fro.gprinceAvatar border
TS
fro.gprince
Viral Gunung Gede Terlihat dari Kemayoran


Foto: Screenshot Twitter Dinas LH DKI yang menampilkan foto karya Ari Wibisono

Jakarta - Foto Gunung Gede Pangrango yang terlihat jelas dari Kemayoran, Jakarta Pusat viral di media sosial. Banyak yang membahas, ada pula yang mempertanyakan apakah foto itu asli. Fotografernya lalu angkat bicara.
Foto yang viral itu dijepret oleh Ari Wibisono. "Pemandangan Gunung Gede Pangrango di Kemayoran Jakarta Pusat Pagi ini, menandakan kualitas udara sedang bersih Jakartans," tulis Ari Wibisono di akun Instagram-nya pada Rabu (17/2/2021).

Foto itu diunggah ulang (repost) oleh akun resmi Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, lalu membagikan unggahan Dinas LH DKI itu di Instagram Story miliknya.

Ari Wibisono membuat klarifikasi di Instagram. detikcom telah meminta ijin untuk mengutip klarifikasi tersebut.

"Sempat ramai dibahas bahwa foto saya adalah tempelan gunungnya. Saya jelaskan ini foto hasil real saya di Kemayoran, Jakarta Pusat," tulis Ari Wibisono.

Dia mengaku memotret dengan zoom 260mm. Foto dijepret dari Flyover Jl HBR Motik Kemayoran, Jakarta Pusat. Ari Wibisono menampilkan koordinat lokasi pemotretan.

Ari Wibisono juga memperlihatkan EXIF file fotonya. Selain itu, dia menunjukkan hasil jepretan di lokasi yang sama sebelumnya. Dia pernah memotret dengan lensa 100mm dan drone. Ari Wibisono kemudian mengunggah hasil jepretan Gunung Gede Pangrango karya fotografer lain yang juga terlihat besar.

"Sebelum mengkoreksi sebuah karya, boleh dicoba dengan tempat yang sama dan lensa yang sama ukurannya. Saya jamin di titik itu ketika udara bersih ibukota Gunung Gede Pangrango akan terlihat jelas dengan mata telanjang," tulisnya.

Sumber detik.com

Cuma di jaman Anies Jakarta bisa keliatan gunung persis kaya di desa Konoha. emoticon-Cool

Diubah oleh fro.gprince 17-02-2021 15:20
hamtonz
variolikes
coddot26
coddot26 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
3.9K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.