serbaserbi.com
TS
serbaserbi.com
[Ghost Buster] Berkenalan dengan Tiga Hantu Asal Thailand


SÁWÁDEE-KRÁB

emoticon-Takut

Bicara tentang film horor, ane tidak bisa melupakan Thailand. Menurut ane, Thailand memiliki banyak film horor seru, bagus, dan tentu ada adegan gore yang menjadi favorit ane. Tak jauh beda dengan Indonesia, Thailand juga memiliki urban legend-urban legendyang mereka angkat menjadi film horor. Beberapa di antaranya dipercayai keberadaannya oleh masyarakat Thailand. Ya, maklum. Di negara itu, percaya pada hantu atau roh-roh masih lekat di masyarakat, khususnya yang menganut agama Budha.

Yes, right! Kali ini ane akan membahas dunia perhantuan Thailand. Namun, sebelum membaca thread ini perlu diingat bahwa, ane menulis ini hanya untuk hiburan semata. Tidak menuntut Gansis untuk percaya dengan hantu apalagi takut karenanya. Ingat, kita manusia jangan sampai tunduk di bawah aura ketakutan makhluk halus.

So, Inilah dia hantu-hantu khas Thailand. Ada yang mau kenalan?

***

Má ley!

emoticon-I Love Indonesia (S)

1. Phi Krasue



Dari fotonya kita sudah familiar, ya, dengan sosok ini. Yup, kalau di Indonesia namanya Kuyang atau Palasik. Nah, kalau di negara tetangga namanya Krasue. Penampakannya rada mirip sih. Berupa kepala wanita yang malayang-layang dengan organ dalam-- jantung, hati, lambung, usus-- yang menggantung. Di beberapa cerita digambarkan Krasue dengan leher seperti manusia biasa, tapi kadang hanya berupa trakeanya saja.

Perbedaan mencolok antara Krasue dengan Kuyang adalah, Krasue digambarkan dengan hati atau jantung yang memunculkan pijar (sinar) merah, sedangkan Kuyang tidak. Krasue meminum darah hewan ternak dan memakan isi perutnya. Bila tidak menemukan darah, ia akan memakan makanan busuk bahkan kotoran manusia. Sedangkan Kuyang memakan janin atau plasenta untuk kepentingan ritual ilmu hitamnya.

Krasue dikatakan berasal dari wanita yang mati karena dosa yang menjijikkan: berzina, menyelingkuhi suami, atau menggugurkan kandungan. Mereka yang mati dalam kondisi seperti itu, ruhnya tidak pernah tenang hingga mereka dilahirkan kembali dan dikutuk menjadi Krasue. Namun, di beberapa versi disebutkan bahwa Krasue adalah wanita cantik yang dikutuk karena mempelajari ilmu hitam. Lalu cerita manakah yang benar? Entahlah. Namanya juga legenda, heheh. Boleh dipercaya, boleh tidak.

Ih, ngeri juga, ya. Kalau pas ngeronda tiba-tiba melihat Krasue melayang. Kalau kalian melihat Krasue atau Kuyang apakah kalian akan lari atau malah menangkapnya? Mayan, organ dalam manusia harganya mahal. Hahaha.

***

2. Pret Yang



Preta atau Pret Yang adalah sosok supranatural yang keberadaanya dipercaya oleh umat Hindu, Buddha, dan Taoisme Thailand. Hantu ini gambarannya cukup menyeramkan, yaitu dengan postur tubuh seperti penderita busung lapar. Tubuh kurus, perut buncit, lehernya panjang, dan kulitnya seperti mumi. Preta digambarkan sebagai jiwa manusia yang terkena karma yang menjijikkan di mana ia memiliki sikap rakus dan tamak. Oleh sebab itu, Preta direinkarnasi sebagai makhluk yang didera lapar dan haus menggebu, tapi ia tidak bisa melepas dahaga dan laparnya dengan puas karena mulut dan kerongkongannya yang sangat kecil.

Roh Preta katanya hidup berdampingan dengan manusia, tapi dapat tidak dilihat secara kasat mata. Disebutkan pula bahwa Preta dan manusia memiliki pandangan mata yang bertolak belakang. Misal, jika manusia melihat sebuah sungai dengan air yang sejuk dan jernih. Maka dalam pandangan Preta, sungai tersebut tampak seperti aliran darah dan nanah. Jika dalam pandangan manusia kotoran itu menjijikkan, maka dalam pandangan Preta kotoran tampak seperti makanan enak.

Karena Preta adalah reinkarnasi orang-orang terdahulu, maka tak sedikit biksu atau orang-orang yang meletakkan sesajen atau persembahan untuk Preta. Itu karena mereka ingin membantu leluhur mereka yang menjadi Preta tak selalu kelaparan. Bahkan di beberapa negara di Asia, seperti di Cina, Thailand, Malaysia, Tibet, dan Tiongkok, umat Buddha-nya merayakan festival hantu kelaparan. Festival itu dilakukan pada hari ke-15 di bulan ke-7. Ada yang pernah ikut atau menyaksikan festival tersebut? Bisa berbagi cerita di kolom komentar, ya.

***

3. Krahang



Di Thailand juga ada setan laki-laki loh (gak lebih setan dari laki-laki yang ngakunya khilaf selingkuh selama dua tahun). Hahaha. Oke, back to topic. Hantu laki-laki itu namanya Krahang. Ia digambarkan sebagai laki-laki bertelanjang dada yang terbang di malam hari dengan kradong (penampi beras) sebagai sayap. Kadang kala ia terbang dengan menunggangi sam tam khao, alu atau kayu panjang yang digunakan untuk menumbuk beras di lesung tradisional.

Krahang dikenal sebagai roh jahat yang suka mengganggu orang-orang khususnya wanita di malam hari. Wilayah kekuasaannya ialah wilayah yang dihantui oleh Krasue. So, itulah kenapa Krahang dan Krasue sering disebut bersamaan. Bahkan katanya Krahang adalah pasangan dari Krasue. Caelah, Krahang aja punya pasangan. Masa kamu engga?

Namun, di beberapa cerita disebutkan bahwa Krahang mendekati Krasue karena ia menginginkan jantung Krasue untuk dimakan. Ish, ternyata Krahang fuckboy juga, ya. Ia mendekati cewek bukan karena apa adanya, tapi karena ada apanya. Ish, tak patut!

***

Nah, untuk thread kali ini cukup sampai di sini, ya, Gansis. Udah, kenalan sama mereka bertiga aja dulu. Di thread selanjutnya kenalan sama setan-setan Thailand lainnya. So, tungguin ya.

Xoxo

Sekian

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

A thread by: serbaserbi.com
Gambar: Google image
Sumber: 1, 2, 3

emoticon-Cendol Gan

Gomawoyo



galigulagalusukuu04tien212700
tien212700 dan 20 lainnya memberi reputasi
21
8.3K
158
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.