• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Akibat Naik Motor Ugal-ugalan Tak Tahu Aturan di Jalan, Remaja Ini Nyebur ke Empang!

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Akibat Naik Motor Ugal-ugalan Tak Tahu Aturan di Jalan, Remaja Ini Nyebur ke Empang!

Ugal-ugalan membawa petaka, remaja ini jatuh terperosok ke empang saat standing motor di jalan raya!


Menjadi seorang pengendara kendaraan baik itu kendaraan roda dua, roda tiga, ataupun juga roda empat, berbuat bijak adalah sebuah keharusan bagi semua orang.
Menurut ane, pengemudi kendaraan belum dapat dikatakan bijak saat mereka belum paham akan pentingnya keselamatan diri sendiri dan juga orang-orang sekitar!

Adapun cara untuk menjadi pengemudi kendaraan yang baik serta bijak yaitu dengan mematuhi segala bentuk macam peraturan dalam berkendara.
Entah itu melengkapi surat-surat kendaraan, surat izin mengemudi, mentaati rambu-rambu lalu lintas, ataupun juga mengikuti himbauan dari petugas lalu lintas yang berjaga.

Tidak hanya itu, menjaga hak-hak pengguna jalan lain dengan menerapkan kewajiban pada diri sendiri, itupun juga menjadi salah satu cara untuk menjadi pengemudi yang baik.
Jika semua cara untuk menjadi pengendara kendaraan yang bijak di atas telah dapat diterapkan dan konsisten dilakukan, maka arus lalu lintas akan lancar, tidak ada pelanggaran-pelanggaran lalu lintas, dan angka kecelakaan pun ikut berkurang!




Tentu saja untuk menjadi pengemudi kendaraan yang memiliki sifat bijak pun juga tidak mudah ya GanSis.
Sebab kesadaran diri disini sangat penting dan dibutuhkan, agar tidak ada rasa sok ingin bergaya menunjukkan kemampuan berkendara di jalan raya, atau ugal-ugalan agar dilihat keren oleh orang lain!

Karakter masyarakat kita sendiri memang dapat dikatakan masih sangat labil GanSis.
Mungkin saat diberikan sosialisasi oleh petugas lalu lintas selama sehari atau dua hari, masyarakat akan berkendara dengan tertib dan patuh.
Namun setelah tiga atau empat hari kemudian, karakter asli mereka akan kembali seperti sebelumnya, yaitu melanggar segala macam peraturan dan rambu-rambu lalulintas.




Salah satu larangan lalu lintas yang sering dilanggar oleh pengendara motor adalah ugal-ugalan di jalanan.
Sering kita lihat bersama, para kaum remaja melakukan aksi-aksi ugal-ugalan seperti standing motor di jalan raya, yang pastinya tidak hanya membahayakan diri sendiri namun juga berbahaya bagi orang sekitar.

Biasanya para remaja yang berulah seperti ini, tidak akan merasa jera jika belum mengalami akibat buruk dari apa yang mereka lakukan sendiri.
Jika telah ditangkap oleh Polisi atau jatuh karena terlalu banyak ulah, maka penyesalan itu akan dirasakan!

Salah satu contoh akibat buruk dari berkendara ugal-ugalan adalah seperti yang ada di dalam video di bawah ini!


Spoiler for Masuk ke Empang karena Standing Motor:


Video yang dibagikan oleh akun Instagram @ndorobeii tersebut adalah sebuah rekaman aksi ugal-ugalan para remaja yang terjadi di salah satu jalan di Kabupaten Tana Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan.

Seperti yang ada di dalam video, dua orang remaja tersebut nampak sedang melakukan aksi standing motor di jalan raya tanpa memperhatikan keselamatan diri sendiri ataupun pengguna jalan yang lain.

Saat melakukan aksinya, ternyata kejadian nahas menimpa mereka berdua. Standing motor yang mereka lakukan dan membuat seorang remaja pengemudi kendaraan itu terperosok masuk ke dalam sebuah empang yang ada di samping kiri jalan!

Itulah akibat buruk dari tindakan atau aksi ugal-ugalan di jalanan GanSis.
Mereka harus mengalami resiko buruk yang mungkin mereka sendiri tidak menyangka sebelumnya.




Apa sih tujuan dari ugal-ugalan di jalanan seperti ini, dan kenapa banyak sekali orang yang melakukan hal tersebut tanpa memikirkan dampak atau akibatnya?
Pasti pertanyaan itu yang sering muncul di benak Agan dan Sista.

Menurut ane, alasan dari melakukan aksi ugal-ugalan di jalanan yang seperti ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena cari perhatian, ingin unjuk kebolehan dalam berkendara dan juga ingin dipuji oleh orang-orang sekitar dan mendapatkan pengakuan bahwa mereka hebat dan mereka dapat melakukan atraksi layaknya pemain freestyle motor profesional!

Namun sangat disayangkan mereka melakukan hal tersebut dengan cara dan tempat yang salah ya GanSis.
Karena jika ingin melakukan unjuk kebolehan jalan raya bukanlah pilihan tempat yang tepat, karena jalan raya adalah tempat umum yang digunakan oleh banyak orang dan resiko kecelakaan pun juga tinggi.

Apa yang dapat Agan dan Sista saat ada orang yang ugal-ugalan di jalan raya?


1. Tegur
Hal pertama yang harus Agan dan Sista adalah menegur mereka, mengingatkan bahwa apa yang mereka lakukan berbahaya bagi diri mereka dan orang lain

2. Laporkan kepada Polantas
Mungkin cara ini cenderung lebih ekstream, namun Agan dan Sista dapat melakukan hal ini agar mereka dapat jera dan tidak mengulanginya kembali.

3. Bubarkan
Jika mereka tetap ngeyel dan tidak mau mendengarkan nasihat dari Agan atau Sista, bubarkan secara paksa orang yang ugal-ugalan tersebut agar tidak membahayakan banyak orang.




Dari kejadian ini pun kita dapat mengambil pelajaran baik GanSis. Yaitu untuk tidak melakukan aksi ugal-ugalan di jalanan, karena itu melanggar peraturan lalu lintas dan dapat dikenakan sanksi pidana sesuai dengan peraturan yang berlaku tepatnya UU nomor 22 tahun 2009, pasal 115, yang melarang pengendara kendaraan melaju di atas kecepatan atau balapan dengan pengendara lain, atau akan dikenakan sanksi denda atau hukuman penjara.

Agan dan Sista harus selalu ingat, saat kita melakukan perjalanan, ada orang-orang tersayang yang menunggu kedatangan.
Jangan sampai GanSis datang diantar orang dan membuat sedih orang tersayang!




Penulis: @masnukho©2021
Narasi: Ulasan dan Opini pribadi
Referensi: Klik
Sumber video: di sini
Diubah oleh masnukho 18-02-2021 12:13
leighkurgnovan
ribkarewang
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
22.8K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.