Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
254
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6033c2601e9ad73bc4066c48/seperti-apa-pulo-gadung-dan-kejahatannya-yang-dahulu
Hai GanSis apa kabar? Kiranya semua dalam kebaikan dan kebahagiaan. Kali ini ane mau cerita suka duka saat jualan koran di Pulo Gadung. Di mana hampir tiap hari ane melihat kejahatan di depan mata, tapi tidak bisa berbuat apa-apa.
Lapor Hansip
22-02-2021 21:40

Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?

Hai GanSis apa kabar? Kiranya semua dalam kebaikan dan kebahagiaan. Kali ini ane mau cerita suka duka saat jualan koran di Pulo Gadung. Di mana hampir tiap hari ane melihat kejahatan di depan mata, tapi tidak bisa berbuat apa-apa.

Tahun 2003 waktu itu ane jualan koran di area Kowanbisata 512 jurusan Pulo Gadung-Ciputat, 511 jurusan Pulo Gadung-Depok sama Mayasari P11 jurusan Tangerang atau Cimone saat itu.

Pagi jam 4 ane sudah ada di terminal, menyaksikan para penumpan bus Antar Kota Antar Propinsi yang baru tiba. Ada yang sudah hafal jalan, ada yang baru pertama kali injakkan kaki di Jakarta. Sementara para jambret justru beroperasi di jam-jam genting ini.

Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?

Sering saat aku menjual koran sambil keliling, menemukan Bapak atau Ibu bahkan anak-anak muda yang menangis karena kehilangan dompet atau tas pakaian mereka. Andai saja saat itu ane orang yang berani, pasti langsung ane ambil barang curiannya. Karena ane tahu kelompok mana atau anggota siapa yang tengah beraksi. Sayangnya ane hanya gadis penjual koran yang cari makan di terminal ini.

Enam bulan di Pulo Gadung, banyak yang mengenali wajah ane, mulai tukang jaga WC yang menggratiskan ane kalau mau buanh hajat. Para pecopet yang selalu menatap mata ane yang artinya harus diam. Sopir dan kenek bus, juga para calonya. Tidak lupa para penipu yang selalu menyamar sebagai penolong padahal penjual manusia.

Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?

Kok bisa? Iya ... jadi ada beberapa Ibu-Ibu yang akan bertanya pada gadis yang tampak sendirian, entah mencari kerja atau terlihat bingung. Itu adalah sasaran empuk buat mereka. Yang ane ga habis pikir, kenapa cewek-cewek itu bisa mudah percaya terbujuk rayu katanya ada kerjaan di Jambi. Bahkan terkadang mereka itu cantik-cantik. Satu anak gadis dihargai 300.000 saat itu, nanti kalau sudah 7-10 orang kirim ke Jambi dan 1 anak dijual 1,5juta. Jujur saat itu pingin sekali lapor polisi tapi takut.

Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?

Tuhan baik, ada salah satu anak berhasil kabur dari penampungan yang kebetulan dekat dengan rumah kost ane. Pas pulang jualan ane lihat 5 pria dewasa dan 2 Ibu-ibu berbaris ditangkap Polisi, disorot media Patroli Indosiar kalau tidak salah saat itu. Antara senang tapi takut dikira komplotan, akhirnya ane sembunyi di warung Nasi Padang.

Penggerebekan itu jam 10 tapi ane sembunyi sampai siang, entah berapa batang rokok habis. Jujur ane ketakutan sekali karena ke-7 orang itu ane kenal dan hari-hari ketemu di Pulo Gadung. Karena takut pulang ane kembali ke terminal. Memang lagi apes, sampai di sana pas ada teman yang tengah menjambret ketahuan dan dihajar masa. Dalam waktu kurang dari satu jam, teman satu lagi ketangkap saat menjambret di terminal AKAP, ditangkap polisi dengan pisau masih menancap di perut.

Pengalaman yang mengerikan selama di Pulo Gadung, dan itu adalah hari terakhir ane jualan koran. Rasanya terlalu berat hidup di tempat yang begitu keras. Nyawa dan nurani seperti tak ada harganya. Bahkan demi uang 10 ribu pun tak jarang saling pukul.

Itu kisah ane tentang Pulo Gadung, ane harap sekarang kejahatan makin berkurang, jangan bertambah. Dan kiranya kita dijauhkan dari kejahatan, juga para penipu jalanan ... amiin. ok sekian dan terima kasih.

