yudhabetaAvatar border
TS
yudhabeta
[CATPER] Ora Nanjak Ora Kepenak - Gunung Slamet 3428 Mdpl


BISMILLAHHIRROHMANIRROHIM

Quote:



Yaps benar, kali ini saya muncul untuk menuliskan sebuah perjalanan / pendakian saya ke Gunung Slamet, Atapnya Jawa Tengah. Sebelum membaca ada baiknya baca perjalanan saya sebelumnya di bawah ini:



------------------------------------------------------------------------------------------------


*dokumenpribadi


"Tepat bulan februari 2021 dihari Jumat, hujan mengguyuri kota cikande & waktu menunjukan pukul 17:00 saatnya mematikan komputer dan siap - siap absen pulang kerja. Parkiran mobil sudah mulai sepi karyawan langsung gas melaju kerumah masing-masing mungkin karena besok sudah weekend dan berkumpul dengan keluarganya, sedangkan saya tetap melamun dengan nasib kesendirian emoticon-Frown (Oh tuhan ini tidak adil).

Perjalanan demi perjalanan menuju kota cilegon hujan masih membasahi jalanan, wiper mobil ku terus mengelapkan kaca mobilku dengan diiringi lagu melow Langit Sore. Kota cilegon adalah kota kelahiranku sebagai orang tua yang merantau dari pulau jawa tengah yakni Kebumen. bertahun tahun saya disekolahkan mulai dari SD sampai SMA. Karena kejenuhan yang selalu menetap dikandang yakni kota cilegon akhirnya mindset saya berpikir untuk melanjutkan ke perguruan tinggi diluar kota yakni Bandung. Bandung adalah kota wah bagi saya dulu sempat berpikir kalau di bandung akan enak ternyata saya ditempatkan bukan di bandung melainkan Jatinangor. (Loh kenapa malah cerita begini wkwkwemoticon-Thinking )



Nah sedikit dari cerita diatas kalau saya sangat rindu jawa tengah tempat almarhum bapakku dilahirkan, tiap tahun bertepatan hari raya keluargaku selalu pulang kampung, tapi kondisi orangtua yang sudah tidak ada lagi suasana di jawa kampung halaman rumah ayahku tak seramai dulu. emoticon-Embarrassment

Sempat diumur sekitar 14 tahun waktu itu saya masih SMP ayahku pernah mengajak ke suatu kota tidak jauh dari kebumen yaitu purwokerto disana terdapat saudara dari keluarga orangtua ayahku, suasana yang sejuk dan tenang mungkin sekarang tetap sama hanya sedikit perbedaan saja. Rumah saudaraku ini terlihat gunung yang indah dan masih hijau nan asri tak banyak orang yang menaikinya kalau sekarang sudah banyak yang berdatangan. Ayahku pernah berpesan "Lek kalau sudah berumur atau sudah dewasa kamu kudu bisa nanjak ke gunung itu karena itu gunung tertinggi pulau jawa tengah, Meski ayah belum pernah tapi anakku ini harus bisa kesana." Alhamdulliah melalui thread ini saya menceritakan perjalanan saya ke gunung slamet.

Ok kita lanjut, sampai tibalah di rumah setelah seharian kerja dengan penuh tekanan dari atasan, 2 hari pun cukup untuk istirahat dirumah. Seharian saya habiskan untuk menscroll instagram demi melihat konten gunung. Entah ada angin apa tiba-tiba ku membuka akun explore gunung disitu ada wanita asal tegal di profilnya memaki topi hitam akhirnya ku buka akun wanita yang bernama anna jennyta kalau tidak salah.
di akun dia membuat story mengajak pendakian gunung slamet dengan estimasi 2 hari yakni di tanggal 12-13 Februari 2021 bertepatan sekali dengan hari libur.

Saya pun langsung kirim pesan privat di IG mba anna, Pesan percakapannya:
Quote:


Tanggal 11 Februari 2021, saya mencoba menghubungi atasan ku untuk minta cuti karena ada keperluan mendadak (padahal mau nanjakemoticon-Ngakak (S)) akhirnya disetubuhi eh maksdnya di setujui. Pukul 13:00 saya mulai cepat-cepat packing kali ini saya menggunakan daypack bukan carriel karena dimusim hujan begini saya tidak mau banyak ribet dan juga musim pandemi malu jika saya berpergian jauh padahal pemerintah memerintahkan untuk tetap stayhome apalagi perusahaan tidak boleh keluar kota tapi saya tetap melanggarnya emoticon-Ngakak (S).
Pukul 15:45 saya dianter oleh kakakku kedepan menuju terminal bayangan. Cuaca yang tidak mendung bahkan tidak cerah saya tetap melaju ke arah terminal kp. rambutan untuk transit menuju kota tegal.



Alhamdullilah selama perjalanan tidak terlalu macet bahkan berjam-jam hanya sedikit ada perbaikan jalan yang menyebabkan jalan menyempit tapi itu tidak memakan waktu lama.




Quote:


Matahari sudah menunjukan eksistensinya di kota tegal, mba ana mengajak saya ke pemandian air panas untuk menghangatkan badan. Dugaanku benar tempat yang enak ditambah air yang hangat ini yang orang-orang akan betah.
Saya pun sempat mengambil dokumentasinya untuk keperluan catatan ini:
Spoiler for Pemandian Guci:


Dulu saya merasa takut jika bepergian jauh tapi karena kedewasaan dan bisa mengontrol ego maka kesendrian ini membuatku mengenal diri ku, Bagaimana untuk memperlakukan orang dengan baik meski itu tidak mudah dan bisa saja orang tak melihat kita bagaimana, tapi bagaimana kita memberikan kebaikan kepada orang lain, insyaallah kita akan baik baik saja.

Rencana pendakian dimulai jam 9 pagi, masih ada waktu satu jam untuk mempersiapkan mental, perut dan lainnya agar stamina tetap fit.
Tidak butuh waktu lama saya dan lainnya tidak lupa untuk berdoa sebelum nanjak.
dalam perjalanan ada temanku yang super gendut dia membawa carriel yang begitu berat terpaksa saya menawarkan diri untuk tuker tas kebetulan saya membawa daypack rencana sih untung-untung ada cewe yang ga kuat tapi dugaanku salah ternyata cowo gendut yang kelelahan. nasib nasib emoticon-Ngakak (S)


Kita melewati jembatan dengan disuguhi pemandangan air terjun yang cantik, jangan salah ini tempat angker kalau sudah mulai gelap atau bertepatan maghrib. Temanku salah satunya dia cewe kesurupan alhasil menjerit jerit menakutkan untungnya ada yang bisa mengeluarkan makhlus alus di dalam tubuhnya.



Quote:




Quote:




Quote:


Quote:


Waktu menunjukan 14:23 ini harus cepat-cepat sampai pos 4 tempat Camp terakhir, ga mungkin kalau camp di pos 5 keburu malam dan cuaca sudah gelap menandakan hujan akan tiba. Sampai di pondok aragoon kalau tidak salah, pukul 4:02 menunjukan waktunya untuk bergegas cepat, dengan di sambut hujan rintik - rintik. Sampailah di Pos 4 hujan sudah mulai besar sayapun panik sangat panik karena petir menyambutku dengan kerasnya.
Pasang tenda dengan berhujan hujan, lengkap dengan dinginnya suasana gunung pikiran sudah tidak tahu kemana, tenda dan tas sudah mulai kebasahan semua terasa ingin pulang keruma dan bisa rebahan dengan tenang.
Tapi satu sisi sudah jauh-jauh masa menyerah dengan keadaan, bagaimana nasib puncak yang terlihat jelas di pos 4. Oh tidak saya harus tetap tenang dan bisa melakukan dengan baik.
Akhirnya semua terpasang kecuali tas, sepatu saya taruh diluar entah bagaimana bentuknya lagi yang penting tubuhku bisa di hangatkan terlebih dahulu agar tidak kena hypo.
Sudah menunjukan waktu malam hujan makin deras dan petir makin kencang lalu saya  tersadar jika saya belum sholat maghrib dan isya.Mencoba untuk bangun sepertinya terasa mager untuk melakukannya, tapi satu sisi berdosa jika tidak melakukan kewajiban sebagai muslim. Dengan niiat tayamum dan niat lillah akhirnya semua kewajiban sudah dilaksanakan maka dilanjutkan kembali tidur.

Alhamdullilah masih diberikan nafas untuk menghirup pegunungan gunung slamet, cuaca yang cerah baju, tas, sepatu dan lainnya basah karena kehujanan. Semua di jejerkan untuk di jemur untung-untung semuanya kering agar bisa dipakai kembali.
Perut ini terasa lapar sungguh lapar dibuatnya penuh drama karena kehujanan.

Satu jam setelah menyelesaikan makan dan beres-beres, Sekitar jam 9:00 pagi saya berniat  muncak, cuaca mendukung untuk tetap muncak. Estimas waktu pos 4 ke puncak kurang lebih 4 jam karena tracknya bebatuan yang sulit untuk atur nafas benar-benar menguras tenaga. Ini niat dan sudah jauh-jauh dari cilegon apalagi pesan ayah untuk bisa sampai puncak gunung slamet harus dilaksanakan.

Sampailah puncak sekiat jam 11:23 pemandangan yang keren dan tidak ada badai apalagi cuaca tidak panas jadi bisa berlama-lama di puncak.
Alhamdullilah beberapa dokumentasi saya ambil.

Spoiler for Puncak:




SALAM INDONESIA

Terima Kasih sudah membaca catatan perjalanan saya
Mohon maaf jika banyak kekurangan dalam membuat catatan perjalanan
Masih banyak yang belum saya daki diantaranya sumbing, sindoro argopurodan andong sementara itu dulu.
Untuk Trip Kerinci belum ada rencana.

Sekali lagi terima kasih
Follow Ig: @yudhabeta


Diubah oleh yudhabeta 20-02-2021 08:38
nurwaati
pejalansantai
l4uts3latan
l4uts3latan dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Catatan Perjalanan OANC
Catatan Perjalanan OANC
icon
1.9KThread1.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.