimah 😇
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 22:53
kalo sekarang di remake lagi ya jadinya begitu lah. gak heran dikritik tuh
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 15 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
24-02-2021 23:36
Kalo dengerin sandiwara radio tuh entah kenapa bikin keinget sama eyang ya, keinget radio di kamarnya
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
25-02-2021 01:27
Kalau kisah Brama Kumbara aama Lasmini ini masih pernah liat di TV emoticon-Matabelo
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
25-02-2021 08:07
Ane bukan generasi yang pernah dengerin kaya gini di radio, tapi menarik juga sih
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
25-02-2021 08:16
ane belum lahir gan,yg ane ingat sih tuturtinular saja sandiwara radio yg pernah ane dengar
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
25-02-2021 11:01
Quote:Original Posted By lisabelekemping
Ane dengerin sandiwara ini di blog seseakun beberapa waktu lalu.


Masih ada kah emoticon-Thinking
Jadi pengen dengarin juga, kangen sama nenek ragarunting dan kakek tanparowang emoticon-Malu
profile-picture
lisabelekemping memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
25-02-2021 12:59
ini yg ada empu tong bajil ya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
25-02-2021 18:02
jago sih bisa mainin perasaan pendengar pake audio doang emoticon-Toast
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
25-02-2021 21:00
Wkwkwkk laksmini kayaknya jaman SD ada nih acaranya wkwkkw
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Nostalgia 80s: Sandiwara Radio dan Film Saur Sepuh
25-02-2021 22:11
Sandiwara.. jadul amet yaaaa hahahaha
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia