• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Cara Mudah Agar Tidak Menjadi Korban Hoaks yang Sering Terlupakan Oleh Netizen

hansiphoax
TS
hansiphoax
Cara Mudah Agar Tidak Menjadi Korban Hoaks yang Sering Terlupakan Oleh Netizen


Pesatnya perkembangan teknologi berimplikasi pada semakin mudahnya netizen dalam mengakses dan membagikan pandangannya terhadap suatu isu yang sedang viral.

Umumnya, netizen sering membagikan pandangan dan berargumentasi melalui platform media sosial hingga forum, salah satunya adalah forum KASKUS.

Dengan jutaan member yang aktif setiap harinya, KASKUS menjadi salah satu wadah yang populer untuk berbagi opini dan mendebatkan informasi yang sedang hangat dibicarakan.

Akan tetapi, terdapat sebagian kecil netizen di KASKUS yang membagikan informasi tanpa disertai sumber yang kredibel. Padahal, sebuah informasi yang disebarkan sangat perlu dipertanggungjawabkan validasinya.

Untuk menanggapi permasalahan tersebut, Hansip Hoax akan memberikan panduan kepada Agan tentang bagaimanacaranya agar tidak mudah menjadi korban informasi yang sesat alias hoaks.

Dengan mengikuti panduan dari Hansip Hoax, diharapkan Agan dapat menikmati konten yang memuat informasi terbaru secara nyaman dan bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Simak thread ini sampai selesai ya, Gan!


1. Periksa kredibilitas pemberi informasi awal

Banyak netizen yang kerap melupakan kredibilitas dari pemberi informasi awal terhadap suatu isu yang sedang viral. Padahal, hanya dengan melakukan sedikit riset untuk mencari tahu dari mana informasi tersebut berasal, dapat memberikan Agan keputusan untuk menilai informasi yang disebarkan adalah informasi yang valid atau menyesatkan.


2. Validasi informasi melalui media terpercaya

Apabila Agan mendapatkan informasi dari platform mana pun, baik itu media sosial hingga forum KASKUS, sebaiknya Agan tidak menelan mentah-mentah informasi tersebut. Periksa kembali validasi atas informasi tersebut melalui portal media yang terpercaya melalui search engine yang Agan gunakan. Dan, jangan lupa untuk membaca informasi melalui media tersebut secara tuntas dan tidak setengah-setengah.


3. Jangan sebarkan jika belum riset

Jempol mu adalah harimau mu. Kalimat tersebut rasanya sangat cocok dengan para netizen yang menjadi korban informasi hoaks. Oleh karena itu, sebelum mengetukkan jempol di smartphone untuk berbagi informasi, sebaiknya lakukan riset ringan terlebih dahulu untuk memastikan kebenaran dari informasi yang Agan terima.


4. Rutin melihat informasi terbaru dari Hansip Hoax

Hansip Hoax hadir bukan tanpa alasan yang jelas. Tujuan diciptakannya Hansip Hoax adalah untuk memberangus penyebaran konten-konten sesat yang berpotensi dapat menciptakan konflik di tengah masyarakat. Oleh karena itu, sebaiknya Agan rutin untuk melihat informasi terbaru dari Hansip Hoax setiap harinya.

Agan bisa mendapatkan informasi terbaru dari Hansip Hoax dengan cara follow akun Hansip Hoax melalui link ini. Nantinya Agan dapat membaca thread-thread yang disajikan Hansip Hoax seputar klarifikasi atas informasi sesat yang beredar di dunia maya.

Apabila Agan tidak terlalu suka membaca, Hansip Hoax juga telah menyediakan platform media podcast yang bisa didengarkan melalui KASKUS Podcast.

Meskipun berbeda media platform, akan tetapi tidak ada perbedaan dalam informasi yang disajikan oleh Hansip Hoax. Jadi, Agan bisa memilih platform media yang sesuai dengan kenyamanan Agan.



Semoga informasi yang Hansip Hoax berikan dapat memberikan manfaat untuk Agan. Hansip Hoax berharap Agan bisa menjadi netizen yang cerdas dalam menerima informasi yang beredar di dunia maya, ya!
Diubah oleh hansiphoax 15-02-2021 08:59
nyong.eqfc88tien212700
tien212700 dan 35 lainnya memberi reputasi
34
4.1K
73
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.