CahayahalimahAvatar border
TS
Cahayahalimah
Performa Tetap Maksimal untuk Touring atau Pemakai Harian Bersama R15, Ini Tipsnya!
Yamaha Selalu di Hati



Sekitar tahun 2005 saya membeli motor pertama atas kerja keras, kenang-kenangan sebagai hasil usaha, pada tahun tersebut sedikit sekali wanita yang berkendara roda dua ini.


Bahkan saat berada di jalan raya, para pemotor lain ketika tahu yang mengendarainya wanita, mereka lebih sopan, lain hal dengan 7 tahun kemudian, saat para wanita banyak di jalan, para pengendara lain tidak membedakan lagi, mana pengemudi pria atau wanita.


Sudah pasti pilihan motor saya bukan matic, entah kenapa dari awal matic diluncurkan saya kurang tertarik, lebih menyukai motor cowok.

Spoiler for :


Adik-adik saya pun, terutama si bungsu sudah beberapa kali mempunyai motor idaman, salah satunya motor sport keluaran dari Yamaha, dengan tipe R15.


Siapa pun yang mengendarai motor tersebut begitu terlihat macho bagi saya pribadi, mata tidak ingin berkedip, rasanya ingin sekali berada di motor tersebut.


Meskipun motor R15 ini kurang mumpuni untuk berbonceng, jok belakangnya begitu kecil, sepertinya memang cocok buat mengendarai sendiri. Andai saja ada model kecilnya, biar bisa dipakai oleh wanita yang tingginya cuma 1,5 meter saja.emoticon-Malu (S)


Adik membeli motor R15 ini sekitar tahun 2015 akhir, menjelang 2016, kurang lebih sudah 5 tahun bersamanya, dan sudah 10 kali modifikasi, dari velg, knalpot, dan lain sebagainya.

Spoiler for :


Saya tidak begitu detail menanyakan apa saja yang dimodif sampai 10 kali, dari berbagai sumber yang saya cari, agar performa motor R15 kaskuser lebih responsif, sebenarnya hanya cukup perhatikan 4 item, agar performa R15 maksimal.

Spoiler for :


Adik saya tidak pernah melakukan balapan, tetapi sering touringdengan motor tersebut, kebetulan dia juga bergabung dengan komunitas motor yamaha R15 tersebut.

Spoiler for :


Touringyang pernah adik saya lakukan Jakarta-Puncak, Jakarta-Bandung, Jakarta-Bogor, Jakarta-Cilebut, sudah pasti perjalanan yang jauh apalagi memakai kendaraan roda dua, harus selalu dijaga performanya, meminimalisir mogok di jalan, dan kendala mesin lainnya.

Spoiler for :


Selain untuk touring, adik saya pun memakainya untuk keseharian aktivitasnya. Biar performa tetap oke meskipun dipakai harian, dan saat touringyaitu:


šŸ‘‰ Hal yang pertama dilakukan sudah pasti setiap hari harus dipanaskan, meskipun tidak dipakai, berhubung adik memakainya setiap hari, sebelum dipakai, dipanaskan terlebih dahulu.


šŸ‘‰ Untuk servis bulanan, adik memercayakan ke bengkel resmi Yamaha yang ada di Jakarta Selatan, karena letaknya tidak begitu jauh dari rumah.


šŸ‘‰ Ganti oli sudah pasti harus tiap bulan, oli yang dipercayakan yaitu oli Yamal*be, bahan bakarnya pun Pertamax.


šŸ‘‰ Biar body tetap kinclong dan tidak mudah berkarat, bersihkan motor sehabis digunakan, terlebih sehabis terkena air hujan.


šŸ‘‰
Pastikan sparepart ori, biar mahal sedikit lebih awet dari pada yang kw.


Spoiler for :


Sebenarnya kalau motor bisa lakukan servis sendiri di rumah, seperti suami saya, beli onderdil di market place online, lalu bongkar pasang, belajar dari channel youtube, biaya jauh lebih murah, dapat barang ori dengan harga yang begitu terjangkau, pun hemat biaya montirnya.




Jakarta, 12:17
Selasa, 16 Februari 2021



Terimakasih yang sudah membaca


emoticon-terimakasihemoticon-terimakasihemoticon-terimakasih


Keep smile and istiqamah.


Kalau saya keder dalam menarasikan, tolong beri saran dan kritik dengan cara yang sopan.
emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2emoticon-Shakehand2


Opini pribadi, referensi adik, dok pribadi adik, sudah dipublikasikan di medsos, referensi lain sini, kompas.com





Spoiler for klik gambarnya untuk ikutan eventnya:
Diubah oleh Cahayahalimah 18-02-2021 08:50
Rainbow555
eyefirst2
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2K
150
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Yamaha R15 Kaskus Rider Community (R15ER)
Yamaha R15 Kaskus Rider Community (R15ER)
189Threadā€¢1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.