News
Batal
KATEGORI
link has been copied
224
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602a36e04c13722a071a9ee0/utang-luar-negeri-indonesia-kini-capai-rp5803-triliun
Bank Indonesia mencatat utang luar negeri Indonesia akhir triwulan IV-2020 mencapai 417,5 miliar dolar AS atau Rp5.803,2 triliun (kurs Rp13.900 per dollar AS). Utang itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 209,2 miliar dolar dan swasta termasuk BUMN sebesar 208,3 miliar dolar AS.
Lapor Hansip
15-02-2021 15:54

Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun

Past Hot Thread

Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 TriliunIlustrasi Utang. (Foto: Pinterest)


Pantau.com - Bank Indonesia mencatat utang luar negeri Indonesia akhir triwulan IV-2020 mencapai 417,5 miliar dolar AS atau Rp5.803,2 triliun (kurs Rp13.900 per dollar AS). Utang itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 209,2 miliar dolar dan swasta termasuk BUMN sebesar 208,3 miliar dolar AS.

“Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia akhir triwulan IV-2020 tumbuh sebesar 3,5 persen (yoy), menurun dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 3,9 persen,” demikian keterangan tertulis Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Senin (15/2/2021).

BI mencatat pertumbuhan ULN Indonesia itu melambat terutama disebabkan perlambatan pertumbuhan ULN swasta. Pada triwulan IV-2020, ULN pemerintah tercatat sebesar 206,4 miliar dolar AS atau tumbuh 3,3 persen secara tahunan atau (yoy), lebih tinggi dibandingkan triwulan III-2020 sebesar 1,6 persen (yoy).

BI mengungkapkan meningkatnya ULN pemerintah karena terjaganya kepercayaan investor sehingga mendorong masuknya aliran modal asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN). Selain itu, penarikan sebagian komitmen pinjaman luar negeri untuk mendukung penanganan pandemi dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Pemulihan Ekonomi Nasional Itu Berasal dari Ibu-ibu, Nggak Percaya?

BI menyebutkan ULN pemerintah tetap dikelola secara hati-hati, kredibel, dan akuntabel untuk mendukung belanja prioritas, yang di antaranya mencakup sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial 23,9 persen dari total ULN pemerintah.
Kemudian, di sektor konstruksi (16,7 persen), sektor jasa pendidikan (16,7 persen), dan sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib (11,9 persen), serta sektor jasa keuangan dan asuransi (11,1 persen).

Sementara itu, ULN swasta pada akhir triwulan IV-2020 tercatat 3,8 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 6,2 persen (yoy). Perlambatan ini, lanjut BI, karena ULN perusahaan bukan lembaga keuangan (PBLK) serta kontraksi pertumbuhan ULN lembaga keuangan (LK) yang lebih dalam.

Pada akhir triwulan IV-2020, ULN PBLK tumbuh sebesar 6,4 persen (yoy), melambat dari pertumbuhan triwulan sebelumnya sebesar 8,4 persen (yoy). Selain itu, kontraksi ULN LK tercatat sebesar 4,7 persen (yoy), lebih besar dari kontraksi pada triwulan sebelumnya yang tercatat 0,9 persen (yoy).

Baca juga: Kemenkeu Serahkan Pengelolaan Piutang ke Tiap Kementerian Lembaga

Berdasarkan sektornya, ULN terbesar dengan pangsa mencapai 77,1 persen dari total ULN swasta bersumber dari jasa keuangan dan asuransi, pengadaan listrik, gas, uap/air panas dan udara dingin, industri pengolahan, dan pertambangan dan penggalian.

BI menambahkan struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. Struktur ULN yang sehat tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada akhir triwulan IV-2020 yang tetap terjaga pada kisaran 39,4 persen, meski meningkat dibandingkan rasio pada triwulan sebelumnya sebesar 38,1 persen.

Selain itu, besarnya pangsa ULN berjangka panjang yang mencapai 89,1 persen dari total ULN menjadikan struktur ULN Indonesia sehat. Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam memantau perkembangan ULN, didukung dengan penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya.

Sumber: https://www.pantau.com/topic/ekonomi...rp5803-triliun

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fc88 dan 30 lainnya memberi reputasi
27
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 6
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 00:19
Ayo mari kita kagetemoticon-Wowemoticon-Wow
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 01:17
Silahkan dikritik 😁
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 02:02
Ntar jg lunas jualan
Burung ma mobil goib

Auto kebinekaan
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 02:13
tenang,11.000 T ada. masih ada kembalian 5.173 T lagi emoticon-Ngakak
profile-picture
yurikaede memberi reputasi
1 0
1
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 04:36
masyarakat diracunin terus ama sri mulyani
yg ngutang siapa yg disuruh bayar siapa

dan jangan lupa siapa otak dibalik rezim ini .... madam
Diubah oleh jon.sansiro
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 04:53
NEGARA HUTANG, UNTUK NGASI BANSOS KE RAKYAT KECIL, DIKORUPSI DAN SEBAGIAN PASTI DISETOR KE KAS PARTAI, TAPI RAKYAT YANG NANTI DISURU BAYAR HUTANG..DOUBLE KILL!!

KORUPSI ASABRI, JIWASRAYA, DITALANGIN PAKE HUTANG, NTR RAKYAT YANG DISURU BAYAR..TRIPLE KILLL!!

BUMN YANG MESTINYA MENGHASILKAN DUIT UNTUK NEGARA, TAPI MALAH DISUNTIK DANA TALANGAN, PAKE HUTANG, NTR RAKYAT YANG DSURUH BAYAR...GODLIKE!!
profile-picture
venom123 memberi reputasi
1 0
1
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 06:00
Denger2 si katanya dolar mau revolusi
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 06:25
yang besar itu utang swasta yang nggak ada urusan dengan rakyat. PT itu kalau utang boro2 ada tanggung jawab masyarakat untuk tanggung, pemegang saham aja nggak tanggung jawab. oleh nasbung pasti di-spin itu semua utang pemerintah.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 06:48
Yg ngutang rezim plonga plongo, yg suruh bayar rakyat kecil, rakyat ditekan trus
BBM mana gamau turun meskii minyak dunia minus, bhkn yt aja kena pajak, apa2 dipajakin, emg vangke bener nih rezim, antek2nya mata duitan semua
Bgtu liat ksempatan dicomotlah duit rakyat, bgtu masuk tipi dibela smp mati smp bawa2 nama Allah
Ingt hdp ini singkat oi, bolehlah klian didunia ini merasa diatas, blm tentu di akherat nnt klian diatas
Diubah oleh illu55ion
0 0
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 06:55
Kapan lunasnya emoticon-Sorry
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 06:58
Itu segitu besae nyicilnya gimana ya gan
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 07:34
pemerintah ngutang buat bansos

rakyatnya dipalakin pajak, ekonomi lagi begini.

Import Rapid + Vaksin dari china jor joran, sementara efektifitas kagak jelas.

BUMN jadi perusahaan tukang ngeluh rugi.

menkeunya tipikal ga merakyat & ikuti kata bos aja, makanya laku di world beng beng

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rajin.meremas
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 07:53
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
profile-picture
profile-picture
bebekberbulu dan yurikaede memberi reputasi
2 0
2
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 08:00
Hutang larinya ke pajak, pajak itu dari gol menengah kebawah buat org kaya, org yg sangat kaya akan berusaha menghindari pajak, pajaknya dibebankan ke pph para pegawai. Gaji 3 jt kebawah tdk kena pph tapi sama aja dgn gaji segitu bakal pas pasan klo berkeluarga. Klo kaya jgn nanggung, Trump sama Kiyosaki konon punya trik buat ngindarin pajak secara legal. Agen agen gaya hidup dibayar mahal buat memprogandakan gaya hidup hedon agar bnyk yg terlilit kredit hutang, intinya org jgn sampai kaya, belum kaya udh keburu mati warisin hutang ke anak cucu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ferist123 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 08:21
FIX ulah ulama sama anis emoticon-Wow
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 08:45
gapapa lah.. belum sampe 60% dari PDB sih masih aman katanya.. tapi apa gak ada niatan buat nyicil utang gitu? setidaknya biar rasio utang negara kita berkurang..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 09:39
hebat plecidennye layak 5 periode
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 10:51
Selalu enak untuk digoreng... hehehe
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 10:59
Selama masih ada yang mau kasih hutang ya ambil saja...kalau di tagih nanti ngeles.
0 0
0
Utang Luar Negeri Indonesia Kini Capai Rp5.803 Triliun
16-02-2021 11:09
Pendapat ane,

Berhutang itu perlu ketika :
> komitmen untuk membayar
> dipergunakan tepat guna
> tidak dikorupsi

Alasan negara Berhutang, untuk mempercepat tujuan. Kalau mengumpulkan lama dan tidak seimbang dengan kebutuhan zaman..
0 0
0
Halaman 5 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia