• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Aksi Emak-emak Makan Roti Dicelup Air Banjir Bikin Netizen Bingung! Emang Gak Bahaya?

masnukho
TS
masnukho 
Aksi Emak-emak Makan Roti Dicelup Air Banjir Bikin Netizen Bingung! Emang Gak Bahaya?

Di tengah bencana alam banjir, semakin banyak muncul orang-orang dengan sikap aneh dan lucu!


Bencana banjir, tidak dapat dipungkiri memang menjadi masalah bagi beberapa daerah di Indonesia di setiap tahun tepatnya pada musim hujan.
Intensitas hujan yang tinggi, membuat aliran sungai dan bendungan tidak cukup untuk menampung air, sehingga air meluap pada permukaan tanah bahkan sampai ke pemukiman penduduk.

Seperti yang kita ketahui bersama, jika air telah menggenangi pemukiman, maka segala aktifitas warga terganggu dan ada juga yang lumpuh total.
Tidak tanggung-tanggung, di wilayah dataran rendah seperti Jakarta, saat banjir datang ketinggian air bisa mencapai hingga 1,5 meter lebih. Dengan ketinggian air seperti itu, maka masyarakat pun harus mengungsi ke posko-posko pengungsian terdekat untuk menyelamatkan diri dan baru dapat kembali saat banjir benar-benar telah surut!

Banjir adalah duka, sebab setiap orang yang seharusnya dapat bekerja dan beraktifitas normal, mereka tidak dapat melakukan aktifitasnya.
Mobilitas masyarakat pun juga terbatas, kekurangan bahan pangan, air bersih, bahkan pakaian bersih, menjadi masalah yang harus dihadapi saat banjir melanda.
Bantuan dari pemerintah dan para donatur menjadi satu-satunya harapan bagi mereka, karena memang keadaan tidak mendukung mereka untuk dapat bekerja ataupun mencukupi kebutuhannya sendiri.




Di tengah keadaan banjir yang memukul mental warga karena harus merasakan duka kehilangan harta benda, ternyata ada juga aksi-aksi lucu dari warga yang menjadi korban banjir. Entah itu hanya sebagai hiburan pada diri sendiri, atau bahkan sebagai konten dengan memanfaatkan keadaan yang ada.

Seperti aksi emak-emak korban banjir Jakarta yang membuat banyak netizen bingung karena aksinya ini.
Beredar sebuah video viral seorang emak-emak makan roti di tengah banjir sembari mencelupkan rotinya ke genangan air banjir.
Seperti apa aksi emak-emak tersebut?
Lihat videonya di bawah ini!


Spoiler for Makan Roti Dicelup Air Banjir:


Aneh, mungkin itu yang ada di benak Agan dan Sista saat melihat video aksi emak-emak makan roti dengan dicelup air banjir di atas.
Air banjir yang jelas-jelas kotor dan banyak kuman bakteri, dijadikan sebagai pengganti air susu atau kopi yang biasanya digunakan untuk mencelupkan roti.

Entah apa tujuan di emak sampai membuat video tersebut, mungkin sengaja untuk konten atau ditujukan sebagai sindiran atau yang lainnya.

Video yang semula dibagikan oleh akun Tik Tok @kwcubungakurius ini telah banyak direpost oleh media-media sosial yang lain, dan yang ramai ditanggapi oleh metizen adalah repost Instagram @smart.gram!

Terlepas apapun tujuan dari si emak, pastinya makan dengan dicelup dengan air banjir itu sangat berbahaya
Di bawah ini telah ane rangkum beberapa bahaya yang dapat mengancam warga saat banjir datang!




1. Infeksi atau Gangguan Kulit
Air banjir tentu tidak sebersih air sumur atau air PAM ya GanSis. Pada air banjir terdapat banyak bakteri dan kuman yang ikut terbawa dari selokan, pembuangan sampah, wc, aliran sungai dan tempat-tempat kotor lainnya.
Kuman dan bakteri yang terbawa air ini juga akan menjadi penyebab penyakit kulit atau infeksi kulit yang dapat menjangkiti warga korban banjir jika mereka tidak segera mengungsi ke tempat yang lebih aman dan kering.

2. Gangguan Pencernaan
Selain gangguan kulit, adanya banjir juga bisa berdampak pada gangguan pencernaan warga masyarakat korban banjir.
Dalam keadaan banjir tentu sangat sulit sekali untuk mendapatkan air bersih, sehingga memaksa warga untuk melakukan segala aktifitas rumah tangga dengan air seadanya.
Selain itu bakteri leptospira yang berasal dari eksresi hewan pengerat seperti tikus, yang dulunya mengendap di tempat-tempat lembab, juga ikut terbawa air banjir dan menjadi penyebab gangguan pencernaan warga korban banjir.

3. Stres
Banjir yang datang secara tiba-tiba membuat warga masyarakat tidak sempat mempersiapkan dan menyelamatkan barang berharga yang mereka miliki.
Perasaan stres tidak dapat dipungkiri juga pasti terjadi pada beberapa orang, karena mereka akan bingung memikirkan nasib mereka ke depan, jika memang banjir masih tetap belum surut.
Meskipun bantuan datang dari pemerintah dan para donatur, tentu saja mereka juga berpikir akan lebih baik jika dapat mencukupi kebutuhan pribadi mereka sendiri.




Melihat bahaya-bahaya yang dapat mengancam keselamatan warga korban banjir di atas, tentu apa yang dilakukan oleh emak-emak viral di atas benar-benar sangat berbahaya dan tidak patut untuk ditiru ya GanSis!

Entah apapun tujuannya, sangat tidak pantas jika duka banyak orang dijadikan sebagai bahan lucu-lucuan atau bahkan bahan konten.

Dari kejadian ini pun kita juga dapat mengambil pelajaran, bahwa hidup itu tidak akan pernah sepenuhnya terlepas dari masalah atau cobaan. Namun jika kita dapat melewatinya, maka akan menjadikan kita pribadi yang semakin baik ke depannya!




Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan dan Opini pribadi
Referensi: Klik
Sumber video: di sini
hoorrayInha.89tien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
38.6K
156
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.