hvzalfAvatar border
TS
hvzalf 
Inilah Sarwani Sabi, Sang Penakluk Raja Rimba Harimau Sumatera


gambar

Harimau sumatera merupakan hewan yang saat ini terancam punah. Binatang dengan kulit loreng hitam cokelat itu bahkan masuk dalam daftar merah yang dilansir oleh lembaga Konservasi Dunia IUCN. Populasi harimau sumatera ini hanya sekitar 400-500 ekor saja yang hidup di alam liar hutan sumatera. Kondisi ini sangatlah miris, jika tidak dijaga dengan baik maka bisa saja kita akan kesulitan melihat hewan buas ini.

Diketahui bahwa Harimau sumatera merupakan subspesies harimau yang memiliki warna paling gelap di antara harimau lainnya. Hal itu terlihat dari pola hitamnya berukuran lebar dengan jaraknya yang rapat. Adapun harimau sumatera jantan dewasa memiliki panjang rata-rata 92 inci atau sekitar 250 cm. Kemudian beratnya mencapai 300 pound atau sekitar 140 kg, sedangkan untuk tingginya mampu mencapai 60 cm. Sementara itu, harimau sumatera betina rata-rata memiliki panjang 78 inci atau sekitar 198 cm dan berat 200 pound atau sekitar 91 kg.



gambar

Keuntungan dari ukuran tubuhnya yang kecil itu memudahkannya menjelajahi rimba. Kemudian pada kakinya terdapat selaput di sela-sela jarinya, hal itu menjadikan mereka mampu berenang dengan cepat. Namun, bulu harimau sumatera mampu berubah warna menjadi hijau gelap ketika melahirkan.

Kita mampu menemukannya di hutan-hutan sumatera. Kucing besar ini bisa hidup di manapun, selain bisa berenang ia pun pandai memanjat. Seiring dengan pembalakan hutan, habitat harimau sumetara kian terancam. Maka tak heran jika sering terjadi konflik antara harimau dan manusia. Hal ini dikarenakan tempat hidupnya sudah dirusak untuk pembukaan lahan.



gambar

Biasanya ketika harimau sumatera turun gunung dan masuk ke perkampungan atau lahan perkebunan maka para warga akan merasa risau, karena bisa jadi nyawa mereka terancam. Saat konflik tersebut terjadi, maka seorang pawang yang sudah berusia senja diikut sertakan. Siapakah sosok ini?

Sarwani Sabi merupakan warga Sawang Teubei, Kecamatan Kawai XIV, Aceh Barat. Kini usianya sudah menginjak 84 tahun. Ia lahir 8 tahun sebelum kemerdekaan Indonesia. Keahliannya dalam menaklukkan raja rimba sumatera sudah dipupuknya sejak masih duduk di bangku kelas dua sekolah dasar. Sarwani lebih dikenal dengan panggilan Kek Carwani.



gambar

Kakek berusia senja itu, bukanlah orang berpendidikan tinggi. Ia hanya belajar satu tahun setengah di sekolah rakyat. Karena ia lebih suka mengikuti ayahnya yang juga berprofesi sebagai pawang harimau. Walau sang ayah tak pernah mendukung Sarwani kecil untuk memiliki pekerjaan sama dengannya bahkan ia diminta untuk fokus saja sekolah namun, semua itu tak dipedulikannya. Sarwani tetap mengikuti ayahnya ke mana saja pergi.

Ayahnya bernama Haji Nyak Sabi juga sangat masyhur saat itu sebagai pawang. Setelah sang ayah meninggal, Sarwani lantas menggantikan profesi tersebut, sebuah cita-cita kecilnya dulu. Berbekal pengalaman dari mendiang ayahnya, ia pun sering dilibatkan untuk menaklukan si raja rimba. Di mana harimau mengamuk di sanalah Sarwani Sabi selalu ada. Ia pun tidak hanya terkenal di Aceh saja namun juga sudah sampai provinsi Riau.



gambar

Dalam pengakuannya Sarwani mengatakan bahwa apa yang dilakukannya saat ini hanya untuk membantu. Dia tidak ingin manusia dan harimau sumatera sama-sama terluka. Karena itu ia berpesan jangan terlalu banyak memburu mangsa harimau sumatera apalagi sampai memusnahkan harimau itu sendiri. Cara-cara yang digunakan Kek Sarwani ini pun sangat sederhana, ia hanya menggunakan doa saja. Sampai saat ini keahlian kakek tersebut masih digunakan khususnya oleh BKSDA Riau.

Apa yang dikatakan kakek Sarwani Sabi sangatlah benar. Manusia dan harimau sumatera memiliki tempat hidup masing-masing. Namun, manusia terlalu serakah hingga mengambil paksa habitat di mana harimau tersebut menjalankan kehidupan.

Sumber :

Narasi : Opini pribadi

1
majorminor666
fc88
tien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
41
8.7K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.