Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
506
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60356dc41553087db56ec6be/fenomena-hamil-di-luar-nikah-ini-salah-moral-atau-kurangnya-pengawasan-orang-tua
Maraknya siswi tak tamat sekolah karena hamil di luar nikah, tanda bebasnya kehidupan anak-anak tanpa pengawasan orang tua! Hamil di luar nikah, wah nampaknya fenomena ini semakin marak terjadi di era modern ini ya GanSis. Seolah-olah menjadi sebuah kejadian lumrah yang telah dianggap wajar oleh masyarakat karena banyak orang yang mengalaminya! Mungkin Agan dan Sista salah satu dari orang yang mew
Lapor Hansip
24-02-2021 04:04

Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?

icon-verified-thread
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?

Maraknya siswi tak tamat sekolah karena hamil di luar nikah, tanda bebasnya kehidupan anak-anak tanpa pengawasan orang tua!


Hamil di luar nikah, wah nampaknya fenomena ini semakin marak terjadi di era modern ini ya GanSis.
Seolah-olah menjadi sebuah kejadian lumrah yang telah dianggap wajar oleh masyarakat karena banyak orang yang mengalaminya!

Mungkin Agan dan Sista salah satu dari orang yang mewajarkan hal tersebut?
Fiks, ane dapat mengatakan bahwa mereka yang menganggap masalah ini lumrah adalah orang-orang yang mulai kehilangan akal dan moral.

Sebelum kita membahas lebih jauh perihal hamil di luar nikah, alangkah lebih baiknya jika kita melihat fakta zaman dulu dan sekarang yang berkaitan dengan kasus ini.

Zaman dulu, sangat jarang sekali ditemui ada sepasang kekasih yang mengalami kejadian hamil di luar nikah.
Hal itu disebabkan karena cara pergaulan orang zaman dulu yang masih sangat menjaga adab, norma agama, dan juga kesopanan.
Orang tua yang mempunyai anak gadis juga cenderung kolot, tidak membiarkan anak mereka berduaan dengan pria, entah itu di rumah atau di luar rumah. Jika memang ingin keluar rumah, selalu diberikan pengawasan entah itu dengan kakak si gadis, atau saudara yang benar-benar dipercaya.

Anak-anak zaman dulu pun juga cenderung lebih takut untuk melanggar peraturan yang telah diberikan orang tua mereka. Entah takut karena sanksi yang akan dijatuhkan saat melanggar, atau memang dasar agama yang telah ditanamkan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang ikut menjadi rem bagi pergaulan mereka.


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Zaman sekarang, adalah era modern dimana segala macam bentuk pergaulan dapat bebas dilakukan tanpa ada sekat pembatas, penghalang, atau larangan dari orang tua.
Banyak anak-anak remaja terbawa arus perubahan zaman, tanpa dapat memfilter mana yang layak ditiru dan mana yang tidak pantas untuk dilakukan.
Hal ini juga tidak luput dari canggihnya teknologi dan informasi, yang memudahkan mereka untuk mengetahui serta mengakses hal-hal yang sebenarnya belum pantas untuk mereka ketahui.

Jika zaman dulu orang tua dengan ekstra hati-hati menjaga dan mendidik anaknya dengan ilmu pengetahuan, adab, kesopanan dan juga dasar agama yang baik agar tidak salah jalan, saat ini orang tua lebih berfokus agar anak-anak mereka paham akan pelajaran formal. Orang tua tidak lagi memfokuskan anak untuk mempelajari dan mengetahui adab, dan norma-norma yang sebenarnya jika diajarkan dapat menjadi tali kendali anak agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas!


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Jika telah melihat fakta-fakta perbandingan antara kebiasaan serta moral dari orang-orang zaman dulu dan zaman sekarang di atas, apa kira-kira yang salah sampai di era ini lebih banyak kasus anak muda hamil di luar nikah?

Yap, kesalahan terbesar terletak pada orang tua.
Saat ini banyak sekali orang tua yang lalai dalam mendidik anak, terlalu membiarkan begitu saja apa yang anak-anak mereka jalani dan sukai, tanpa memberikan pengawasan serta peringatan tentang rambu-rambu adab, kesopanan dan norma yang tidak boleh dilanggar!

Pengawasan serta peringatan dari orang tua sebenarnya bukan diberikan dengan tujuan untuk mengekang anak, melainkan untuk mengontrol anak agar tidak terjerumus ke jalan yang salah dan membuat malu orang tua.

Tidak hanya itu, pendidikan agama yang baik saat ini juga dapat menjadi solusi agar dapat menekan kemungkinan anak keluar dari apa yang dilarang oleh Tuhan mereka.
Jika mereka tahu mana yang dilarang oleh Tuhannya, tau apa konsekuensinya, dan dapat menanamkan keimanan dengan baik, maka mereka secara otomatis akan menjauhi hal-hal yang dapat merugikan diri mereka sendiri, termasuk berhubungan badan sebelum ada ikatan pernikahan yang dapat mengakibatkan hamil di luar nikah!


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Bagaimana, apakah Agan dan Sista sepakat dengan opini ane tentang fakta-fakta seputar fenomena hamil di luar nikah ini?
Atau mungkin memiliki pendapat yang berbeda?
Silakan berikan tanggapan GanSis di bawah ya!


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: Google Pict
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 52 lainnya memberi reputasi
51
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 10
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 09:42
Crotnya didalam ya bunting emoticon-Kagets

Semangat ya kak Nissa emoticon-kiss
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 09:43
Quote:Original Posted By yugeel
IMHO, dasarnya kita punya nilai-nilai yang ada dan tertanam di budaya kita, sementara waktu terus berjalan dan era globalisasi datang sehingga memudahkannya informasi masuk dari berbagai belahan dunia, karena itu sedikit banyak perubahan mengenai nilai-nilai modesty yang kita punya perlahan sedikit luntur dan karena merge budaya luar yang masuk ke sini juga.

emoticon-Matabelo iya gan, kita sendiri juga harusnya paham mana yang bisa dipakai atau diadopsi dan mana yang gak boleh kan

Quote:Original Posted By robotomax
edukasi itu aja si yg dibenerin.
Semakin dilarang semakin penasaran kita mah emoticon-Malu

emoticon-Ngakak iya, fakta ini jugaan

Quote:Original Posted By Ahong79
salah yg jalanin lah...harusnya bisa mikir konsekuensi yg akan dihadapin klo hamil/punya anak emoticon-2 Jempol

emoticon-Matabelo hok o gan, gak mikirin enaknya doang kan ya
0 0
0
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 09:43
Quote:Original Posted By jazzcoustic
Jaman skr kl ga dtanam dulu bisa dtelikung orang gan...

emoticon-Cape d...

emoticon-Ngakak buset, mikirnya gitu ya ternyata

Quote:Original Posted By batakolonjong
Crotnya didalam ya bunting emoticon-Kagets

Semangat ya kak Nissa emoticon-kiss

emoticon-Ngakak Nissa siapa ini
0 0
0
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 09:56
Dianggap biasa jaman sekarang gans, sulit cari yang masih orisinil. Kalau pas kebobolan ya seperti ini jadinya. Malu sih pasti tapi gimana lagi terlanjur dan tidak bisa diulang
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:01
salah sendiri dikeluarin di dalem emoticon-Leh Uga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:11
1. kurangnya interaksi antara orang tua dan anak...kebanyakan ortu sekarang cuma tau beranak doank ga tau cara komunikasi sama anak
2. pergaulan tanpa batas...dan kadang lebih mengutamakan segalanya buat "pacar"
3. kurangnya pendidikan soal seks
4. gengsi
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:21
karena prosesnya enak gan,
emoticon-Leh Uga emoticon-Wakaka
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:29
serba salah sih gan terlalu di kekang malah jadinya pengen coba melakukan itu di belakang orang tuanya emoticon-Takut
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:29
karena pendidikan seks sejak dini itu di indonesia masih tabu.
coba berapa banyak sih orang tua yang pas anak nya mulai beranjak remaja mau jelasin tentang hubungan seks? apa resiko dari hubungan seks? bagaimana cara menghindari kehamilan (pakai kondom misalnya), yang ada cuma di "larang" doang tanpa dikasih tau apa2, yang ada si anak malah mencoba mencari tau sendiri, yah klo ketemu orang yang "baik" bisa dapet penjelasan yang baik, klo ketemu yang ngga baik? ya langsung di praktekin, terus karna enak ya jadi kecanduan, ya akhirnya seks bebas, dan tinggal nunggu hamil atau menghamili aja.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:29
Gara2 keseringan nonton 19 detik
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:30
kurang pengetahuan dan pendidikan...
orang tua, sekolah, pendidikan agama kadang ngak bisa ngawasin kelakuan anak di luar, at least tekankan kalau amit2 bandel pun, ya pakai pengaman
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:31
Quote:Original Posted By ramirez96
serba salah sih gan terlalu di kekang malah jadinya pengen coba melakukan itu di belakang orang tuanya emoticon-Takut

emoticon-Cape d... gak dikekang juga pasti nyoba

Quote:Original Posted By Luminus
karena pendidikan seks sejak dini itu di indonesia masih tabu.
coba berapa banyak sih orang tua yang pas anak nya mulai beranjak remaja mau jelasin tentang hubungan seks? apa resiko dari hubungan seks? bagaimana cara menghindari kehamilan (pakai kondom misalnya), yang ada cuma di "larang" doang tanpa dikasih tau apa2, yang ada si anak malah mencoba mencari tau sendiri, yah klo ketemu orang yang "baik" bisa dapet penjelasan yang baik, klo ketemu yang ngga baik? ya langsung di praktekin, terus karna enak ya jadi kecanduan, ya akhirnya seks bebas, dan tinggal nunggu hamil atau menghamili aja.

emoticon-Cape d... ngeri banget dah gan

Quote:Original Posted By hvzalf
Gara2 keseringan nonton 19 detik

emoticon-Matabelo jadi sejam
0 0
0
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:36
yang salah pasti setan gan......setan lewat lah....bisikan setan lah .... kemasukan setan lah.....
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:39
yang zina sekarang itu hasil produk keluaran jaman dulu dan begitu seterusnya ....
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:47
Quote:Original Posted By kirikasu888
yang salah pasti setan gan......setan lewat lah....bisikan setan lah .... kemasukan setan lah.....

emoticon-Ngakak (S)etan kemasukan setan

Quote:Original Posted By kirikasu888
yang zina sekarang itu hasil produk keluaran jaman dulu dan begitu seterusnya ....

emoticon-Matabelo owh gitu ya gan
0 0
0
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:51
Hmmm ini penyalur nya kurang pro, bisa telat angkat gitu
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:53
kurangnya sex education dari orang tua & guru...
sex education dianggap masih tabu diajarkan oleh kedua orang tua yang akhirnya si anak cari tau sendiri & coba2 sendiri dech..
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 10:59
Quote:Original Posted By FallForYou90
Hmmm ini penyalur nya kurang pro, bisa telat angkat gitu

emoticon-Ngakak iya gan, tapi harusnya jangan begituan kalau belum nikah

Quote:Original Posted By kukuhKURA
kurangnya sex education dari orang tua & guru...
sex education dianggap masih tabu diajarkan oleh kedua orang tua yang akhirnya si anak cari tau sendiri & coba2 sendiri dech..

emoticon-Matabelo nah itu bahayanya gan
profile-picture
kukuhKURA memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 11:39
Yg salah jelas2 si cowo nya.. masih amatir gak bisa kontrol crot diluaremoticon-Traveller
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 11:39
Ga ada sex education yg bener2 education, jd anak paling liatin filem biru atau coba2 lsg tanpa ngerti efek panjang nya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Halaman 4 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia