Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
506
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60356dc41553087db56ec6be/fenomena-hamil-di-luar-nikah-ini-salah-moral-atau-kurangnya-pengawasan-orang-tua
Maraknya siswi tak tamat sekolah karena hamil di luar nikah, tanda bebasnya kehidupan anak-anak tanpa pengawasan orang tua! Hamil di luar nikah, wah nampaknya fenomena ini semakin marak terjadi di era modern ini ya GanSis. Seolah-olah menjadi sebuah kejadian lumrah yang telah dianggap wajar oleh masyarakat karena banyak orang yang mengalaminya! Mungkin Agan dan Sista salah satu dari orang yang mew
Lapor Hansip
24-02-2021 04:04

Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?

icon-verified-thread
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?

Maraknya siswi tak tamat sekolah karena hamil di luar nikah, tanda bebasnya kehidupan anak-anak tanpa pengawasan orang tua!


Hamil di luar nikah, wah nampaknya fenomena ini semakin marak terjadi di era modern ini ya GanSis.
Seolah-olah menjadi sebuah kejadian lumrah yang telah dianggap wajar oleh masyarakat karena banyak orang yang mengalaminya!

Mungkin Agan dan Sista salah satu dari orang yang mewajarkan hal tersebut?
Fiks, ane dapat mengatakan bahwa mereka yang menganggap masalah ini lumrah adalah orang-orang yang mulai kehilangan akal dan moral.

Sebelum kita membahas lebih jauh perihal hamil di luar nikah, alangkah lebih baiknya jika kita melihat fakta zaman dulu dan sekarang yang berkaitan dengan kasus ini.

Zaman dulu, sangat jarang sekali ditemui ada sepasang kekasih yang mengalami kejadian hamil di luar nikah.
Hal itu disebabkan karena cara pergaulan orang zaman dulu yang masih sangat menjaga adab, norma agama, dan juga kesopanan.
Orang tua yang mempunyai anak gadis juga cenderung kolot, tidak membiarkan anak mereka berduaan dengan pria, entah itu di rumah atau di luar rumah. Jika memang ingin keluar rumah, selalu diberikan pengawasan entah itu dengan kakak si gadis, atau saudara yang benar-benar dipercaya.

Anak-anak zaman dulu pun juga cenderung lebih takut untuk melanggar peraturan yang telah diberikan orang tua mereka. Entah takut karena sanksi yang akan dijatuhkan saat melanggar, atau memang dasar agama yang telah ditanamkan oleh orang tua kepada anak-anaknya yang ikut menjadi rem bagi pergaulan mereka.


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Zaman sekarang, adalah era modern dimana segala macam bentuk pergaulan dapat bebas dilakukan tanpa ada sekat pembatas, penghalang, atau larangan dari orang tua.
Banyak anak-anak remaja terbawa arus perubahan zaman, tanpa dapat memfilter mana yang layak ditiru dan mana yang tidak pantas untuk dilakukan.
Hal ini juga tidak luput dari canggihnya teknologi dan informasi, yang memudahkan mereka untuk mengetahui serta mengakses hal-hal yang sebenarnya belum pantas untuk mereka ketahui.

Jika zaman dulu orang tua dengan ekstra hati-hati menjaga dan mendidik anaknya dengan ilmu pengetahuan, adab, kesopanan dan juga dasar agama yang baik agar tidak salah jalan, saat ini orang tua lebih berfokus agar anak-anak mereka paham akan pelajaran formal. Orang tua tidak lagi memfokuskan anak untuk mempelajari dan mengetahui adab, dan norma-norma yang sebenarnya jika diajarkan dapat menjadi tali kendali anak agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas!


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Jika telah melihat fakta-fakta perbandingan antara kebiasaan serta moral dari orang-orang zaman dulu dan zaman sekarang di atas, apa kira-kira yang salah sampai di era ini lebih banyak kasus anak muda hamil di luar nikah?

Yap, kesalahan terbesar terletak pada orang tua.
Saat ini banyak sekali orang tua yang lalai dalam mendidik anak, terlalu membiarkan begitu saja apa yang anak-anak mereka jalani dan sukai, tanpa memberikan pengawasan serta peringatan tentang rambu-rambu adab, kesopanan dan norma yang tidak boleh dilanggar!

Pengawasan serta peringatan dari orang tua sebenarnya bukan diberikan dengan tujuan untuk mengekang anak, melainkan untuk mengontrol anak agar tidak terjerumus ke jalan yang salah dan membuat malu orang tua.

Tidak hanya itu, pendidikan agama yang baik saat ini juga dapat menjadi solusi agar dapat menekan kemungkinan anak keluar dari apa yang dilarang oleh Tuhan mereka.
Jika mereka tahu mana yang dilarang oleh Tuhannya, tau apa konsekuensinya, dan dapat menanamkan keimanan dengan baik, maka mereka secara otomatis akan menjauhi hal-hal yang dapat merugikan diri mereka sendiri, termasuk berhubungan badan sebelum ada ikatan pernikahan yang dapat mengakibatkan hamil di luar nikah!


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Bagaimana, apakah Agan dan Sista sepakat dengan opini ane tentang fakta-fakta seputar fenomena hamil di luar nikah ini?
Atau mungkin memiliki pendapat yang berbeda?
Silakan berikan tanggapan GanSis di bawah ya!


Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?


Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar: Google Pict
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 52 lainnya memberi reputasi
51
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 10
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 04:04
emoticon-Cape d... jangan bilang salah emak mengandung dan bapak yang menghamili ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 04:04
emoticon-Matabelo semoga moral kita makin bener dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 04:30
yang salah itu cowoknya tak pintar teknik main seks
waktu mau ejakulasi , pakailah gaya bukkake
dijamin tak hamil cewekmu itu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagan23 dan 12 lainnya memberi reputasi
12 1
11
Lihat 42 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 42 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 06:09
Jaman dulu juga banyak yg hamil tanpa nikah tapi gak sebanyak sekarang juga sih, itupun karena populasi dulu gak sebanyak sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aygilagility dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 06:15
kurangnya pengawasan orang tua, orang tua tidak mendidik anaknya dengan baik ditambah anaknya suka nonton film porno
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 06:20
Apa karena orang tua sibuk nyari duit mas, shg anak dititipkan dan diurus oleh org lain. Embuhhh!
profile-picture
profile-picture
lonelylontong dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 06:43
Salah dua2nya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 06:55
penyebabnya banyak sebetulnya seeeh

> Mungkin ada masalah internal (keluarga)
> Kurangnya kontrol dari orang tua
> Kurang paham tentang pengetahuan kesehatan seksual
emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
richardus96 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 06:56
Ane bukan orang jaman dulu tapi takut pacaran, di saat temen2 ane dah pada mengenal cinta saat SMP.

Katrok atau gak sih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mubafirs dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 06:58
Quote:Original Posted By c4punk1950...
Salah dua2nya

emoticon-Ngakak iya bang, niatnya oranf tua mau kasih kepercayaan penuh ke anak, tapi si anak malah menyepelekan

Quote:Original Posted By ucupthea
penyebabnya banyak sebetulnya seeeh

> Mungkin ada masalah internal (keluarga)
> Kurangnya kontrol dari orang tua
> Kurang paham tentang pengetahuan kesehatan seksual
emoticon-Cool

emoticon-Matabelo nah bener gan, jadi tambahan nih
Dan harusnya kalau tau penyebabnya bisa dicegah ya

Quote:Original Posted By anna1812
Ane bukan orang jaman dulu tapi takut pacaran, di saat temen2 ane dah pada mengenal cinta saat SMP.

Katrok atau gak sih?

emoticon-Ngakak enggak, karena mungkin emang ada dasar yang jelas kayak gak mau buang-buang waktu buat pacaran atau karena takut dosa kalau pacaran
profile-picture
anna1812 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:08
Lha gimana lagi ngentot emang enak ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagan23 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:09
Seharusnya orang tua mengajari anak perempuannya begini :

Nak, kalo kamu diajak begituan dengan pacar, kamu harus menuntut pertanggung-jawaban dia dulu, dengan surat perjanjian hitam di atas putih, meterai 10.000. Dan minta salah satu sahabat kepercayaanmu menjadi saksi.

