News
Batal
KATEGORI
link has been copied
581
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6028d559c52472554065fa62/tolak-bayar-cod-setelah-buka-paket-amzi-mengaku-punya-massa-amp-ancam-polisikan-kurir
Video viral yang memperlihatkan perdebatan antara seorang pria dan kurir lantaran tolak membayar barang Cash on Delivery (COD) berbuntut panjang. Sejumlah fakta terungkap, termasuk kedua pria yang ada di dalam video merupakan warga satu kampung dan saling kenal.
Lapor Hansip
14-02-2021 14:46

Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir

Past Hot Thread
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir


Video viral yang memperlihatkan perdebatan antara seorang pria dan kurir lantaran tolak membayar barang Cash on Delivery (COD) berbuntut panjang.

Sejumlah fakta terungkap, termasuk kedua pria yang ada di dalam video merupakan warga satu kampung dan saling kenal.

Bahkan, konsumen bernama Amzi dan kurir bernama Noppel sampai berimbas pada ancaman membawa masalah itu ke kantor polisi.

Ya, Amzi mengancam Noppel untuk beritikad baik meminta maaf, bila tidak dirinya mengancam membawa masalah ke pihak berwajib.

Seperti yang diketahui, Amzi (33) warga Muara Tembesi, Kabupaten Batanghari, Jambi membeli sepatu melalui marketplace dengan sistem pembayaran COD dengan kurir yang mengantar adalah Noppel.

Namun masalah pun dimulai saat kurir mengantar paket pukul 16.00 Wib, terjadilah keributan konsumen antara Amzi dengan kurir bernama Noppal.

Amzi menolak untuk membayar barang COD sebeser Rp 360 ribu karena pesanannya tak sesuai keinginan.

Penolakan bayar itu karena dia melihat dari tulisan di kotak hingga saat membuka isinya yang tidak sesuai ukuran pesanannya.

Karena viralnya video konsumen tolak bayar barang COD ke kuri, berbagai netizen dari manapun membanjiri kolom komentar media sosial milik Amzi dan sang istri, yang isinya rerata bernada negatif.


Pada dasarnya Amzi mengaku bukan orang yang tidak mampu membayar paket itu, pasalnya dirinya mengaku seorang pebisnis, dirinya mengaku sebagai seorang tauke sawit di daerahnya.


Hanya saja karena dia merasa pesanan tidak sesuai barang yang datang, ia menolak untuk membayarnya, dan sempat membuka paket untuk memastikan kondisi pesanannya.

Terkait komenter negatif di sejumlah media sosial yang memposting video viral yang direkam oleh sang kurir, dia mengatakan silakan saja netizen berkomentar mengenai dirinya.

"Tapi saya minta satu, jangan terlalu menghujat. Cari bahasa yang lebih enak,” ungkap Amzi kepada Tribunjambi.com saat ditemui di rumahnya, pada Jumat (12/2/2021).

Ia mengatakan saat ada kata hujatan, ia menyimpan dan menolak menanggapi.

"Saya screenshoot, saya kirim ulang ke mereka," jelasnya.

Amzi mengisahkan tentang pesanan yang tidak dibayarnya, bahkan dibukanya itu.

Awalnya Amzi melihat iklan sepatu dari Facebook, saat ia klik lalu terhubung ke sebuah marketplace.

Dia tidak tahu bagaimana aturan COD yang ada di marketplace tersebut, lalu dia bertanya ke kurir.

“Biasanya, kurir ada yang bilang kita foto lalu kita retur. Tapi ini tiba-tiba saja dia (kurir) ngotot, dan langsung mengatakan tidak bisa, harus dibayar karena sudah peraturan,” kata dia.

Amzi mengatakan, kalau memang Noppal tidak mendapat fee atau semacamnya karena pesanan ditolak, ia bisa saja memberi ganti rugi.

Namun karena barang yang diterima tersebut tidak sesuai pesanannya, maka dia tidak mau menerima barang itu dan juga tidak mendapat penjelasan mengembalikannya.

Awalnya dia sudah curiga saat paket diantar kurir.

Dia mengatakan, bahwa kotak paket, tertera ukuran sepatu 40.

Namun, setelah dibuka, ternyata ukurannya 41.

Sementara nomor sepatu yang dipesan sesuai ukuran kakinya adalah 39.

Amzi mengaku memang baru sekali memesan barang melalui online.

Terkait keributan dengan kurir, Amzi bilang sebenarnya tidak keberatan bayar biaya kirim, tapi menolak membayar barang.

Amzi juga menyayangkan video yang diunggah menayangkan data pribadinya secara lengkap, mulai dari tempat tinggal dan juga nama lengkap.

Menurut Amzi, ini pencemaran dan menggiring opini.

Karena menganggap ada unsur pencemaran nama baik, Amzi menunggu itikad baik Noppal selaku kurir yang memvideokan dan posting di media sosial itu.


“Ini WhatsApp saya sudah 5.000 pesan masuk tidak saya buka setelah video itu viral, dari seluruh Indonesia,” kata dia.

“Kalau netizen menghujat itu tidak masalah yang penting tidak terlalu kasar. Ini ada juga yang menghujat berlebihan, saya perhatikan saja,” kata dia.



Tapi kalau ada itikad baik secara kekeluargaan kondisi ini bisa diperbaiki.

Amzi menyebut mencalonkan diri sebagai kepala desa Ampelu Tuo, dan mengklaim punya pemilih 1.000 orang.

Namun ia mengaku tak ingin menggerakan massanya untuk masalah tersebut.

Pasalnya Amzi masih satu kampung dengan sang kurir, Noppal. Bahkan dia kenal dengan keluarga Noppal.


https://www.tribunnews.com/regional/...lisikan?page=4
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fc88 dan 43 lainnya memberi reputasi
40
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 12 dari 14
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 17:40
Videonya bisa diliat dimana?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 17:51
dari awal saja sudah berbohong jadi gak perlu diseriusin emoticon-Tai:
0 0
0
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 18:44
Halah bacottt !!!
0 0
0
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 18:57
Udah lah damai aja, sama-sama miskin ini lah, gak guna berantem... yg ada rejeki tambah seret gaess
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:02
Wkwkwk punya massa 1000 orang. Kampungan lu cok emoticon-Ngakak
profile-picture
Jin.Merah memberi reputasi
1 0
1
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:05
Aaahhh elaahh.. ikut buang waktu deh bahas model beginian.
Intinya seorang kurir hanya sebatas mengantarkan dan menerima pembayaran.

Andaikan bukan menggunakan COD, apa iya buyer akan complaint ke penyedia marketplacenya? Pastinya ya ke sellernya kan.

Seller kurang teliti..
Buyer kurang memahami sistem COD dan para pihak..
Kurir emosi karena buyer maka terbuatlah video

emoticon-Hammer2
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan nandaps memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:10
Tinggal bayar aja. Komplain. Kan ssldsai
0 0
0
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:12
Pesan ukuran 39, kotak ukuran 40, sepatu ukuran 41? Seret seller nya kesini. Seller terbaik memang emoticon-Ngakak
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:12
Tinggal cek peraturan marketplace-nya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:33
Olaah ini yg di video yg sempat viral itu. Duh ini yang oon buyernyaemoticon-Hammer
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:40
Menurut ane si kurir emang fatal sih kesalahannya...ngapain dia menyebarkan data org...ini fatal lho...bukan hak dia menyebarkan itu,,
Kalau memang si buyer ga mau bayar, ya ngomong aja baik2 bungkus ulang bersama, beri klarifikasi bahwa sibuyer tidak terima, pihak expedisi kan tetap diuntungkan...apalagi si buyer mau membayar ongkirnya...lapor kekantor kejadiannya begini, toh memang kesalahan seller...norak amat kurirnya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:44
Intinya baku hantam, lapor polisi, mungkin itu ada nada yang menyinggung salah satu pihak jadj makanya baku hantam
0 0
0
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:45
Kirain juga seperti itu, barang sampai, cek lebih dulu, kalau cocok baru dibayar. Ribet juga kalau seandainya bayar dulu trus ternyata barangnya nggak sesuai, apakah uang yang sudah dibayarkan nanti bisa kembali ke pembeli ? Mungkin ini yang mereka takutkan.
0 0
0
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:51
Yg benar klo udah bayar kurir baru buka klo kwatir barang tdk sesuai bisa dibuka sambil di vidioin nanti bisa jadi bukti klo minta retur barang
0 0
0
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 19:56
Saya biasa belanja online klo mahal saya buka sambil divideo barang tdk sesuai langsung kembalikan gak masalah klo belanja murah kurir langsung saya bayar soal cocok ato tdk gak jadi masalah
0 0
0
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 20:34
pesen sepatu ukuran 39, tapi pas dateng itu kotak tulisannya 40 dan isinya 41..

kalo emang awalnya salah, ngapa itu barang malah di bongkar... haduuhh....

susah emang kalo belanja online sama jamet, GBLG nya sampe ke ubun2
0 0
0
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 20:40

jancook

ane kurir disalah satu ekspedisi,
dan tugas kurir itu antar barang,jadi misalnya ada kerusakan dll silahkan di komplain ke penjual atau ke pengirim,yg penting kita sebagai kurir sebelum menyerahkan barang harus teliti dg kondisi barang itu,misal dr packingan nya,nah di kasus ini yg salah memang seller nya yg ga bertanggung jawab
dan untuk sistem cod,barang datang baru dibayar,nah dari sini sudah jelas kalau isi nya beda dengan yg dipesan atau beda ukuran itu bukan tanggung jawab kurir melainkan seller nya,kalau mau komplain yg silahkan ke seller nya,kasihan sebagai kurir nya,harus nanggung biaya itu semua,barang sudah dibuka dan ga mau bayar
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 21:09
Wah si anzim kalo jadi kades abis lah itu noppal, bisa sewenang2 emoticon-Big Grin
0 0
0
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 21:46
Jiah...satu kampuamg berantemm...payah..
0 0
0
Tolak Bayar COD Setelah Buka Paket, Amzi Mengaku Punya Massa & Ancam Polisikan Kurir
15-02-2021 22:11
Klo kismin jgn order lha
0 0
0
Halaman 12 dari 14
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia