News
Batal
KATEGORI
link has been copied
150
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6029ffb90e978e28524c31fd/siti-hamil-tanpa-hubungan-seks-apa-bisa-kenali-istilah-cryptic-pregnancy
Cryptic pregnancy, istilah kehamilan tanpa diketahui si ibu. Mungkin ini ada kaitannya dengan kisah janda Cianjur Siti Zainah hamil tanpa hubungan seks yang viral dan menjadi perbincangan hangat.
Lapor Hansip
15-02-2021 11:59

Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy

Past Hot Thread
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic PregnancySuaraBogor.id - Cryptic pregnancy, istilah kehamilan tanpa diketahui si ibu. Mungkin ini ada kaitannya dengan kisah janda Cianjur Siti Zainah hamil tanpa hubungan seks yang viral dan menjadi perbincangan hangat.

Janda Cianjur ini mengaku tiba-tiba hamil dan tiba-tiba melahirkan.

Dikutip dari alodokter.com, kehamilan yang tidak diketahui oleh ibu hamil disebut cryptic pregnancy.

Meski tidak umum, kondisi ini juga bukanlah suatu hal yang langka.

Diperkirakan 1 dari 400 wanita tidak mengetahui dirinya hamil hingga usia kandungan 5 bulan atau lebih. Tak hanya itu, 1 dari 2500 wanita bahkan tidak tahu ia hamil hingga akan melahirkan.

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa ibu hamil tersebut bukan tidak tahu, namun menyangkal atau pura-pura tidak tahu (denial pregnancy). Pasalnya, dengan segala gejala kehamilan, harusnya ia sadar bahwa dirinya sedang hamil.

Namun hanya sekitar 10 persen sampai 15 persen kasus cryptic pregnancy yang dipengaruhi oleh gangguan kepribadian atau gangguan jiwa. Sebagian wanita dengan cryptic pregnancy bahkan ternyata cukup berpendidikan dan dalam hubungan yang stabil.

Artinya, mereka sebenarnya mampu mengenali tanda-tanda kehamilan. Lalu, apa sebenarnya yang membuat mereka tidak menyadari kehamilannya? Kehamilan bisa saja luput disadari karena beberapa alasan berikut:

1. Tanda-tanda kehamilan yang samar

Baca Juga: Janda Cianjur Ngaku Hamil Tanpa Hubungan Seks, BKKBN: Bukan Pertama Kali

Sebagian wanita mungkin memiliki gangguan siklus menstruasi, sehingga tidak curiga ketika dirinya terlambat datang bulan. Meski begitu, kehamilan umumnya juga ditandai dengan kenaikan berat badan dan morning sickness. Hanya saja, pada sebagian wanita, gejala ini bisa begitu samar bahkan tidak muncul, sehingga kehamilan pun jadi tidak disadari.

Tanda-tanda kehamilan samar bisa saja terjadi karena rendahnya kadar hormon kehamilan atau hormon hCG. Hal ini mungkin terjadi karena keunikan genetik hingga kelainan kromosom pada janin.

2. Kelebihan berat badan hingga obesitas

Kenaikan berat badan bisa menjadi tanda umum kehamilan. Namun, wanita yang kelebihan berat badan, menderita obesitas, atau kerap mengalami naik-turun berat badan mungkin saja tidak menyadari tanda kehamilan ini.

Selain itu, wanita juga mungkin tidak sadar perutnya membesar karena kehamilan. Tergantung jenis tubuhnya, beberapa wanita bisa tidak tampak hamil hingga usia kandungannya 30 minggu.

3. Hasil testpack tidak tepat

Kondisi testpack yang buruk hingga kesalahan prosedur pemakaian testpack bisa membuat hasilnya kurang akurat, seperti negatif palsu. Bila uji testpack tidak diulang, ibu hamil bisa tidak mengetahui kondisinya.

Selain itu, hasil testpack negatif palsu juga bisa terjadi karena terlambat melakukan uji tersebut. Melakukan pemeriksaan kehamilan dengan testpack saat usia kandungan sudah mencapai 4 bulan dapat memberikan hasil negatif palsu, karena kadar hormon hCG dalam urine yang terlampau tinggi hingga tidak terdeteksi oleh alat testpack. Kondisi ini disebut “hook effect”.

4. Letak plasenta yang unik

Gerakan janin termasuk salah satu tanda kehamilan yang umum dirasakan. Gerakan ini biasa disadari saat usia kehamilan 18-20 minggu. Namun bila letak plasenta berada di sisi depan rahim, ibu hamil bisa saja tidak dapat merasakan gerakan janin, sehingga tidak menyadari kehamilan.

5. Rendahnya kadar lemak tubuh dan kerap beraktivitas fisik berat

Kedua kondisi tersebut umum terjadi pada atlet dan dapat membuat menstruasi tidak terjadi selama berbulan-bulan. Tidak hanya itu, kedua kondisi ini juga mungkin memengaruhi kadar hormon tertentu, sehingga kehamilan sulit dideteksi.

Selain lima kondisi di atas, rendahnya pengetahuan tentang tanda kehamilan, penggunaan pil KB, jarang berhubungan intim, hingga pernah dibilang mandul, juga dapat membuat wanita tidak mengira kalau dirinya sedang hamil.

Fenomena Cryptic Pregnancy sebagai Strategi Janin Bertahan Hidup

Ada sebuah teori menarik yang mengatakan bahwa kehamilan bisa saja tidak terdeteksi sebagai bentuk perlindungan diri janin, sehingga produksi hormon kehamilan sangat rendah. Hal ini umumnya terjadi pada ibu hamil yang sedang mengalami stres berat.

Janin seolah merasa dirinya lebih baik tidak diketahui keberadaannya, karena bila ibu hamil tahu ada janin di perutnya, tingkat stres bisa bertambah dan risiko keguguran semakin tinggi.

Oleh karena itu, pada kondisi ini, cryptic pregnancy dikatakan sebagai adaptasi janin dalam keadaan darurat untuk mempertahankan hidupnya.

Dampak Melahirkan Tanpa Perawatan Prenatal

Cryptic pregnancy memerlukan perhatian khusus, karena umumnya wanita yang mengalami hal ini tidak sedang menjalani program maupun persiapan kehamilan, sehingga kemungkinan besar belum mendapat perawatan prenatal.

Ibu yang mengalami cryptic pregnancy juga bisa saja tidak mengubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat, sehingga janin bisa mengalami beragam gangguan, seperti kekurangan asupan gizi.

Selain itu, beragam komplikasi kehamilan juga lebih mungkin terjadi pada kehamilan seperti ini, terutama bila sang ibu menderita anemia, diabetes, ataupun preeklamsia.

Kurangnya pengawasan tersebut dapat membuat bayi lahir dengan beragam gangguan kesehatan, seperti prematur, berat badan kurang, cacat lahir, bahkan keguguran.

Kehamilan yang tidak disadari bisa terjadi pada siapa saja dan dapat menimbulkan risiko bagi kesehatan ibu maupun janin. Oleh karena itu, perbanyaklah pengetahuan tentang kehamilan dan jangan ragu memeriksakan diri ke dokter bila merasa ada sesuatu yang berbeda dengan tubuhmu.

https://bogor.suara.com/read/2021/02...egnancy?page=4

Setelah di wikwik 7 atau 8 bulan yg lalu, kemudian merasa di wikwik angin dan melahirkan.
Ngeles lepel dewa
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fc88 dan 61 lainnya memberi reputasi
58
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 5
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:08
Apa mungkin maria dulu jg mengalami denial pregnancy?
emoticon-Bingung

tp turut berduka cita buat siti.
andai saja hal ini dikemukakan 2000 taun yg lalu, bisa2 anaknya siti dianggap sebagai tuhan dan juga nabi oleh manusia2 setelahnya.
emoticon-Sorry
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rizkyarif23 dan 25 lainnya memberi reputasi
24 2
22
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 26 balasan
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:09
Ah lupa aing mah.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:11
Macem jaman aing smp
"Awas jgn deket deket nanti bisa hamil kalau berduaan"

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
apriyatna dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:11
Subannalloh, janda cianjur hamil tanpa hubungan sex ya akhi emoticon-Belo

Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic PregnancySiti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic PregnancySiti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
Diubah oleh jedotinpala
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gargantuar89 dan 6 lainnya memberi reputasi
7 0
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:15
gw baca barusan cerai juga 4 bulan lalu, bisa saja anak dari mantan suaminya cuma tidak terasa hamil
profile-picture
profile-picture
profile-picture
asepsutana dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:17
Kecuali masih mens terus melahirkan, baru gwa kaget
Hamil tapi bilang gak tau.... Ga masuk akal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ev103 dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:24
Sadar atw pun ga sadar kalo yg namanya hamil alami ga melalui inseminasi buatan ya pasti 1000% wikwik dulu
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan gabener.edan memberi reputasi
2 0
2
Post ini telah dihapus oleh KS06
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:30
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy

Kasian si anak tidak mengetahui bapaknya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:35
G kerasa digenjot seseorang,..
Saking banyaknya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gagan23 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:46
emang ngentot lallu ditinggal pergi, salah satu fungsi hijab lebar untuk menutupi kehamilan.
Diubah oleh ssdestroyer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
valvalis dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 12:50
gak usah disaintifik saintifikkan, itu jadi bayi asalnya sperma datang dari khunthul siyapah?

angin? hanya orang bodo yang mau digoblogin orang tholo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pamancik09 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 13:02
cek 17 tahun lagi, apa anaknya bisa buat mukjizat sembuhkan orang sakit parah & bangkitkan orang mati cuma pakai ngomong aja, atau punya libido setara 30 pria dewasa & bisa belah bulan, laut, atau belah duren?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qulit.qulup dan 9 lainnya memberi reputasi
9 1
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 13:13
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 13:25
Terakhir berita klaripikasinya.

Dia mengakui kalo dia hamil dengan mantan suaminya lalu cerai
Diubah oleh ontapesek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ATR42 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 13:45
Ga kenal cryptic pregnancy gan, cuma kenal crypto currency emoticon-Leh Uga
profile-picture
AyahElmyra memberi reputasi
1 0
1
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 13:55
udah kyk kembang biak tumbuhan nih cewe
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Siti Hamil Tanpa Hubungan Seks, Apa Bisa? Kenali Istilah Cryptic Pregnancy
15-02-2021 13:57
kirain gue cryptic pregnancy menghasilkan bayi cryptid emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan Gailham memberi reputasi
2 0
2
Halaman 1 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia