Food & Travel
Batal
KATEGORI
link has been copied
28
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6030b35febaa2a18176a6df2/ada-rencana-liburan-ke-bali-kalian-wajib-tahu-nama-orang-bali-berdasarkan-kasta
Nama orang bali berdasarkan kasta Nama orang bali berdasarkan kasta, orang bali sudah dikenal oleh masyarakat luas akan tetapi ada berbapa yang tidak akan mengetahui nama nama orang bali atau kasta yang ada, nah jika kalian berliburan ke Bali kalian akan mendengar atau yang mana nama orang Bali memiliki embel-embel seperti Gede, Made, Kadek atau Ketut, nah untuk nama-nama tersebut tidar terbatas p
Lapor Hansip
20-02-2021 13:59

Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta

Nama orang bali berdasarkan kasta


Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta

Nama orang bali berdasarkan kasta, orang bali sudah dikenal oleh masyarakat luas akan tetapi ada berbapa yang tidak akan mengetahui nama nama orang bali atau kasta yang ada, nah jika kalian berliburan ke Bali kalian akan mendengar atau yang mana nama orang Bali memiliki embel-embel seperti Gede, Made, Kadek atau Ketut, nah untuk nama-nama tersebut tidar terbatas pada laki-laki tetapi untuk wanita juga. Terkait penggunaan nama orang Bali yang mana saat kalian berlibur kr bali ada hal yang harus kalian perhatikan ialah pemakaian nama tersebut tidak sembarangan ya karena masyarakat Bali memiliki tradisi untuk setiap nama anaknya, sebelum itu ada 3 faktor yang memengaruhi sematan nama seseorang yakni kasta, jenis kelamin dan urutan kelahiran, nah berikut ini aku bagikan nama orang bali berdasarkan kasta sebagai berikut:

Nama orang bali berdasarkan kasta

Seperti halnya masyarakat Bali memiliki sistem kasta, nah sistem kasta ini adalah sistem dimana merupakan warisan secara turun temurun dari leluhur, nah sistem kasta ini ada 4 pembagian kata yang ada di sistem kemasyarakatan masyarakat Bali, nah berikut ini nama orang bali berdasarkan kasta:

Baca juga gan:



Kasta Brahmana

Kasta brahmana adalah kasta yang tertinggi, nah kalian harus ketahui bahwasanya pada zaman dahulu orang-orang yang kastanya brahmana bukanlah orang sembarangan, nah mereka itu menjadi seorang pemuka agama gitu atau bagian dari keluarga pemuka agama, yang mana orang-orang yang menyandang kasta brahmana ini mereka akan mengabdikan dirinya di dalam bidang spiritual seperti sullingih, pendeta dan lain sebagiannya nah kasta brahmana atau pemuka agama mereka adalah bagian dari kasta tertinggi di suatu desa, nah orang-orang yang menyandang kasta brahmana mereka tinggal di sebuah rumah yang di sebut dengan "Griya". Namun guys kondisi tersebut sudah berubah dalam artian-nya tidak semua orang-orang yang kastanya brahmana miliki profesi sebagai pemuka agama, perlu kalian ketahui juga kastanya brahmana tidak semua profesi nya sama menjadi seorang pemuka agama namun dia tetap enak karena tinggal di griya, kalau untuk yang laki-laki disebut dengan gus atau karena yang laki-laki tersebut Ida Bagus.

Kasta Kesatria

Nah kasta yang kedua adalah kasta kesatria yang mana kasta ini adalah di tujukan bagi orang-orang bangsawan atau anggota kerajaan, nah untuk orang-orang yang katanya kesatria mereka sama halnya dengan kasta brahmana yang mana tinggal di puri, nah untuk penggunaan nama untuk kasta kesatria adalah sebenarnya cukup banyak sih di antaranya seperti anak agung atau yang di singkat dengan "Gung", Cokorda biasanya masyarakat Bali memanggil nya dengan singkatnya yaitu "Cok", Desak, Gusti dan lain sebagiannya selain itu ada juga penyematan dengan nama "Dewa Ayu" dan "Dewa"


Kasta Waisya

Kasta yang ketiga yaitu ada kasta waisya nah kasta ini menyangkut orang-orang yang profesi nya sebagai pedagang, umumnya mereka di panggil dengan nama "Ngakan", "Sang" atau kompyang namun nama tersebut sudah jarang digunakan karena sudah di asimilasi dengan kasta sudra

Kasta Sudra

Guys kasta yang terakhir yaitu ada kasta sudra yang mana kasta ini adalah kasta yang paling rendah yang ada di sistem masyarakat Bali, berbeda dengan kasta lainnya yang mana tidak memiliki gelar, nah sebagai gantinya penamaan kasta sudra berdasarkan urutan kelahiran.

Urutan Kelahiran

Nah yang terakhir urutan kelahiran juga menjadi cara bagi masyarakat Bali, untuk menamakan anaknya yang mana anak pertama akan di panggil dengan nama Putu,Gede, atau Wayan dengan catatan orang-orang bangsawan cenderung memilih menggunakan nama Putu ketimbang Gede atau Wayan

Untuk anak yang kedua masyarakat Bali memberikan nama dengan nama Made, yang mana berasal dari istilah madya yang artinya adalah tengah, selai mengguakan Made utuk anak kedua biasanya selain Made ada juga yang menggunakan Kadek atau juga beberapa yang menggunakan nama Nengah juga

Sementara itu anak yang ketiga masyarakat Bali cenderung memberikan nama Nyoman atau komang tetapi cenderung banyak yang menggunakan komang buat anaknya yang ketiga. Nah sedangkan untuk anak ke empat biasanya menggunakan nama Ketut. Nah jika ada yang memiliki anak lebih dari 4 maka penamaan anaknya akan berulang lagi seperti awal.

Bagaimana Gan,Sis? Okey deh sampai diini Thread ini ya Gan,Sis, semoga bermanfaat buat Gan dan Sis ya, Gan sama Sis bisa sharing di komentar ya siapa tau ada yang pernah ke Bali bisa berbagi pengalamannya selama di Bali. sampai jumpa di Thread selanjutnya ya Gan n Sis

 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
20-02-2021 17:50
Waaah... Info yg menariQue Gan... Thx...
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
profile-picture
Ajun09 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
20-02-2021 18:39
Bodo amat. Paling juga gua panggil mas/mbak...
Diubah oleh jonkosek
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
20-02-2021 21:02
Ane tambahin lagi nih.

Nyari orang berkasta di bali agak susah apalagi bagi cewek yang berkasta brahmana.
Banyak kejadian temen cewek ane di bali itu suka sama cowok kasta rendah. Nah kalo cewek kasta tinggi nikah sama cowok kasta rendah, gelar cewek itu bakal ilang karena suaminya berkasta rendah dan otomatis cewekntersebut jadi kasta rendah sekalipun dia keturunan kasta brahmana. Sementara kalo cowok kasta bramana nikah sama cewek kasta rendah gak masalah. Karena cewek itu nanti bisa pake nama kasta suaminya nanti. Istilahnya si cewek nanti bakalan ikut cowoknya.

Ane kadang kasihan sama temen cewek ane disana, rata rata di jodohin sama keluarganya. Gak bisa milih jodohnya sendiri.

Kalo cowok mah bebas. Kastanya tinggi mau nikah sama cewek dari kasta apapun selow.
Nah kalo cewek ini, sebisa mungkin sama keluarganya harus nikah sama cowok yang berkasta juga.
Diubah oleh lapar.bang
profile-picture
profile-picture
DayatMadridista dan jazzcoustic memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
21-02-2021 06:36
Mantap gan, sedikit udah tahu, tapi lumayan menambah pengetahuan emoticon-Toast
profile-picture
Ajun09 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
21-02-2021 09:46
Nanti lah. Klo ad rezeki lebih
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
21-02-2021 15:46
Temen ane namanya tjok kukira keturunan tiongkok apa taiwan gitu, ternyata dari bali. emoticon-Hammer2
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
21-02-2021 15:58
Nice post
Mau ajak keluarga liburan kesana
Semoga diberikan rejeki dan kelancaran
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
21-02-2021 19:26
Hampir kaya di india juga ya gan,
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
28-02-2021 23:37
dulu ane belajarnnih kasta kasta sewaktu sd smp gan sis tapi skarang ane udah agak lupa deh untung aja diingetin lagi nih
0 0
0
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
05-03-2021 13:34
Informatif. Byk org² yg blm tau krn jarang juga punya teman org Bali yg bisa menceritakan secara gamblang.
0 0
0
Ada rencana liburan ke Bali? Kalian wajib tahu Nama orang bali berdasarkan kasta
28-03-2021 19:51
Terimakasih banyak infonya gan
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia