News
Batal
KATEGORI
link has been copied
Informasi! Mau Lindungin Keluarga Dari Penyakit Berbahaya? Daftar Webinar Ini Gan Sist!
83
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/600bb7969a972e112c193aed/coc-edu-anak-sekolah-daring-sekeluarga-ikutan-pusing
Selamat Pagi agan dan sista semuanya, semoga tetap sehat dan diberi kelancaran dalam beraktivitas baik daring maupun luring. Jadi temanya Kilas Balik Dunia Pendidikan, Masihkah Penuh Semangat?. Oke, jadi apa yang mau ane ceritakan di sini benar-benar sesuatu yang tidak dapat dihindari lagi. Bukan keluarga tetangga saja, tetapi keluarga ane juga mendapat jatah serupa. Kejadian ini bermula ketika ad
Lapor Hansip
23-01-2021 12:43

[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing

icon-verified-thread
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing

[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing

Selamat Pagi agan dan sista semuanya, semoga tetap sehat dan diberi kelancaran dalam beraktivitas baik daring maupun luring. Jadi temanya Kilas Balik Dunia Pendidikan, Masihkah Penuh Semangat?. Oke, jadi apa yang mau ane ceritakan di sini benar-benar sesuatu yang tidak dapat dihindari lagi. Bukan keluarga tetangga saja, tetapi keluarga ane juga mendapat jatah serupa.


[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing

Kejadian ini bermula ketika adik ane yang sedang menjalani masa pendidikan kelas 10 Sekolah Menengah Kejuruan mau tidak mau 'dirumahkan'.  Dapat disimpulkan bahwa adik ane akan menjalani masa belajar daring di rumah. Posisi ane yang jauh dari rumah alias kerja di luar kota turut menjadi sasaran agar membantu adik ane belajar di rumah. Paling sibuk jelas emak ane yang tidak hanya keluar dana untuk membeli perangkat utama dan pendukung belajar daring. Sedangkan bapak ane juga harus meninggalkan rumah untuk berjualan di luar rumah dari pagi sampai sore hari. Syukurnya untuk masalah dana masih dapat tertangani dengan baik. Masalah lainnya adalah emak ane harus menyediakan waktu yang cukup untuk aktivitas membantu adik belajar. Kelas 10 SMK bukanlah hal mudah bagi adik ane yang baru menikmati belajar di ruang kelas selama 3 bulan. Ketika harus belajar di rumah bukan main kewalahan dirinya.


[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing

Harus sedia laptop, smartphone, koneksi internet yang baik, sementara kebutuhan rumah tangga juga perlu diperhatikan. Emak yang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bisa dipastikan menjadi orang yang paling sibuk di rumah. Adik ane tentunya lebih banyak bertanya ke emak ane yang dulu pernah sekolah sampai bangku SMA. Tapi masa sekarang berbeda, apa iya emak ane paham kalau ditanyai tentang elektronika, fisika, matematika, dan seterusnya? emoticon-Big Grin. Jika emak tidak bisa menjawab secara otomatis permasalahannya dilimpahkan kepada ane, bapak ane dan adik ane yang jam belajar sekolahnya berbarengan dengan jam kerja kami bertiga emoticon-Ngakak (S).

Bayangin aja lagi fokus kerja udah di vc buat bantu jawab pertanyaan, entah itu gilirannya ane, bapak ane, adik ane dan tentu saja emak ane. Pada akhirnya kalimat "udah cari di Google aja"keluar dari mulut ane. Memang dalam hal ini Google banyak membantu meringankan beban kami. Tapi adik ane butuh bantuan lainnya misalnya ketika diberikan PR, tugas hitung-hitungan yang jawabannya harus dicari sendiri. Terkadang emak ane juga mau tidak mau ikut belajar materi SMK adik ane emoticon-Frown

[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing

Masalah di atas masih seputar materi belajar SMK adik ane aja,belum lagi aturan pengumpulan tugas mulai harus dikonversi ke pdf, di foto. Adik ane yang tidak terlalu melek IT pasti kebingungan untuk hal semacam itu. Jelas ane ajari pelan-pelan agar dia bisa memahami seperti apa caranya. Masalah yang ini selesai dengan mudah. Tapi ada lagi nih Gansis, lokasi tempat tinggal ane kecepatan koneksinya tidak begitu baik, apalagi hanya mengandalkan kuota data. Selain boros, malah sering gangguan. Tak jarang adik ane mengeluhkan terhambatnya proses sekolah daring tatap muka lewat aplikasi zoom yang tiba-tiba lagging atau bahkan terputus. Secara otomatis penyampaian informasi dari guru menjadi tidak lengkap.

Ane jadi membayangkan, jika keluarga aneyang punya fasilitas saja masih merasakan kesulitan, bagaimana mereka yang ekonominya menengah ke bawah dimana murid tersebut diwajibkan memiliki minimal setidaknya ponsel pintar disertai koneksi internet yang mumpuni. Maka dari itu semoga pemerintah bisa menentukan langkah yang tepat untuk menyikapi permasalahan ini.

Syukurlah lewat kebijakan pemerintah setempat, awal tahun 2021 mengadakan kembali kegiatan belajar mengajar di kelas. Tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan. Mungkin mengenai sekolah daring tidak lagi menjadi persoalan, hanya saja sekolah offline menjadi kekhawatiran bagi orang tua ane khususnya mengingat pandemi belum berakhir. Berharap permohonan doa kepada Allah SWT  agar semuanya tetap sehat dan diberi perlindungan dari segala marabahaya.


[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing

Sumber Tulisan:

Keresahan Pribadi

Sumber Ilustrasi Gambar:



[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing






profile-picture
profile-picture
profile-picture
cecelia566 dan 43 lainnya memberi reputasi
44
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 5
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
09-02-2021 22:28
Daring-daring, sekolah yang pemborosan dengan banyak keluar dana untuk beli kuota data.
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
10-02-2021 11:03
Sekolah daring tapi yang kena pusingnya banyak juga emoticon-Sorry
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
10-02-2021 11:53
Jangankan sekolah daring yang awalnya dikasi PR aja udah ngerepotin lho emoticon-Hammer2
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
10-02-2021 12:17
Sekolah daring memang merepotkan, lebih merepotkan lagi kalau sampai positif COvid-19 emoticon-Takut
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
23-02-2021 20:38
Kalau udah dibikin offline ga akan pusing lagi donk emoticon-Malu (S)
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
23-02-2021 22:19
Sekolah daring nih yeee.. pastinya pada repot apalagi ane yang belum kerja offline emoticon-Sorry
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
24-02-2021 00:18
Pada sibuk semua dirusuhin sama sekolah daring, kocar kacir emak.
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
13-04-2021 12:43
Bulan Juni katanya bakal normal lagi tuh sekolah offline. emoticon-Jempol
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
13-04-2021 12:57
Tuh kan bener, kalau daring semua kebagian ribetnya memang, dongkol ane emoticon-Marah
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
14-04-2021 13:31
hiiyaaa ada yang ngerasain pusing juga akhirnya, untung ane merantau jauh, jadi ga ikutan.
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
14-04-2021 14:01
Yahh harusnya yang pusing tuh anaknya doank, ini emaknya kebagian pusing juga emoticon-Cape d...
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
14-04-2021 14:19
Ayolah cepet diadakan lagi sekolah luring, pusing pala ane kalo ngajarin terus di rumah.
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
15-04-2021 10:26
Adik gue yang sekolah apa gue yang sekolah sih? emoticon-Bingung
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
15-04-2021 10:27
Udahlah adakan aja kembali sekolah luring, stress gue direpotin begini emoticon-Marah
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
16-04-2021 10:49
Kembalikan sekolah luring seperti sedia kala emoticon-Jempol
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
18-04-2021 11:44
Pusing, tolong donk jangan dibikin Online terus pak menteri emoticon-Sorry
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
24-04-2021 07:30
Dah lama ane ga mampir dimari, mau nanya TS apakah masih pusing sampai sekarang? emoticon-Ngakak
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
24-04-2021 07:31
Wakaka banyak yang kebagian repotnya sekolah daring, apalagi yang kuliah daring suruh bantu ajarin adiknya di rumah.
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
24-04-2021 07:31
Pusing semuanya dah, apa lagi kalau harus barengan sama cari nafkah... emoticon-Cape d...
0 0
0
[COC Edu] Anak Sekolah Daring, Sekeluarga Ikutan Pusing
24-04-2021 07:57
Pusingnya kagak ketulungan, ntah kenapa jadi ane yang ngerjain PR adik ane emoticon-Sorry
0 0
0
Halaman 4 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia