News
Batal
KATEGORI
link has been copied
203
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/60332c11bbced8125305ee35/waduh-target-18-juta-sumur-resapan-di-dki-meleset-jauh
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada akhir 2018 pernah menargetkan pembangunan 1,8 juta sumur resapan atau drainase vertikal untuk mengurangi genangan atau banjir Jakarta. Pembangunan drainase vertikal sangat sederhana karena hanya sekadar membuat lubang. Tapi hingga sekarang, jumlah sumur resapan yang dibangun merujuk data Dinas Sumber Daya Air (SDA) masih sangat sedikit. "Dat
Lapor Hansip
22-02-2021 10:59

Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh

Past Hot Thread
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset JauhJakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada akhir 2018 pernah menargetkan pembangunan 1,8 juta sumur resapan atau drainase vertikal untuk mengurangi genangan atau banjir Jakarta. Pembangunan drainase vertikal sangat sederhana karena hanya sekadar membuat lubang.
Tapi hingga sekarang, jumlah sumur resapan yang dibangun merujuk data Dinas Sumber Daya Air (SDA) masih sangat sedikit.
"Data dari SDA baru 1772 titik, koreksi saya bila keliru," kata eks Ketua Pansus Banjir DPRD DKI Zita Anjani dalam program Blak-blakan detikcom, Senin (22/2/2021).

Bila memang anggaran terbatas, dia melanjutkan, Pemprov DKI sebetulnya dapat memanfaatkan Pergub Nomor 20 Tahun 2013 tentang Kontribusi Swasta. "Jadi, memang harus melibatkan pihak swasta. Jangan semua dikerjakan sendiri kalau anggarannya terbatas," kata Zita Anjani yang sehari-hari menjabat Wakil Ketua DPRD DKI dari Fraksi Amanat Nasional.

Selain untuk menyerap air banjir, sumur resapan juga dapat menjadi semacam bank air. Sebab salah satu sebab penurunan tanah adalah pengambilan air tanah yang berlebih, selain karena beban berbagai bangunan di permukaan tanah.

Anies Baswedan pernah mengungkapkan kualitas air tanah di DKI Jakarta telah buruk. karena air yang masuk ke tanah bukanlah air hujan, melainkan air limbah.

Seharusnya, kata dia, air limbah perlu dilakukan pengolahan dulu. Namun pada kenyataan, tempat pembuangan seperti septic tank mayoritas terserap ke tanah. Sementara air hujan malah dialirkan keluar. Air hujan, seharusnya yang diserap ke dalam tanah, dan air limbah dikelola.

"Kalau sekarang air hujan malah hampir mayoritas dikirim ke sungai. Itu sebabnya tanah kita makin turun, makin hari makin turun dan itu yang harus dihentikan dengan cara drainase vertikal," kata Anies saat meninjau pembangunan revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang di Bundaran Senayan, 4 Desember 2018.

https://news.detik.com/berita/d-5399...from=wpm_nhl_1

Harusnya itu tanggung jawab warga lah bikin lubangemoticon-Mad

Coba dengerin penjelasan beliau..emoticon-Mad

{thread_title}
Diubah oleh extreme78
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Junmai92 dan 37 lainnya memberi reputasi
36
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 11:19
Bullshet ah ..
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 11:35
kalau kata bapak " We Don't Know What We Don't Know"

kalau bahasa sederhananya " wkwkwk"

emoticon-Wakaka

profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 11:38
DOBOL...
emoticon-Leh Uga
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 11:51
Yaudah pak kalau memang bisa bermanfaat ya dibikin lubang nya 1.798.228 lagi
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 11:57
Wanjir ini lobang dimana nih yang dibuat, jangan jangan lobang2 ditengah jalan juga dia yg buat yak wkwkwkwk hadeh emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 12:02
Kan anggaran penanganan banjir dikurangi kemarin, bukan begitu bosqu?


Bata emoticon-Bata (S)
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 12:03
Dari jaman VOC juga udah banjir. Makanya di buat kanal mengarah ke laut, bukannya ke dalam tanah.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 12:14
Numpang ngakak emoticon-Ngakak
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
1 0
1
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 12:21
1,8 Juta unit sumur, buhh bejibun tuh anggaran tuk wujudkan itu semua.
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 12:26
Tenang, kalo banjir tinggal bandingkan aja dengan data2 banjir gubernur dulu yg lebih parah dari sekarang....
Diubah oleh mewtwo68d
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 13:03
Kalian tu napa sih?
Warga jakarta nya aja diem² bae, bahagia mreka, pada ga ngeluh, kog malah klean sendiri yg heboh,bingung gw
0 0
0
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 13:06
Rumah gw sumur resapannya ada 2.. itu dr dulu yaa. Bukan karena gabener itu yaa...
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 13:13
emoticon-Wakaka
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 13:25
ngemeng doangan
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 13:26
Makanya jangan kebanyakan beli lem dan cat genteng emoticon-Mad
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 13:28
fix, kalo besok nyalon gubernur jakarta lagi ane tetep gak akan milih anies
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 13:39
(melihat jauh) tanpa merasa, dia sedang mendidik pengikutnya menjadi orang-orang licik. semoga tidak sampai muslim = orang licik. emoticon-Sorry
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 13:46
Ini lobang apaan sih?
Biopori? Sumur resapan? Atau vertikal drainase?

Yang jelas dong. Karenanya kalo istilahnya beda bakal ditolak ma Wan Aibon seperti normalisasi vs naturalisasi
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 14:25
Ya lumayanlah sudah bikin, bisa buat laporan. Kayak nya membuat lubang sedikit berguna daripada beli toa emoticon-2 Jempol
0 0
0
Waduh, Target 1,8 Juta Sumur Resapan di DKI Meleset Jauh
23-02-2021 15:09
Gue bukan buzzer, tapi kelihatan kan antara yang pinter omong kosong sama yang pinter kerja nyata
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia