Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
37
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602f7ad080e52546f51dab09/aku-harus-bagaimana-hidup-sebatang-kara-amp-dihina-tetangga-karena-miskin
NOTE: Kisah Nyata dari rekan kerja TS kutilkuda. Fakta. More Info DM aja Satu tahun ini aku hidup sebatang kara di rumah ini. Ayahku meninggal dua tahun lalu karena penyakit tulang belakang yang menyebabkan kelumpuhan total dalam waktu satu bulan. Ibuku meninggal dunia di awal tahun lalu karena stroke yang menyerangnya untuk kedua kalinya. Kematian kedua orang tuaku ternyata membawa kisah hidupku
Lapor Hansip
19-02-2021 15:46

Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin

icon-verified-thread
NOTE: Kisah Nyata dari rekan kerja TS kutilkuda. Fakta. More Info DM aja

Satu tahun ini aku hidup sebatang kara di rumah ini. Ayahku meninggal dua tahun lalu karena penyakit tulang belakang yang menyebabkan kelumpuhan total dalam waktu satu bulan. Ibuku meninggal dunia di awal tahun lalu karena stroke yang menyerangnya untuk kedua kalinya. Kematian kedua orang tuaku ternyata membawa kisah hidupku menjadi semakin buruk karena aku memasuki kondisi dimana aku hidup sebatang kara di dunia ini.

Aku adalah anak pertama dari dua bersaudara. Aku saat ini 27 tahun dan adekku meninggal dunia saat ia masih duduk dibangku SD. Ia meninggal karena kecelakaan yang menimpa rombongan anak sekolah dasar yang berangkat piknik ke Malang di tahun 2008. Kematian adekku membawa suatu kesedihan besar dalam kisah hidup ayah dan ibuku. Tetapi saat ini, aku yang merasakan kepahitan karena harus menghadapi realita bahwa ayah dan ibu juga menyusul adek ke pangkuan Sang Pencipta. 

Dalam kondisi yang penuh dengan sepi dan kesedihan ini, ditambah masa covid yang memaksa kita untuk tetap tinggal di rumah membuat ku semakin merasa dunia ini benar benar hancur dan tidak ada rasa bahagia sama sekali. Jujur keuangan ku juga mengalami kehancuran setelah ibu meninggal. 

Setelah ibu meninggal, saudara dari ibu menggugat tanah tempat tinggal kami dengan alasan sudah dijual ke pemilik toko besi dengan surat sertifikat resmi. Entah bagaimana kisahnya ia bisa mendapatkan surat sertifikat itu dan secara jelas bahwa rumah kami sudah diambil alih pemilik toko itu. Ia berkata bahwa ayah sudah menandatangani perjanjian bisnis bahwa ketika kedua orang tua meninggal, maka rumah ini milik toko besi. Ternyata ada hutang dari orang tuaku dan rumah ini sebagai jaminannya. 

Akhirnya di bulan puasa 2020, aku pergi dari rumah yang kami tempati selama 13 tahun terakhir. Hilang semua kenangan kisah remaja dan kebahagiaan bersama ayah dan ibu di rumah itu. Aku pun mencari kost di kota dekat tempat ku bekerja. Aku bekerja sebagai karyawan swasta di suatu perusahaan di kota. Aku tidak punya tabungan sama sekali. Uang ku habis untuk pengobatan ayah dan ibu selama mereka hidup. Dan akhirnya aku hidup mengandalkan gaji ku tiap bulannya demi bisa memenuhi kebutuhan sehari hari. 

Disaat kondisi berat dan berduka karena hidup sendiri, akupun diputuskan pacarku. Ia seorang gadis yang berusia satu tahun lebih tua dariku. Ia bekerja sebagai staff di satu bank swasta. Tetapi ia malah meninggalkanku disaat aku memulai hidup sendiri sebatang kara dan tidak punya apa apa. Aku terima kenyataan pahit ini dan menjalani hidupku apa adanya. Motor kujual, handphone ku jual dan komputer juga ku jual demi bisa mencukupi kebutuhan hidupku. Apalagi kondisi covid ini membuat gajiku dipotong 50%. Benar benar menyakitkan hatiku. Rasa nya hidup seperti jatuh ke dalam jurang. 

Nah karena aku tidak bisa membayar kost, aku pulang ke rumah nenekku yang berjarak 50 km lebih dari kota. Aku naik bus trans dengan biaya murah untuk PP kerja. Rumah nenekku berada di desa, rumah tua dan tidak ada yang menempati. Awalnya aku tidak menempati rumah itu karena saudara saudara ayah masih merebutkan rumah itu. Tetapi tidak ada keputusan hingga 10 tahun setelah nenek dan kakek meninggal hingga rumah ini menjadi kosong dan layaknya rumah hantu. Saudara ayah semua merantau, baik di Kalimantan, Jakarta dan Surabaya. Tidak ada saudara di desa ataupun di kecamatan ini. Daripada aku tidak bisa membayar kost, maka kuputuskan pulang ke kampung agar lebih hemat dan ada tempat tinggal. Meski sudah reyot, kayunya tua dan dinding kusam, aku tetap merawat rumah itu.

Ternyata masalah muncul kembali. Menyakitkan hati dan membuat ingin berontak. Tetangga sebelah rumah ku itu seorang yang bisa dibilang kaya. Ia bekerja sebagai PNS di kantor pemerintahan. Anaknya pertama sudah menikah dengan seorang "berseragam", anak kedua juga sudah menikah dengan dokter di Jakarta, sedangkan anak ketiga seumuran denganku. Anaknya bekerja di Jakarta juga sebagai pegawai kantoran. 

Awalnya biasa saja, tetapi sering ia ngobrol dan memamerkan kesuksesan anaknya. Tetapi aku menanggapi dengan positif. Mungkin ia terlalu bangga dengan anaknya. Tetapi makin kesini makin menjadi. Kemarin senin, sepulang kerja ada mobil diparkir depan pintu masuk rumahku. Mobil HRV warna hitam. 

Saat aku pulang, bapak itu keluar dan berkata:

"waduh maaf ya mas mobilnya nutupin ya. bentar biar calon mantu saya majukan mobilnya"

aku menjawab," oh iya pak, tidak apa apa. Mobilnya bersih sekali pak, rajin dibersihkan ya". 

Aku berkata seperti itu untuk basa basi saja sih. Tetapi dengan PD nya bapak ini menjawab:

"iya mas, ini mobilnya mahal 100 juta lebih, mas pasti gak bisa beli. Ini mobil calon mantu saya, kerjanya di pertambangan mas, Gajinya gede dan sukses. Seumur mas kan ya.. beda gak kayak mas".

Dua hari setelahnya, ia membeli ayam banyak sekali dan berkehendak membuat peternakan kecil. Tetapi karena rumah nenekku tua dan tidak bagus, tidak ada pagar, dengan mantapnya ia letakkan ayam ayam itu menempel di dinding rumahku. Ia berkata," mas, kan rumah ini rumah nenek, dan ini juga tanah masih bersama, jadi saya taruh ayam ayam saya di sini ya nempel dekat rumah nenek, hanya 2 meter ke belakang kok".

Aku menjawab," e tapi nanti kotor tidak ya pak?"

baru satu kalimat menjawab, tetapi istrinya langsung menyambar dengan amarah besar. "Sudah nebeng sok bersih lagi.. Heh kamu ini jaka tua, gak laku, miskin lagi. Selama ini rumah ini saya yang jagain dari kamar saya. Keluarga mu juga gak berisik selama ini. Setelah kamu dateng aja sok sok an dibatasi, sok sok an bersih. Makan aja susah kan kamu..."

Aku hanya terdiam dan menjawab dengan tenaga yang tidak kuat," tidak usah ngegas bu, saya paham kok kondisi saya". Aku langsung masuk ke rumah dan tidak peduli lagi apa yang mereka katakan. Ayam-ayam itu pun dipasang nempel dengan dinding, ditambah bau dan berisik yang tidak terkendali setiap waktu. Pintu terbuka saja baunya tidak tertahankan. Bau kotoran ayam. Bayangkan saat ada mobil ayam potong, baunya saja tidak enak kan. Nah ini, nempel di dinding kayu rumah nenek. Aku benar benar tidak tau harus bagaimana. Foto rumah nenekku mirip mirip seperti foto rumah ini (gambar). 
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin

Semenjak itu ia selalu menggunjingkan aku dengan ibu ibu lainnya. Dibilang tidak ada jodoh, banyak utang, miskin, gagal dan dikira sakit jiwa karena tiap malam ngomong sendiri. padahal aku sedang telpon dengan teman teman kuliah ku dulu untuk memecah kesepianku.

Rasanya seketika drop dalam pikiran. Sebegitunya kah hidup di desa. Miskin dihina dan tidak dihargai. Apa karena aku yang terlalu baper atau memang mereka yang tidak mengharga keberadaanku. Jujur aku merasa sangat rendah diri dan gagal dalam hidup.

Semoga saja gajiku bisa kembali 100% dan syukur syukur ada kenaikan, supaya aku bisa kost dan pergi dari sini.  Aku sudah sangat lelah dengan hidupku. Usia 28 tahun di 2021 ini, tapi masih gak punya apa apa. Dihina dan tidak dianggap. Ingin pergi tapi pergi kemana. Hidup sendiri dan sebatang kara, tidak ada yang membela dan melindungi. 

Menurut teman teman kaskusers semua, apa yang harus kuperbuat menghadapi kondisi ini? 

Terimasih. 

Dimas, jawa tengah.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
inginmenghilang dan 11 lainnya memberi reputasi
12
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
19-02-2021 17:41
Wadew berat ya dimas, tapi kamu kudu berusaha, kerja apa saja yang penting dapat uang dulu, ikut jadi kuli atau tukang, diawali dengan bismilah, setelah itu berfikir ya, kamu punya kemampuan. Dengan uang yang kamu dapat kamu kudu lebih giat.
profile-picture
bonita71 memberi reputasi
1 0
1
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
19-02-2021 19:29
Semangat mas.....
Km org yg terpilih...
Ingat tuhan tdk menguji hamba nya melampui batas kemampuannya....
Jika km di beri ujian sprti itu yakin km pasti mampu mnjalaninya....
Tetap sabar meski sulit....
Semoga stlhny di beri kemudahan.....
profile-picture
bonita71 memberi reputasi
1 0
1
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
19-02-2021 21:52
Tetep baik aja sm mereka bray.....mau ngehina atw apalah
Tetep baik saat mereka gak baik
Itu kelas tersendiri brayy
Semanguuuuuuuuuuuuuuuudddddddddd


0 0
0
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
19-02-2021 22:10
Kalo ane jdi agan sblum pergi dri rumah itu, ane lepasin tuh ayam2 nya.dari kandang..
Pesan ane mskipun agan mrsa miskin stdaknya punya lah harga diri msa kya gtu klah ,bilang ama tuh ttngga" hati2 klo yg ngehina saya bisa2 nular lo miskinnya"
profile-picture
bonita71 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
19-02-2021 22:35
Mendatangi Kyai atau Ulama, biar mendapatkan wejangan pencerahan, mungkin bisa membantu mengurangi rasa keterpurukan dan lebih bersemangat dalam hidup.
0 0
0
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
19-02-2021 22:36
Berat eui, berat. Jangan lupa berdoa sembari berjuang Gan. Semoga ente diberikan Kemudahan dalam urusannya, Aamiin.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
19-02-2021 23:49
adek sampeyan yang dulu rombongan anak sd wisata ke malang kecelakaan bus itu ya ?!..

nanti kalau bisnis ikan export jalan lagi masuk deh ke tempat gw , ada kerjaan buat sampeyan , tempat tinggal bisa nebeng di gudang ikan banyak ruang kosong bisa sampeyan pake
Diubah oleh vigojinggo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Ekism77 dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 00:12
Semangat agan .. selalu sholat dan berdoa dan berusaha yaa (klo agan muslim) .. jgn menyerah emoticon-2 Jempol
0 0
0
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 00:56
Setiap manusia pasti akan mengalami masa masa berat dalam.kehidupan...sabar aja mas,jalani tanpa mengeluh..Insya Allah akan ada kehidupan yg lebih baik di masa mendatang
profile-picture
wahd2002g memberi reputasi
1 0
1
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 02:18
Tetap semangat gan... Mungkin itu proses agan menuju kesuksesan. Sabar az gan.. Banyakin ibadah ma berdoa ma yang diatas..moga az dalam waktu dekat hidup agan berubah 180°... Amien yra
profile-picture
kutilkuda1202 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 09:33
Pertama walau itu tanah warisan tolong dijaga, percaya deh...harus tegas...kasih patok yg jelas antara rumah nenek dgn tetangga, banyak kejadian yg maen sikat tanah orang...PERCAYALAH!!!!
SOAL KAGAK ADA DUIT, YA KERJA USAHA DAN DOA....
profile-picture
profile-picture
bonita71 dan pulaukapok memberi reputasi
2 0
2
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 09:56
Tetap semangat mas, yg usia 28 jobless juga ada
0 0
0
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 10:34
Allah SWT tidak pernah memberikan beban di luar kemampuan hambanya.
Jadi sepanjang kita masih tetap istiqomah dan tetap berusaha...mudah2an semua akan indah akhirnya...krn kita tidak pernah tahu akhir semua takdir dr sang maha pencipta.
Yakin dan berusaha semampunya serta sandarkan semua beban mu kepada sang pencipta maka tidak ada satupun yang ada di dunia ini yang bisa menghalangi takdirnya.
0 0
0
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 11:12
Ane pernah nonton film animasi berjudul Soul (2020) sangat keren untuk motivasi hidup. emoticon-Jempol
0 0
0
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 11:27
Hidup ini cuman sekali, merem saja!! Berusaha sekeras mungkin, dan jangan lupa berdoa.
0 0
0
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 11:46
jangan putus asa,ttp ibadah..yakin lah ada jalan kluar..ane ikut doa in gan biar cpt sukses emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 12:08
Jgn terlalu di pikirkan gan, mending sibukkan diri agan dgn aktifitas yg positif daripada hanya sibuk memikirkan apa yg orang lain katakan. Hidup hanya sekali dan sementara, apa yg mereka raih bs jd hanya titipan didunia. Jgn sedih n jgn putus asa, harapan keluarga agan yg sudah mendahului ada ditangan ente seorang.
profile-picture
bonita71 memberi reputasi
1 0
1
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 15:35
Bro ada saatnya lu angkat semua yang lo punya trus lu hentakkan semuanya ke lantai. Karena kalau ga gitu hidup ga bisa berubah. Jual semua yang lo punya trus pergi ke kota yang 🍺 sama sekali trus gambling aja dengan hidup. Alias ngerantau. Dengan dikota dimana ga kenal sama sekali. Cari aja kerjaan apa aja. Harus berani bro.

Kalau istilahnya lo pencet tombol riset. Ini biasa terjadi. Kita ga tau perjalanan hidup.
Diubah oleh aditcj123
profile-picture
bonita71 memberi reputasi
1 0
1
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 15:38
Semangat terus Mas.. selama masih ada pemasukan, jalani dulu aja untuk sementara waktu..

dan coba tanya² temen² nya.. siapa tau ada info terkait pemasukan tambahan..

kuatkan mental dan doa nya.. mudah²an ada jalan..
0 0
0
Aku harus bagaimana? Hidup Sebatang Kara & Dihina Tetangga Karena Miskin
20-02-2021 15:41
Entahlah om emoticon-Traveller
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
bastard-hotelier
Stories from the Heart
sandal-overpower
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Stories from the Heart
diary-with-bipolar-disorder
Stories from the Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia