• Beranda
  • ...
  • Inspirasi
  • Masih Nganggur Meski Sudah Banting Tulang Cari Kerja? 4 Hal Ini Wajib Agan Evaluasi!

agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Masih Nganggur Meski Sudah Banting Tulang Cari Kerja? 4 Hal Ini Wajib Agan Evaluasi!


Hallo Agan Sista, khususnya bagi agan sista yang saat ini sedang sangat berusaha mendapatkan pekerjaan, semangat ya!

Thread kali ini ane ingin sedikit berbagi tips "dapat kerja" versi ane. Kok bisa-bisanya ngasih tips? Meski sedikit, setidaknya ane punya pengalaman beberapa tahun mengenai masalah perekrutan (hingga sekarang). Bolehlah ya ane sharing? Kalopun agan sista punya pengalaman berbeda, sangat boleh untuk disampaikan di kolom komentar.

Quote:


Pertanyaan ini selalu ane gunakanpun untuk poin-poin selanjutnya.

:welcome

A. Periksa Curriculum Vitae Agan!




Sering ane melihat Curriculum Vitae (CV) yang sangat jauh dari kata informatif. Begitupun sebaliknya, terlalu banyak informasi sampai-sampai bikin malas yang mau baca.

Sebagai manusia overthinking, waktu ane masih di posisi pencari kerja dulu, ane selalu memosisikan diri sebagai pemberi kerja ketika hendak melampirkan CV. Seandainya ane jadi "tukang nyaring cv"yang sudah kadung menumpuk di meja kerja, CV mana yang ane pilih ya?

Jujur, capek kalo misal baca CV yang isinya penuh dengan huruf. Iya kalo misal yang meriksa CV moodnya lagi bagus untuk baca satu-satu informasi CV tersebut, nah kalau misal yang baca udah keburu capek karena jobdesk yang lain? Alhasil banyak informasi yang mungkin seharusnya membuat kita kepilih lalu gak kepilih (karena gak ke baca).

Tapi jangan juga sampe terlalu minimalis ya gan, sampai-sampai informasi yang seharusnya dicantumkan malah tidak dicantumkan,

Spoiler for berikut CV yang menurut ane cocok untuk dijadikan panduan.:


Usahakan agar CV cukup selembar, andaipun banyak nih pengalaman organisasi, ataupun pengalaman kerja, atau bahkan prestasinya. Cukup pilih yang berhubungan erat dengan pekerjaan yang dilamar. (Jangan malas edit/menyesuaikan CV, kalau sekedar menyesuaikan CV aja kaga mau, gimana kerjanya bisa dijamin bagus.)

Adapun saran tambahan lagi dari ane adalah, usahakan CV nya punya 2 versi bahasa. Bahasa Inggris, kemudian Bahasa Indonesia. Anggap aja wanti-wanti ada PT yang kebetulan agan lamar, tapi bagian yang nyaring CV nya kaga expert in english.

B. Pelajari Perusahaan yang Ingin Di Lamar!



Ngaku nih Gan Sist, saking depresinya kelamaan nganggur atau hanya sekedar malas, gak jarang beberapa pelamar asal masukkin lamaran saja ke perusahaan yang di lamar (asal gaji, dan jobdesk sesuai dengan kompetensi kita). Alhasil ketika di telpon, gak jarang bahkan lupa bahwa udah melamar di perusahaan A.

Dari sudut pandang pemberi lowongan, mereka akan dengan mudah mengetahui keseriusan agan darisini. Kalau agan memang serius, agan pasti tahu (minimal  semua informasi tentang perusahaan yang tersebar di internet), sekalipun tidak, agan seharusnya tahu bidang pekerjaan perusahaan yang agan lamar. Menyepelekan hal ini, biasanya membuat agan kesusahan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari user. Itupun jika agan sempat lolos pada saat penyaringan CV.


C. Percaya Diri Ketika Wawancara



Ada juga nih yang CV nya udah bagus, pengetahuan akan perusahaan yang dilamar juga bagus. Eh tapi pas lagi duduk di depan pewawancara jadi nge-blank saking gugup dan gak percaya diri.

Dear Agan/Sista, Kalau misal agan/sista aja gak percaya ama diri sendiri, lantas kenapa orang lain harus percaya ama diri agan/sista?

Kepercayaan diri itu bisa dibuat, dengan cara mempersiapkan diri sebaik mungkin dan mulai mencintai diri sendiri. Kendati apapun tidak boleh dilakukan terlalu berlebihan, terlalu berlebihan percaya diri juga kadang membuat seseorang terlihat sombong, menggurui, dan tidak mau menerima pendapat.


D. Tinggalkan Kesan Mendalam Ketika Mendapatkan Kesempatan Wawancara


Sebagai serangan terakhir nih Gan, tinggalkan kesan mendalam ke si pewawancara. Bagaimana agan menjawab pertanyaan, dan menyampaikan jawaban tersebut tentu merupakan kunci untuk meninggalkan kesan yang baik. Katakanlah ada 1000 pelamar untuk 1 lowongan kerja, pertanyaan paling umum yang sering ditanyakan secara to the pointoleh pewawancara adalah "Kenapa kami harus memilih kamu, ketimbang orang-orang lain yang juga mengantri untuk pekerjaan ini?" Jawabannya tentu akan sangat beragam, dan sangat bergantung pada posisi dan perusahaan yang dilamar. Kuncinya adalah fokuskan jawaban agan untuk menunjukkan sisi kreatif dan kelebihan agan dalam memecahkan suatu masalah. 

Misal agan adalah seorang ahli di bidang IT yang sedang melamar di Perusahaan ES E N S O Rmerce, berikan kritik yang santun terkait eS E N S O Rmerce tersebut, dan berikan saran yang dapat anda beri dan terapkan jika diterima bekerja di perusahaan tersebut.

Selamat mencoba, dan selalu evaluasi diri sendiri ya Gan Sist!
Semoga ada manfaatnya
:welcome

Referensi : Opini dan Pengalaman Pribadi

Gambar : Google

Diubah oleh agungdar2494 18-02-2021 14:56
tien212700
kaskusaziz
NovellaHikmiHas
NovellaHikmiHas dan 15 lainnya memberi reputasi
16
6K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Inspirasi
Inspirasi
icon
10.5KThread6.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.