nefri.ryuAvatar border
TS
nefri.ryu
Cara Nagih Utang Yang Ekstrem dan Ampuh, Ane Pun Berhasil…



Niat ikhlas meminjamkan uang ke sodara, temen, kerabat dan kenalan, kerap kali dibalas dengan tindakan yang menyakitkan. Bener gak???


Banyak orang yang awalnya memohon untuk dipinjamkan uang, dengan berbagai alasan yang membuat kita iba.


Tapi waktu ditagih, malah ngamuk-ngamuk. Yang empunya duit malah terkesan mengemis-ngemis agar uangnya dikembalikan.


Hal itu juga pernah ane alami 3 tahun lalu. Sedikit cerita aja. Dulu, temen ane, Ani (pernah ane bahas di cerita horror), udah ane anggap adek sendiri, apalagi kondisi perekonomian keluarganya tuh serba pas-pasan. Waktu dia nikah, ane pun datang walau harus berjam-jam ke lokasi pernikahannya.


Waktu dia hamil anak ke dua (anak pertama berusia 1th), dia ditinggal kerja oleh lakinya (ane kenal banget dg lakinya). Dia nelp ane dan minta tolong agar meminjamkan uang Rp1,5jt.

Kondisi ekonomi dia lagi carut marut, ditambah lagi ada orang yang mau ngelaporin dia ke polisi, kalo gak ngebalikin duet orang tsb.


Kebayang kan, udh di rumah berdua doang sama anaknya yg kecil, sedang hamil besar, makan Cuma nasi telor doang (kadang gorengan doang), ane pun gak tega kalo sampe dia harus berurusan dg polisi. (Ane males bahas lakinya..).


Karena gak ada duit, ane akhirnya pinjem ke temen, setidaknya agar Ani aman dari si penagih utang tsb. Dia janji 2 minggu ke depan akan bayar.






Namun.. waktu ane tagih, banyak banget alasannya. Sampe akhirnya berbulan-bulan ane diemin, dia dan suaminya kayak gak ada itikad baik. Sebenernya ane akan mentolerir, jika dia ngomong dengan cara baik-baik dan meminta maaf.


Tapi waktu ane tagih ke dia, dia malah nyuruh ane tagih ke laki Ani. Kan asyemm.. Hubungan pertemanan kami pun rusak, dan ane harus ganti duit temen ane itu. (Saat itu hidup ane lagi morat-marit banget).


Satu tahun berlalu, ane ngerasa kayak.. ya udahlah ya, mungkin akan ada gantinya lagi. Lagian udah lebih 3x ane tagih. Sampe akhirnya, ane ngelihat komenan laki Ani di salah satu postingan jualan temen ane.



Sontak.. jiwa barbar ane keluar nih.. hahahaahah (skip soal cerita awal, ane akan kasih tips biar orang yang ngutangin bakal bayar utangnya).



Awalnya ane kirim ke pesan inbox dia, tapi gak direspon dengan baik. Akhirnya ane pake cara agak barbar dikit, walau pun buat kita berdua malu.



1.Sindir di Komenan Temen





Ane selalu dapat notifikasi, kalo laki Ani, sebut saja Andra, selalu ngomen postingan temen-temen ane. Di sana, ane suka nimbrung dan nyindir-nyindir dia.

Ex : “Oalah.. enak kali ya belanja online,


Ini berlaku kalo akun FB/IG agan gak diblokir sama yang ngutang ya.. 



2. Sindir Lebih Keras




Kalo sindiran gak mempan, ane langsung aja komen pedas di komenan atau postingan dia.

Kayak waktu itu, si Andra pernah balas-balasan komen di postingan senior kampus ane.


Ane jawab aja “duh, update banget balas komenan di mari, tapi bayar utang lupa tuh (sembari nge-tag akun FB-nya,”


Sampe sini, dia akhirnya inbox ane dan janji besok akan bayar. Dia juga gak suka, kalo ane mempermalukan dia di postingan temen itu. Dia mau komenan ane diapus, ane nolak dong, siapa dia coba nyuruh-nyuruh ane.


Dan akhirnya Rp500.000 udah ditransfernya. Sisa Rp1 juta, katanya akan ditransfer dalam waktu dekat. (Itu sekitar awal tahun 2020 lalu).



3.  Buat Postingan Yang Nyindir Langsung






Udah berbulan-bulan, tapi gak ada itikad baik dari dia. Akhirnya ane buat postingan di wall FB ane. Ane sindir-sindir dia dengan kata-kata yang membuat orang yang baca tahu, kalo dia ngutang sama ane tapi gak bayar-bayar.


Ex : “Gimana nih, udah bertahun-tahun lho duit ane gak dibayar-bayar. Kapan nih bayar utang tuh (sambil tag akun FB Andra dan Ani)


4. Pake banyak akun medsos







Hilang satu, tumbuh seribu. Itulah yang ane anut. Akun ane diblokir, ane punya banyak akun lain buat mempermalukan dia dg utangnya.

Kalo utk ini, ane yakin dia dg tipikal orang yang gengsi dan menjaga harga diri, pastinya langsung tertampar dengan postingan-postingan ane.



5. Kalo Ketemu, Langsung Labrak






Ane pernah ketemu dengan si Andra. Tanpa pikir panjang, ane labrak dia walau di depan temen-temennya. Sebenernya lebih bagus di depan temen-temennya, karena akan buat malu dia dan gak mau panjang urusannya jadi dibayarlah utangnya.


Waktu itu, dia gagal menunjukkan gaya sok cool-nya di hadapan gue dan temen-temennya. Dengan wajah pucat dan terbata-bata, dia berusaha untuk ngeredamin ane, tapi gak berhasil cuy. Ane udah kadung bawa avatar api, siap ngebakar harga diri dia di depan temen-temennya.


Ane juga gak mau dinilainya Cuma berani di medsos doang, semakin dipandang sebelah mata dan gak akan dibayar tuh utang ane.


Dan akhirnya berhasil.. uang Rp500.000 dibayarnya. Nah, sisa Rp500.000 lagi nih..


6. Tetap Konsisten






Karena si Andra gak menunjukkan itikad baiknya, ane kembali labrak dia di berbagai postingan dan komenan dia di FB.

Akhirnya, dia bayar Rp200.000. Nyicil2 gak jelas gitu. Kalo dia pinter, harusnya dia bayar langsung dong, biar gak kembali dipermalukan.



7. Serang Akun Medsos Lainnya






Karena FB ane diblokirnya, ane cari akun IG-nya. Lalu, di postingannya, ane komen tapi dg masuk ke komenan orang lain. Ya.. tahu sendiri, pasti orang lain akan baca dong. Ane juga posting di snapgram, dengan nge-tag akun IG Andra dan Ani.


Ok Fix, IG ane diblokirnya. Ane serang dengan akun lainnya. Dan akhirnya, ane serang pake akun IG lainnya. Dan akhirnya, dia ngirim Rp200.000 lagi ke ane. Sisa Rp100.000 utangnya.



8. Respon dari Warganet






Dari postingan ane yang nyindir dia, ternyata ada salah satu akun FB yang komen di postingan ane. Ternyata dia juga pernah jadi korban si Andra, bahkan di tahun 2012 lalu.

Janji tinggal janji, sampe  ane buat postingan tsb, si Andra gak mau tanggung jawab. Dan masih banyak kasus-kasus serupa dg beragam korban.



9. FYI :





Kenapa ane getol banget nagih ke dia. Sebenarnya bukan perkara nominalnya. Tapi cara pasutri itu yang gak kooperatif sama ane dan gak ada sopan santun sama sekali.


Sebenarnya, ane termasuk orang yang sering bantuin dia dr awal Ani nikah sampe mau brojol anak ke dua. Mulai dari bayarin laundry-nya, beliin pampers dan susu utk anaknya, sampe beras. (gakpapa ane ngungkit-ngungkit ya, biar duduk permasalahannya clear).


Ane jadi kayak nolong anjing kejepit gitu. Makanya ane jadi barbar gitu. Karena selama ini, ane selalu mentolerir apa pun kondisi temen ane, tapi kalo ini udah kelewatan.




*tapi sebelum agan-agan buat ini, pastikan kalo tipikal si ngutang tsb gak akan ngelaporin agan ke polisi terkait UU ITE. Kalo ane insyaallah yakin, karena laki bini tuh banyak kasus. Kalo dia ngelaporin, ke blow-up dong identitas dia dan berkemungkinan besar korban-korban dia akan ngelaporin balik.


**utk ngurusin ini, dia harus siapin mental dan cuan lebih, ane sangat paham kalo perekonomian mereka, jadi kalo pun ada cuan, pasti mereka sayang lah keluarin utk gengsi ngelaporin gue aja.


*** Temen-temen ane yang lain banyak menyalahkan ane, kenapa terlalu percaya dan baik ke Ani. Itu sebenarnya gak bisa diberi alasan. Karena yang tahu, nih.. hati yang terdalam.Walau akhirnya, ane yang ngerasa ditipu oleh Ani dan suaminya.


**** Sebenernya ane tahu tabiat lakinya, tapi yang minjem itu si Ani, temen akrab ane sendiri. Ane pikir, gak mungkin dia akan memperlakukan ane kayak korban-korban lakinya yang lain. Apalagi kita udah kayak sodara. Tapi ternyata dugaan ane salah, tapi nasi udah jadi bubur. Di sini ane belajar, agar jangan terlalu percaya dg orang lain.


Segitu dulu gan curhatan dan tips dari ane. Kalo mau nimpuk silahkan, tapi sebenernya ane Cuma ngasih saran aja sih utk ngadepin si penghutang-penghutang yang gak tau diri. Dari tips ane nih, pasti ada konsekuensinya, tapi itu resiko dalam setiap tindakan.







Quote:






Quote:



Diubah oleh nefri.ryu 12-02-2021 14:25
habibpalsu
fc88
tien212700
tien212700 dan 74 lainnya memberi reputasi
73
20.1K
313
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the Heart
icon
31.4KThread41.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.