Foto : Google
Sumbet : Opini pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciparakut dan 103 lainnya memberi reputasi
102
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 06:21
Dari dulu kebayang yg serem2 di pulogadung.
Tapi dulu sy seringnya ke kampung rambutan, dan berasa serem juga.
0 0
0
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 06:37
Nice stori gan, ngingetin ane tahun 2000 nyaris baku pukul di pulo gadung sama tukang aqua yang main taruh di paha. Kalo disingkirin dia bilang megang terus suruh bayar (mana harganya getok). Untungnya orang2 itu cuma gertak sambal aja, kalo calon korbannya cupu dikerjain, kalo berani dia cuma tereak2 sini lo kalo berani turun dari bis, begitu ane keluar dia ngajak ke lapangan (terus aja sampe lebaran monyet).
sampai dengan ane belum punya motor (dulu ane tinggal di pramuka), ane adalah fans berat R905 (terakhir naik masih 1000 bayarnya,) Pulo gadung -- Mangga dua -- Kota, sering banget orang yang baru dari jawa kecopetan trus turun di halte tempat ane naik (karena copetnya turun di sekitar rawamangun). Itu belum insiden cekek atau injek sepatu yang sering ane (dan teman2 ane) lakuin buat ngerjain copet2 di bus itu. Copet yg di 905 cirinya gampang banget ketebak, pake kemeja ala orang kantoran tapi lusuh, udah gitu selalu mepet2. Trus komuknya kayak orang kena hipnotis (flatt banget). Tapi yang paling legend sih teriakan kondekturlah kasih kode "tengah kosong"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manusia.baperan dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 06:40
Sekarang dah beda
0 0
0
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 06:59
di pulgad malem aman, di plumpang malem aman, di priok aman, di blok m malem aman, di kalideres aman, di kampung rambutan nginep aman, di pasar rebo nungguin kalongan aman, di senen aman, lebak bulus aman banget....sialnya malah di kebayoran lama, sempet dikelilingin kek burung nasar lagi ngincer bangke....dah siap minimal kena bonyok, entah malaikat darimana yang dateng kemudian bilangin muka petak yang lagi pada mau mangsa ay dengan kata kata " bubar bubar, bisa repot kita" ....Alhamdulillah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 07:01
2015 msh ganas..mau naik sinar jaya,eh ditarik2 calo bus jawa timuran..langsung dibikinin tiket,dipaksa bayar 300rb..dikerubutin calo2,kek udh mau ngeroyok.
Akhirnya ane kasih 50rb trus ngelengos pergi..
Msh bersyukur selamat..walau waktu itu rame penumpang dan ada petugas,ane yakin klo sampe dikeroyok ga akan ada yg nolongin,minimal sampe babak belur dulu.
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 07:18
bagi yang gak tahan dengan bentakan calo tiket bis, lebih baik hindari Pulo Gadung Modern (terminal Pulo Gebang) karena mereka pindah kantor kesana
profile-picture
profile-picture
manusia.baperan dan angga_nero memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 07:32
namanya di terminal gan, dimana2 kehidupan terminal keras, apalagi jaman dulu, skr jauh relatif lebih aman, judulnya harus diedit nih gan, bukan pulo gadung tapi terminal pulo gadung, secara ane tinggal di pulo gadung dr th 80an, aman2 aja smp skr, terminal pulo gadung belom ada apa2nya sama terminal senen jaman dulu gan, klo denger cerita alm bokap

kalau copet itu seni gan, memanfaatkan kelengahan kita dengan segala triknya, jangankan di terminal pulo gadung, di pekan raya jakarta aja ngumpul tuh copet2

0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 07:33

Kisah nyata pertengahan Tahun 90an

Temen ane dari Solo pernah kecopetan di pulogadung, padahal dia di sedang perjalanan mau balik ke solo

Lapor ke pospol...
Ama pak polisi ditanya punya keluarga yg bs dihubungi ga. Akhirnya di kasih duid buat ke wartel

Trus ditanyain "kamu merokok ga" , ama pak pol dikasih duid buat beli rokok djisamsu... akhirnya sebungkus rokok dibagi berdua ama pak polisinya emoticon-Big Grin

Bbrp jam kemudian baru sodara nya datang ke terminal. Kemudian ama sodara dibeliin tiket balik. Ga lupa pamitan dan mengucapkan terimakasih ama pak polisi nya....



emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
manusia.baperan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 08:10
Suram dah Pulo Gadung mah, temen saya dari Jawa Tengah udah saya ingetin jangan naik dari Pulo Gadung, mending naik kereta atau naik dari agen di luar Akhirnya kena palak Calo. Kalo saya pengalaman di Senen gan malem2 mau pulang ke Bekasi lagi nunggu angkutan sambil rokok2 di deketin orang yg ngakunya kehabisan duit ngomong pake logat Medan/Batak mau pulang kampung dan ga punya siapa2 dijakarta minta2 duit ke saya, akhirnya ga saya kasih, saya bilang kalo saya orang sini.
Segera lah tobat itu calo, preman, copet dan kriminal2 sana, jadi beban peradaban dong, ke jakarta ga punya skill cuma modal palak sana sini, copet sana sini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 08:15
smoga yg skrg sdh berkurang ya gan kejahatanya..
0 0
0
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 08:28
suka ngerih ke terminal pulo gadung sm kp rambutan emoticon-Takut (S)
0 0
0
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 08:30
Hidup itu memang keras apalagi di jalanan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 08:32
ane kuliah di jogja rumah di tangerang. suatu hari mau balik ke tangerang naek bus ra****na jurusan jogja - tangerang. entah kenapa yang biasanya tu bis lewat rambutan ternyata lewat terminal pulogadung. biasa lah kalo udah mau sampe tujuan mata ngantuk banget. kebetulan pas sampe di jakarta masih jam 6 pagi. di terminal pulo gadung sempet ada pengamen masuk sama tukang minuman. pengamen itu setelah selesai nyanyi ngebangunin semua orang nyuruh jangan pura2 tidur sambil maksa minta duit minimal seribu. abis itu tukang minuman dateng sambil bawa tusukan pemecah es nyuruh beli teh otol seharga 5rb, padahal harganya klo di warung cuma 2-3rb waktu itu
literaly, kerasnya kehidupan ada di pulo gadung emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
manusia.baperan dan dalamuka memberi reputasi
2 0
2
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 08:38
Bukan hanya pulo gadung. Hampir semua terminal di Jakarta banyak preman-nya. Terminal Grogol, Kampung Rambutan, Kalideres dll. Yang penting pas di terminal jangan pasang muka polos. Pasang muka jutek atau pengen boker. Dijamin ga ada yang berani mendekat. Ane dulu begitu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 08:42
Seiring dengan perkembangan jaman mungkin sekarang sudah berubah......semoga keamanan lingkungannya makin baik.
0 0
0
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 08:47
Pulo gadung memang merupakan tempat yang ramai dan ane pernah lewat sekali. Tapi kalau banyak kejahatan ya tentu saja harus diberantas itu gan para penjahatnya.
profile-picture
nantasukma771 memberi reputasi
1 0
1
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 08:54
kenyang gw jadi korban kriminal di jakarta (jaksel) mungkin karena face gw cina padahal gw org sumatra. dari mulai dipalakin dan dicolong sepeda di t4 dingdong, dipalak di bis sama anak2 sma musuh sma gw, smpe diculik komplotan pembobol atm.
skr udah tenang tinggal di kaltim ...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 09:56
pulo gadung, kampung rambutan & terminal kalideres tempat masteng kuli bau badan tujuh turunan suka nyopet dan hipnotis orang, memang sangat menjijikan pengecut-pengecut itu

emoticon-Najis
profile-picture
profile-picture
manusia.baperan dan nantasukma771 memberi reputasi
2 0
2
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 10:05
pernah jadi korban sekali. sampai lari2an dikejar2 calo. karena emang emosi banget main tarik2 aja. tapi akhirnya ane ketangkep dan digiring ke loket mereka dan terpaksa naik bus bobrok yg gak laku.

untung aja sih gak sampai digebukin ane. cuma dideketin banyak calo dan dikata2in, "mau jadi jagoan ya?" dan semacamnya

entah sekarang masih kaya gitu apa nggak...
profile-picture
profile-picture
manusia.baperan dan dalamuka memberi reputasi
2 0
2
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Seperti Apa Pulo Gadung Dan Kejahatannya Yang Dahulu?
23-02-2021 10:13
sama seperti di daerah uki cawang jakarta timur juga
0 0
0
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia