netral.news
TS
netral.news
Minta Maaf, Ini Penjelasan Rachland Demokrat soal Kicauan Makam Gus Dur

Politikus Partai Demokrat (PD) Rachland Nashidik disomasi Barisan Kader (Barikade) Gus Dur karena kicauannya soal makam Gus Dur. Rachland kaget dirinya disomasi.

Rachland mengatakan tweet-nya soal makam Gus Dur didasarkan pada informasi yang dia baca dari sebuah situs berita yang tautan artikelnya telah dilampirkan. Dia sudah membaca isi artikel itu, yang potongan isinya menjelaskan bahwa pemerintah melengkapi kawasan makam Gus Dur dengan berbagai fasilitas, seperti tempat parkir, kamar mandi, museum, perpustakaan, pagar, bahkan perluasan jalan.

"Poin saya, negara atas dasar penghargaan terhadap Presiden Gus Dur memikirkan agar makam Gus Dur mendapat fasilitas yang memudahkan warga yang berziarah. Perhatian tersebut diekspresikan dalam rapat kabinet yang menyepakati kawasan makam akan dibuat senyaman mungkin," kata Rachland kepada wartawan, Sabtu (20/2/2021).

Baca juga:Singgung Makam Gus Dur untuk Pembanding Museum SBY, Elite PD Disomasi

"Saya sudah membaca ulang twit saya dan menyadari bahwa tanpa membaca berita itu, netizen bisa salah mengerti, bahwa yang dibangun bukanlah makam itu sendiri, melainkan fasilitas publiknya. Meski tidak juga bisa dibantah bahwa fasilitas yang melengkapi makam itu dibangun Negara sebagai wujud penghormatan kepada Presiden Abdurrahman Wahid. Saya memohon maaf," kata Rachland.

Lebih jauh Rachland menjelaskan dia menganggap dirinya sebagai murid Gus Dur dalam ajaran kebinekaan dan demokrasi. Dia adalah anggota pengurus Forum Demokrasi yang dahulu dipimpin Gus Dur.

"Hubungan personal kami juga dekat, bahkan beliau adalah salah satu dari beberapa senior yang menyumbang bagi biaya pernikahan saya, 1996, di samping Adnan Buyung Nasution, Rahman Tolleng, dan Sjahrir," ujarnya.

Saat Gus Dur wafat, Rachland melanjutkan, sebagai Direktur Eksekutif Imparsial, lembaga pengawas HAM, dia menyampaikan pernyataan yang dikutip oleh media bahwa wafatnya Gus Dur adalah kehilangan tak terkira bagi bangsa Indonesia, bagi perjuangan pluralisme, serta kebebasan beragama. Dia menegaskan dirinya memiliki kedekatan dengan Gus Dur.

"Saya juga menyatakan, cita-cita dan perjuangan Gus Dur masih jauh dari mendekati selesai. Bahwa pemerintah perlu bertindak benar dalam menghormati rasa kehilangan dan kesedihan, dengan menyatakan perkabungan nasional bagi Gus Dur dengan pengibaran bendera Merah Putih setengah tiang secara nasional. Presiden Yudhoyono diberitakan saat itu memerintahkan pengibaran bendera setengah tiang selama tujuh hari," tuturnya.

"Terus terang saja, mengingat kedekatan hubungan saya dengan Gus Dur, saya membayangkan, mungkin beliau akan meminta saya memberi penjelasan. Namun Gus Dur tak akan pernah mengadukan saya ke polisi, apalagi ingin melihat saya berada di balik bui," pungkasnya.

Atas dasar itulah, Barikade Gus Dur mengirimkan surat somasi kepada Rachland. Rachland pun didesak meminta maaf.

"Maka berdasarkan hal-hal tersebut di atas kami mendesak dengan tegas agar Saudara mencabut pernyataan tersebut dan menyampaikan permohonan maaf, sebelum kami melakukan tindakan hukum," ujar Priyo


SURAT TERBUKA / SOMASI UNTUK SAUDARA RACHLAND NASHIDIK KADER PARTAI DEMOKRAT.

Untuk dan atas nama Keluarga dan kader Gus Dur (KH. Abdurrahman Wahid) seluruh Indonesia dengan ini menyampaikan Surat Terbuka/Somasi kepada saudara Rachland Nashidik Kader Partai Demokrat sbb :

1. Bahwa dari pemberitaan/cuitan saudara dalam media sosial twitter ttgl 17 feb 2021 dan media online yg menyatakan Makam Gus Dur dibiayai dari anggaran negara. Yang mana hal ini menjadi alasan/mengaitkan dan atau pembanding atas polemik pembangunan

Museum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Pacitan yang dibiayai oleh uang APBD dlm hal ini Pemprof. Jawa Timur sebesar RP 9 milyard .

2. Bahwa apa yang saudara katakan adalah sangat tdk benar/ tendensius dan mengada-ada dan membuat para santri Gus Dur merasa terlecehkan.

Oleh karena Makam Gus Dur sepenuhnya dibiayai oleh keluarga inti.

3. Bahwa negara mengeluarkan biaya adalah untuk pembangunan infrastruktur jalan demi untuk kelancaran lalu lintas karena ribuan peziarah hadir setiap hari sepanjang tahun dan museum Islam Nusantara.

Jadi sama sekali TIDAK untuk membiayai makam Gus Dur.

Maka berdasarkan hal-hal tersebut di atas kami mendesak dengan TEGAS agar saudara mencabut pernyataan tersebut dan menyampaikan permohonan maaf, sebelum kami melakukan Tindakan Hukum.
Demikian kami sampaikan. Terimakasih.

Jakarta. 19 Februari 2021.

DPP BARIKADE GUS DUR

H. PRIYO SAMBADHA MBA (Ketua Umum).
PASANG HARO RAJAGUKGUK.
(Kuasa Hukum/Sekjen DPP. Barisan Kader Gus Dur).

• • •

bontakkunhudazoneProloque
Proloque dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.2K
35
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.