Jadi kalo nanti pacarmu berkilah, kamu bisa menuntut dia ke pengadilan.

Atau bisa begini juga

Nak, kalo diajak begituan dengan pacar, dan dia menolak bertanggung-jawab, langsung lapor polisi kalo kamu diperkosa dia.
Diubah oleh Yuwen
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fitsa...hats.v2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:12
Quote:Tidak hanya itu, pendidikan agama yang baik saat ini juga dapat menjadi solusi agar dapat menekan kemungkinan anak keluar dari apa yang dilarang oleh Tuhan mereka.
Jika mereka tahu mana yang dilarang oleh Tuhannya, tau apa konsekuensinya, dan dapat menanamkan keimanan dengan baik, maka mereka secara otomatis akan menjauhi hal-hal yang dapat merugikan diri mereka sendiri, termasuk berhubungan badan sebelum ada ikatan pernikahan yang dapat mengakibatkan hamil di luar nikah!


Sex education yg g pernah diajarkan itu.

Soalnya di ane ada anak ustad anaknya aja hamil sebelum nikah.
profile-picture
profile-picture
arfan1997 dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:15
itu mah lakinya aja goblog, antara ga mau pake kondom atau telat cabut
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TSMan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:18
Quote:Original Posted By fitsa...hats
Lha gimana lagi ngentot emang enak ya akhi emoticon-Maaf Agan

emoticon-Ngakak astaghfirullah, enak kalau belum boleh ya jangan to

Quote:Original Posted By Yuwen
Seharusnya orang tua mengajari anak perempuannya begini :

Nak, kalo kamu diajak begituan dengan pacar, kamu harus menuntut pertanggung-jawaban dia dulu, dengan surat perjanjian hitam di atas putih, meterai 10.000. Dan minta salah satu sahabat kepercayaanmu menjadi saksi.

Jadi kalo nanti pacarmu berkilah, kamu bisa menuntut dia ke pengadilan.

Atau bisa begini juga

Nak, kalo diajak begituan dengan pacar, dan dia menolak bertanggung-jawab, langsung lapor polisi kalo kamu diperkosa dia.

emoticon-Matabelo ini ngajarin bener apa enggak sih gan? Ane jadi bingung

Quote:Original Posted By vegashin_ryu
Sex education yg g pernah diajarkan itu.

Soalnya di ane ada anak ustad anaknya aja hamil sebelum nikah.

emoticon-Cape d... nah itu, kenapa bisa kejadian seperti itu ya gan?

Quote:Original Posted By wen12691
itu mah lakinya aja goblog, antara ga mau pake kondom atau telat cabut

emoticon-Ngakak buset, ini sebenernya bukan merujuk ke hubungannya sih gan, tapi ke pencegahan agar tidak terjadi hal tsb
profile-picture
areszzjay memberi reputasi
1 0
1
Lihat 40 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 40 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:19
Karena g pake kondom emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
shadow.light dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:20
yang pasti salah ceweknya kenapa dibuka ?? emoticon-Wowcantik
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:21
Yang jelas kalau menurut ane di era dulu diajarkan ke anak2 laki bahwa perempuan itu kudu dijaga kehormatannya, dan kalau anak perempuan harus dijaga kehormatannya, jangan murahan.

Makanya era 70 - 80an rada jarang kasus kek beginian, gak kek sekarang, cwenya yang kek barang obralan, murahan banget. :shutup

profile-picture
profile-picture
bint.hashim dan masnukho memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:23
Ada yg sengaja bgini biar dpet restu wkwkwk
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Fenomena Hamil di Luar Nikah! Ini Salah Moral Atau Kurangnya Pengawasan Orang Tua?
24-02-2021 07:24
Skrg jamannya hape. Moral remaja psti brbeda dg aturan baik yg diberikan ortu. Kdg trtekan kdg ggak. Skrg pergaulan pun jg hrs dwaspadai.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 23 balasan
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia