Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
61
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60363a7a5f21976f4a61762f/belajar-kesabaran-dalam-membesarkan-anak-autis-dari-aktris-malaysia-zarina-zainuddin
Memiliki seorang anak autis tidaklah mudah. Sungguh ujian yang berat. Anak autis sangat berbeda dengan anak normal pada umumnya. Mereka hiperaktif, tidak bisa diam, suka menyakiti diri sendiri atau oranglain, memiliki dunianya sendiri, dan masih banyak lagi. Memiliki anak autis butuh kesabaran dan ketelatenan ekstra. Memiliki anak autis, orangtua diuji lahir batin. Harus siap capek lahir batin.
Lapor Hansip
24-02-2021 18:37

Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
@zarinazainuddin_

Memiliki seorang anak autis tidaklah mudah. Sungguh ujian yang berat.

Anak autis sangat berbeda dengan anak normal pada umumnya. Mereka hiperaktif, tidak bisa diam, suka menyakiti diri sendiri atau oranglain, memiliki dunianya sendiri, dan masih banyak lagi.

Memiliki anak autis butuh kesabaran dan ketelatenan ekstra.

Memiliki anak autis, orangtua diuji lahir batin. Harus siap capek lahir batin. Harus kuat mental.

Ane bisa mengatakan demikian, sebab ane mengalami sendiri. Bukan anak, sih, tetapi adik bungsu, yang sehari-hari lebih banyak menghabiskan waktu bersama ane.

Pihak psikolog tempat adik ane mendapatkan terapi perilaku, mendiagnosa jika ia autisme.

Sejak awal sebenarnya ane sudah tahu. Karena ia memang sangat berbeda dari anak normal pada umumnya. Ciri autisme bisa GanSis cek di thread ane berikut 👉 10 Tanda Umum Autisme, Deteksi Dini Sebelum Terlambat

Suka mencakar, menjambak, memukul, atau kadang nyubit ke orang-orang yang biasanya bersamanya. Ia cenderung menyakiti oranglain, meski kadang awalnya ia tidak marah.

Ia juga tidak bisa diam. Rumah selalu kotor olehnya, meski sebelumnya dibersihkan. Ada saja ulahnya. Mengobrak-abrik satu almari, mainin air minum, mengeluarkan isi kasur, memberantakkan dan menyobek-nyobek buku, bahkan pernah membakar kasur di kamar.

Saat diajak keluar rumah, ia juga banyak tingkah, sehingga menguncinya di rumah adalah satu jalan terpaksa yang sementara kami anggap terbaik.

Mood anak autis juga tidak mudah ditebak. Pernah ane ajak dia jajan di warung, tetapi entah apa maunya, tiba-tiba dia tantrum, ngamuk besar, kerudung ane ditarik, ane dipukul-pukul sambil teriak-teriak seperti orang kesurupan. Kaki ane pun ditendang-tendang, padahal usianya sudah 10 tahun, jadi betapa kuat tenaganya. Dan lagi, tenaga anak autis, tuh, gede banget. Bayangkan betapa sebenarnya ane sangat malu pada saat itu. Semua orang yang lalu lalang di jalan dan juga orang-orang yang mengunjungi warung, secara otomatis melihat drama tersebut. Ane hanya bisa diam, menahan air mata agar tidak tumpah, dan berusaha keras membujuk tanpa memarahi. Beruntungnya, beberapa orang memahami kondisi adik ane, sehingga turut membantu meski tidak saling mengenal.

Itu, bukan kejadian pertama dan satu-satunya. Makanya, memiliki anak autis harus kokoh secara mental, lahir, dan batin.

Namun, meski bagaimanapun keadaannya, ane sayang banget sama dia. Bahkan, sering ane kasihan karena dia ditakdirkan berbeda. Saat moodnya baik, ia sangat ingin dimanja. Memeluk dan mencium-cium.

Itu kisah nyata secara singkat tentang seorang anak autis.

Ternyata, bukan hanya adik ane, di luar sana ada banyak anak yang mengalami gangguan autisme. Salah satunya adalah seorang aktris asal Malaysia bernama Zarina Zainuddin.

Bisa kita lihat bagaimana tingkah anak Bunda Zarina dari video berikut;



Dari video tersebut, si anak tampak sudah sangat dewasa. Tingkahnya mirip banget sama adik ane. Namun, adik ane agak sedikit lebih bar-bar dari dia. Haha.

Kalau anak Bunda Zarina laki-laki, adik ane cewek. Anak Bunda Zarina tampaknya tidak terlalu banyak bicara, sementara adik ane banyak sekali bicara, membeo, mengulang kalimat tidak penting berkali-kali.

Anak autis memang banyak macamnya, hanya saja, karakternya cenderung sama, hiper aktif, dan sebagaimana anak Bunda Zarina tersebut.




Bisa kita lihat, betapa sabarnya Bunda Zarina membesarkan anaknya yang autis.

Aslinya, ane tidak begitu mengenal siapa Zarina Zainuddin ini, tetapi sebab ia memiliki anak autis dan menunjukkan kesabarannya untuk itu, ane mem-follow instagramnya. Dengan begitu, ane yang juga memiliki keluarga seorang pengidap autisme bisa lebih tabah.


Oh, ya, kata terapisnya adik ane, anak autis memiliki gangguang dalam pencernaannya, sehingga ketika ia makan makanan yang mengandung gula (manis-manis) seperti cokelat, susu, gula, lalu snack dengan penguat rasa, dan makanan yang berasal dari tepung, maka keaktifannya bisa melesat berlipat-lipat. Untuk lebih lanjut, bisa cek thread ane berikut 👉 5 Jenis Makanan yang Haram Dikonsumsi Si Autis

Makanya, anak autis biasanya dianjurkan untuk diet, menghindari makanan-makanan terlarang seperti yang ane sebut di atas, yang mana dapat membuat mereka semakin bertambah sangat aktif sekali (hiper bahasanya, tetapi memang demikian).


Cukup sekian, GanSis. Semoga bisa diambil pelajarannya.
Diubah oleh mbak.far
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
24-02-2021 19:05
Sabar bu
profile-picture
profile-picture
Cahayahalimah dan mbak.far memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
24-02-2021 22:37
Semangat yaa. Temen ane ada yg punya adik autis jg. Dia sayang bgt sama adiknya itu.
profile-picture
profile-picture
mbak.far dan Harlequinz memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
24-02-2021 23:10
Udah pasti tantangannya dua kali lipat sih ini, salut banget bisa sampe membesarkan
profile-picture
profile-picture
C~LUVers dan mbak.far memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
24-02-2021 23:56
Sungguh menginspirasi nih gan 🙏, anak adalah anugerah terindah yg diberikan Tuhan 🙏 mau bagaimana pun mereka dititipkan untuk kita rawat
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
25-02-2021 00:33
Harus tetep bersabar krn anak adalah anugrahemoticon-Matabelo
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
25-02-2021 05:41
Dulu temen ane punya adik kembar autis, katanya sering banting barang. Tapi mereka sabar, ane juga pernah main kerumahnya pas lagi lempar barangemoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
mbak.far dan ogahruwet memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
25-02-2021 08:38
Anak ane jg sama gan hyperaktif hanya saja cenderung lbh seneng maen Air terus klo da ank yg tingginya d bwh dia itu pasti mukul dan yg parah itu emg gbsa deket sama ibu nya sendiri , karna bini ane lahir hr selasa ( api ) dan ank ane hr rabu (. daun ) percaya gak percaya gan, ane ktmu plg kerumah tiap sbt minggu aj karna terpatok kerja jauh dan emg blm ambl rumah, insya allah thn depan beli rmh Amin , dan klo ane plg itu ya emg senengnya main berantem2n klo gak d turutin ngadat nya setengah mati , di tambah belum bisa ngomong jd klo ngadat cuman bisa nunjuk2 aj ,anak ane 3thn umurnya gan ,dtmbh lg indigo katakanlah , emg bisa ngeliat mahluk halus juga , klo lg moodnya baik emg pgn d manja banget, Sekian cerita ane gan tkt kepanjangan , Doakan ya anak ane cepat bicara gan , Amin
profile-picture
profile-picture
bakstiarr dan mbak.far memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
25-02-2021 09:01
wah ane tau nih zarina zainuddin. waktu itu iseng buka facebook, dan di video muncul video zarina. pas ane liat kok ada anak autis, terus ane pikir mirip muka indo dan ketika mereka bicara baru ketauan dia dari malaysia. ane sempet nonton kayak mereka ada pembantu, tapi tetep aja lumayan kewalahan ngadepin anaknya itu.

tetep semangat ka, dan adiknya
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
25-02-2021 10:40
Kenapa malah kayak di biarin gitu? Kalo gw berulah kayak gitu di depan orang tua saya, udah habis saya di gebukin ama tali pinggang.

Maafkan pengetahuan saya yg cetek tentang autism. Tapi apakah sabar adalah satu satunya cara menghadapi tantrum anak autism? Bukankah dengan sabar, mengalah, anak akhirnya akan selalu mengulangi tantrumnya?

Dari vidio di atas, kelihatan kalo sebenarnya si anak sudah dewasa. Tapi bisakah dia mandiri? Kalo suatu saat terjadi apa2 pada keluarga dekatnya, bisakah dia bertahan? Atau pada akhirnya akan masuk ke RSJ juga?
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
25-02-2021 16:10
ane pernah liat video nya, dulu anak nya msh mulus wajah nya ganteng bngt. tp klo kumat gigit2 tangan nya ma mukul kepala nya klo gak ya nyerang ibu nya. kasian banget... pernah suatu ketika ni anak pngn nikah sama cewek indonesia kta nya.
profile-picture
profile-picture
mbak.far dan azn1234 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
26-02-2021 01:30
wah ane ngikutin insta nya jaman dulu bbrp tahun yang lalu. sabar banget pas lagi tantrum, mana anaknya kembar pula kan.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
28-02-2021 15:06
Ambil bonus kalian di sini http://sck.io/d1Nvb6lh/#/register?r_code=772056538

profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
28-02-2021 15:10
Tetap semangat, perbesar sabar bagi yg keluarganya dianugerahi anak autis
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
28-02-2021 17:46
Sabar sekali merhatiin anaknya yang autis.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
28-02-2021 18:47
Ibu2 kuat 💪
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
28-02-2021 21:55
Kesabaran adalah kunci yaaa
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
28-02-2021 22:22
ikut sedih ganemoticon-Frown pasti harus sabar banget ya ngadepinnya, jadi keinget drakor its okay not to be okay dehemoticon-Frown
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
28-02-2021 22:27
patut ditiru
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
28-02-2021 22:46
Wah...bner2 bnuda yg super sbar ya.....
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Belajar Kesabaran dalam Membesarkan Anak Autis dari Aktris Malaysia, Zarina Zainuddin
01-03-2021 11:15
Ane juga punya ponakan autis,tp gak berani ngomong kenyokapnya soalnya nyokapnya mudah tersingung,sudah dibawa terapi ada sedikit kemajuan,biasanya gak bisa ngomong sama sekali skrg udah bisa ngucapin beberapa kata,umurnya 4than.
Btw ada juga yg namanya Adam temennya Azil padahal si Adam itu ganteng banged tp sayang autis,mmg tiada manusia sempurna.
profile-picture
mbak.far memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia