DianAhmadKaskusAvatar border
TS
DianAhmadKaskus
Nostalgia Jajanan Jadul Tempo Dulu, Bahagia itu Sederhana!


Assalamualaikum GanSist,

Ngomongin soal makanan jadul, makanan favorit yang belakangan makin susah didapat dan sebagian lagi sudah mulai punah. Ada kenangan tersendiri saat sesekali ketemu dengan jajanan ini, entah di pasar tradisional, di pusat perbelanjaan atau ketika dalam perjalanan. Seru, dan bisa melemparkan ane ke puluhan tahun silam, jaman ane masih bocah unyu-unyu.

Ada lho jajanan yang sampai saat ini masih tergambar jelas dalam ingatan, nikmatnya saat ane menyantap itu makanan jadul.Jajanan apa aja sih? Yuk, cekidot!

1.Grontol
Quote:

Jajanan jadul yang selalu ane minta setiap kali disuruh nemenin si mbah pas lagi ke pasar. Dikemas hanya dengan pincuk dari daun pisang, dan kalo untuk dibawa pulang biasanya nanti si mbok penjualnya akan membungkus, lalu menyematkan lidi sebagai penguncinya.

Rasa manis dan gurih kelapa yang ditaburi gula putih menggugah selera walaupun biji jagung yang digunakan adalah biji jagung setengah tua yang dikukus hingga mekar dan menjadi empuk.

Harga yang relatif murah, tapi bukan jajanan murahan. Sensasi nikmatnya susah digambarkan. Dan menjadi kenangan manis antara ane dan si mbah

2. Es Puter
Quote:

Anak jaman now mungkin lebih tertarik dengan es krim kemasan dengan brand dan varian yang beraneka rasa. Jaman ane mah gan, dijajanin es puter atau tung - tung aja udah jejingkrakan seneng bukan main.

Nostalgia yang tergiang-ngiange kalo denger suara tung-tung dan langsung berlarian keluar berebut agar dilayani paling duluan.

Nama es tung-tung, itu diambil dari suara khas mamang penjualnya, sedang pembuatan es ini sebenarnya dibuat dengan cara memutar-muat wadah esnya tadi, jadi di beber tempat disebut juga es puter.

Bahannya adalah air, gula dan santan yang dimasukkan ke dalam wadah, yang di sekelilingnya dibungkus dengan bongkahan balok es, yang dimasukkan ke dalam karung, menyelimuti sekeliling samping dari wadah bahan es tadi.

Proses pembuatannya bahan diaduk, sambil terus diputar dan lama kelamaan akan membeku. Untuk menjaga agar es yang menyelimuti disekeliling wadah tadi tahan lama, alias tidak gampang cair, es yang digunakan adalah es balok yang di pecah sedemikian rupa, lalu ditambahkan garam kasar. Naaah, garam ini yang berfungsi menjaga ketahanan es tadi agar tidak gampang mencair.

Cara penyajiannya juga unik, disendok sedikit demi sedikit memakai sendok yang dipipihkan, hingga menyerupai sekop kecil. Disajikan dengan corong atau roti tawar biasanya. Rasanya? Hmmm, nikmat dan gurih. Dan langsung lumer saat dijilat. Pernah nyobain?

3. Sekoteng
Quote:

Waaah, ini jajanan favorit di musim hujan pas lagi dingin-dinginnya. Satu rumpun dengan bajigur dan bandrek, tapi untuk sekoteng biasanya isiannya lebih banyak.

Jika bajigur adalah santan, gula merah dan kolang kaling, dan bandrek itu air jahe dan seruan kelapa, tapi sekoteng lebih "rame" lagi isinya.
Ada roti, biji mutiara, kolang kaling, kacang tanah sangrai dan juga susu dengan air jahe yang sudah pasti hangat.

Disajikan dalam mangkuk kecil yang dialas pisin, atau piring kecil. Dengan bunyi khas yaitu "ting-ting" yang berasal dari suara mangkuk yang dipukul menggunakan sendok untuk manggil para pembeli

Dinikmati bareng keluarga di teras depan rumah, waaah pasti seru!

4. Rambut Nenek
Quote:

sumber gambar

Jajanan yang sangat digemari pas jaman ane masih SD gan. Biasa mamangnya jualan di depan sekolah, kalo di kantin mah biasanya ngga ada yang jual ginian.

Rambut nenek ini olahan gula yang diberi sedikit tepung hingga menjadi serabut yang sedikit "kusut" tak beraturan, layaknya rambut nenek-nenek. Meski tak semua nenek-nenek rambutnya sekusut dan segimbal itu ya gan emoticon-Ngakak

Rambut nenek ini bukan seperti gula-gula kapas atau yang sering disebut catoon candy. Meski sama-sama terbuat dari gula yang dipanaskan, tapi hasil akhirnya berbeda. Rambut nenek lebih mempunyai tekstur yang menarik dan enak saat dimakan Gan, emoticon-Big Kiss

Dengan penyajian di atas selembar kertas yang dipotong petak atau dua lembar simping tawar, rambut nenek dimakan dengan cara dicubit sedikit demi sedikit emoticon-Cendol Gan

Sedap pokoknya! Jadi pengen ngerasain lagi jaman-jaman kejayaan dulu.

5. Gulali Cetak
Quote:

Satu lagi jajanan yang sudah mulai susah ditemukan nih, GanSist.
Masih dengan bahan dasar gula. Gulali ini dilelehkan dalam penggorengan kecil dengan kompor yang biasanya dibiarkan menyala dengan api paling kecil, supaya gula yang sudah meleleh akan tetap bisa dibentuk.

Bentuk yang ditawarkan juga banyak. Untuk Gulali cetak sendiri biasanya dijual dengan harga lebih murah, karena hanya mengambil sedikit adonan dan dibentuk dengan sebuah cetakan yang sudah ditepuk-tepuk oleh bantalan kain yang diisi oleh tepung. Dicetak, lalu jadilah.
Spoiler for gulali jadul:

Selain dicetak, penjual ini juga biasanya mempunyai skill dalam membentuk gulali menjadi bentuk yang lebih menarik, seperti burung, bunga, sikat gigi plus odolnya, dan trompet atau mungkin pipa cangklong? emoticon-Ngakak entahlah, yang ane tau semakin rumit pembuatannya, semakin mahal harga jualnya.

Oh hampir lupa, untuk burung atau trompet, biasanya bisa sekalian berbunyi tuh kalo pas ditiup. emoticon-Bukan IGO aahhh kenangan yang sangat menggelitik. Agan sista suka bentuk yang mana nih?

Sebahagia itu ane sebagai anak angkatan jadul. Kesenangan yang bisa dinikmati tidak hanya sendirian, tidak hanya di balik layar ponsel, tidak terjeda jarak dengan teman, tapi dengan nominal rupiah yang tak seberapa, senyum dan gelak tawa tercipta dengan begitu lepas.

Duhai anak jaman now, semoga suatu saat kalian bisa sebahagia kami, meski dengan jaman yang semakin canggih dan kondisi yang makin tak menentu ini.

Sekian ulasan jajanan jadul yang pernah ane nikmati saat masih piyik gansist. Adakah yang pernah tau atau sama paporitnya dengan jajanan ane. Silakan share bahagia versi kalian di kolom komentar ya.

Mohon maaf jika ada salah kata, jumpa lagi di trit ane selanjutnya.

Wassalamualaikum

Diubah oleh DianAhmadKaskus 21-02-2021 09:14
siapika
tien212700
gta007
gta007 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
6.3K
158
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.