jonioktoraAvatar border
TS
jonioktora
Sarang Lebah Bahan Membuat Lilin


Sarang lebah madu belum banyak dimanfaatkan masyarakat. Bahkan sering sarang hewan penghasil madu ini dibuang begitu saja.
Namun, di tangan ibu-ibu warga Desa Gunung Sahilan dan Desa Sahilan Darussalam, Kabupaten Kampar, Riau, sarang lebah disulap menjadi lilin beraneka bentuk. Lilin dari sarang lebah itu dirangkai menjadi bentuk bunga, bentuk kerucut, kupu-kupu, dan bentuk menarik lain.

Salah satu desa penghasil madu adalah Gunung Sahilan. Awalnya, masyarakat  hanya mengambil madunya saja, sedangkan sarang lebah dibuang. Setelah ada penelitian bahwa sarang lebah mengandung lilin, jeli, dan bifolen. Masyarakat bersama LSM Kudapan membuat kerajinan lilin dari sarang lebah.

Di Gunung Sahilan, tidak semua pohon di hutan menjadi tempat lebah madu bersarang. Masyarakat Riau menyebut pohon tempat lebah bersarang sebagai pohon sialang. Jenis batang sialang, seperti rengas, kayu aro, pohon mentiana, dan pohon kempas. Ukuran batang sialang sangat besar dan tinggi.
Menurut masyarakat sekitar, yang mau memelihara lebah madu harus memelihara pohon sialang. Membudidayakan lebah madu secara tidak langsung turut melestarikan pohon-pohon di hutan. "Ada aturan adat yang melarang warga untuk menebang batang sialang. Kalau warga mau dapat madu maka harus pelihara pohon sialang,"

Pembuatan lilin sarang lebah bisa membantu pelestarian pohon sialang sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar hutan. Dalam satu pohon sialang ada sebanyak 200 sarang lebah. Dalam satu pohon bisa menghasilkan 400 kg madu. Dalam satu minggu, sedikitnya ada tiga pohon yang dipanen.

Masyarakat meninggalkan sedikit sarang lebah di pohon sialang. Sisa sarang akan ditempati lebah madu kembali. Lilin dibuat dengan memanaskan sarang lebah. Setelah mencair akan terbentuk dua lapisan, lapisan atas adalah lilin dan lapisan bawah air.

Lilin yang dihasilkan harus disaring agar benar-benar bersih dari kotoran. Lilin yang dihasilkan bisa dibentuk sesuai dengan keinginan.
Kurohige410
nona212
b4perman
b4perman dan 2 lainnya memberi reputasi
3
543K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.