dalledalminto
TS
dalledalminto
4 Langkah Perawatan Motor Yamaha R15 Biar Performa Semakin di Depan, Penasaran?




Motor merupakan salah satu kendaraan yang cukup praktis. Hampir seluruh masyarakat punya kendaraan yang satu ini. Berbagai jenis dan varian motor baru pun bermunculan agar dilirik konsumen.

Produsen motor seakan berlomba untuk mengeluarkan produk-produk andalannya. Yamaha yang memiliki jargon 'Semakin di Depan' pun tidak mau ketinggalan. Yamaha mengeluarkan motor sport yang mempunyai penampilan gagah dan maskulin. Yahama R15, motor sport yang elegan dan laki banget.

Agar motor berpenampilan menawan dan performanya maksimal, berikut akan ane berikat sedikit tips agar performa motor Gansist, Yahama R15 selalu tampil prima. Ane di sini akan memilah menjadi dua kategori perawatan motor Yamaha R15 agar performanya semakin maksimal yakni perawatan dari dalam dan dari luar.



Adapun perawatan motor Yamaha R15 dari dalam sebagi berikut:

1. Mesin rutin dipanasi, dihidupkan

Memanasi motor sebelum dipakai sangatlah penting Gansist. Seperti Gansist melakukan olahraga pastinya ada masa pemanasan, kan? Agar otot-otot lemas dan tidak kaku sehingga tidak terjadi kram otot. Begitu pula dengan motor, dengan dipanasi terlebih dahulu oli di dalam mesin motor akan berputar dan melumasi mesin. Sehingga mesin tidak kaget bila untuk dijalankan. Memanasi motor tidak lama hanya sekitar 5-15 menit. Oh, iya, meskipun motor tidak dipakai usahakan setiap hari untuk dipanasi ya, Gansist! Ini bertujuan agar akku biar awet dalam menyimpan daya kelistrikan.

2. Pakai bahan bakar yang baik

Menggunakan bahan bakar yang baik. BBM yang bagus yang berkadar oktannya tinggi. Motor Yamaha R15 tidak dianjurkan menggunakan premium sebaiknya menggunakan Pertamax atau Pertamax plus. Harganya sedikit mahal, tetapi untuk menjaga performa mesin motor kesayangan Gansist, ane rasa tidak masalah.

3. Rutin mengganti oli

Oli merupakan hal sangat vital dalam hal permesinan. Oli disarankan untuk rutin diganti dengan yang baru kira-kira pemakaian perjalanan 2.000 Km oli harus diganti. Oli akan memelihara kinerja mesin motor menjadi lebih baik, dengan oli yang rutin diganti pelumasan oli di setiap onderdil pun akan sempurna. Sehingga mesin pun akan awet dan daya kerjanya sempurna.

4. Melakukan servis secara berkala

Untuk menjaga performa mesin, servis secara rutin pun sangat ane anjurkan. Kenapa? Sebab, dalam pemakaian motor pastinya setiap berkala harus dilakukan pengecekan pada mesin motor. Barangkali ada onderdil yang kinerja sudah tidak maksimal sehingga harus diganti dengan yang baru supaya tidak mempengaruhi kinerja onderdil yang lain.



Nah, itu tadi ada 4 perawatan motor kesayangan Gansist agar performanya tetap maksimal dan mumpuni. Di samping perawatan dari dalam ada juga perawatan dari luar. Berikut perawatan dari luar menurut ane agar motor kesayangan Gansist makin kinclong.

1. Memilih tempat parkir

Penting dalam hal memilih tempat parkir. Pilihlah tempat parkir yang teduh atau tidak langsung terpapar sinar matahari secara langsung. Ini bertujuan untuk menjaga bodi motor Gansist tetap kinclong. Keseringan kena panas matahari mengakibatkan cat pada bodi motor menjadi kusam dan tidak cemerlang.

2. Dicuci secara rutin dan berkala

Melakukan pencucian motor juga sangat dibutuhkan. Motor yang buluk dan kotor tentunya akan mengurangi nilai penampilannya. Ane sarankan agar mencuci motor Gansist gunakan shampo khusus motor. Ini bertujuan untuk menjaga bodi dan cat pada motor tetap terjaga dan awet. Atau malah ebih baik dibawa ke salon motor langganan Gansist.

3. Dikasih cairan poles bodi motor

Setelah mencuci jangan lupa dikasih cairan poles agar tetap kinclong catnya. Namun, jangan terlalu keseimbangan dipoles. Poles untuk melindungi cat pada bodi motor juga agar terlihat mengkilat.



4. Bila kena hujan segera dicuci

Bila habis dikendarai pada saat hujan sebaiknya setelah sampai di rumah, untuk dicuci. Dengan alasan air hujan bersifat asam dan bisa mengakibatkan karatan pada sebuah logam. Ane sarankan saat mencuci motor diusahakan setelah mesin ya dingin. Tidak baik mesin dalam keadaan panas langsung kena air. Gansist, tentunya setelah beraktifitas tidak langsung mandi, kan? Begitu pula motor biar mesin tetap terjaga baik.

Nah, itu tadi beberapa tips dalam merawat motor kesayangan Gansist yang bisa ane sampaikan. Tentu saja banyak kekurangan yang ane sampaikan, Gansist bisa menambahkan di kolom komentar.

Dengan perawatan yang rutin dan berkala niscaya motor kesayangan Gansist akan selalu tampil dan performanya tetap maksimal. Memelihara sesuatu memang membutuhkan ketelatenan dan kedisiplinan. Seperti cinta, jika dipelihara dan diraway dengan baik akan selalu tumbuh dan berbunga di dada.

Sekian thread dari ane, semoga mampu memberikan manfaat. Terima kasih atas atensinya.

Referensi: 12 3
Gambar: 1 dan 4 no.2 no.3
fc88anna1812tien212700
tien212700 dan 25 lainnya memberi reputasi
22
3.6K
89
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Yamaha R15 Kaskus Rider Community (R15ER)
Yamaha R15 Kaskus Rider Community (R15ER)
189Thread1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.