News
Batal
KATEGORI
link has been copied
318
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6024d2ba878df103904d65e4/maruf-sebut-negara-berpenduduk-muslim-tertinggal-karena-berpikir-sempit
Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut ada beberapa penyebab yang membuat negara dengan mayoritas penduduk Muslim mengalami ketertinggalan, khususnya di sektor ekonomi. Salah satunya karena banyaknya orang yang berpikir sempit.
Lapor Hansip
11-02-2021 13:46

Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit

Past Hot Thread
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit

Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit


Suara.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut ada beberapa penyebab yang membuat negara dengan mayoritas penduduk Muslim mengalami ketertinggalan, khususnya di sektor ekonomi. Salah satunya karena banyaknya orang yang berpikir sempit.

"Hal itu yang menjadi salah satu penyebab mengapa banyak negara berpenduduk Muslim masih tergolong underdeveloped country dan mengalami ketertinggalan dalam bidang ekonomi, pendidikan, iptek, dan bidang lainnya," kata Ma’ruf dalam Seminar Internasional berjudul Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid secara daring dari Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Ma'ruf kemudian mencontohkan perilaku berpikir sempit yang muncul akhir-akhir ini ialah terkait adanya kelompok yang menganggap pandemi Covid-19 konspirasi elite global, sehingga hal itu menghambat penanganannya.

Ia menyebut cara berpikir sempit juga menghambat dan kontraproduktif dalam upaya membangun kembali peradaban Islam.


"Contoh sederhana cara berpikir sempit adalah tidak percaya bahwa Covid-19 adalah nyata atau percaya pada teori-teori konspirasi, tanpa mencoba untuk memahami fenomena dengan akal sehat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan," katanya.

Menurut Wapres Ma'ruf, cara berpikir sempit merupakan salah satu penyebab munculnya sifat radikal, egois, dan tidak mau menghargai perbedaan, sehingga jika hal itu terus dibiarkan akan dapat merusak tatanan kehidupan negara yang toleran.

"Cara berpikir sempit juga bisa melahirkan pola pikir yang menyimpang dari arus utama atau bahkan menjadi radikal yang dapat menjustifikasi kekerasan dalam menyelesaikan masalah. Karena itu, saya tidak ingin umat Islam, ikut dalam arus berpikir sempit, seperti fenomena yang muncul belakangan ini," katanya.


Cara berpikir kata Ma'ruf, merupakan kunci utama yang menentukan kemajuan atau kemunduran suatu peradaban. Sehingga, cara berpikir yang harus dikembangkan dan diutamakan oleh umat Islam dalam mengamalkan ajaran agama ialah wasathy atau moderat.

"Bagi saya, cara berpikir yang moderat dan dinamis tersebut berarti bahwa kita tidak bisa hanya memahami secara tekstual pada teks semata serta menolak perkembangan ilmu pengetahuan," katanya


Dalam menyikapi persoalan di kehidupan sehari-hari, kata dia, umat Islam tidak bisa juga bergantung sepenuhnya pada ilmu pengetahuan dan mengabaikan motivasi agama, karena hal itu akan menimbulkan pola pikir liberal.

Menurutnya harus ada batasan dalam menjalankan kehidupan beragama, yakni di tengah-tengah antara tidak berpedoman pada teks semata dan tidak menjadi liberal.

"Dengan demikian, cara berpikir Islami itu tidak tekstual dan tidak liberal, la tektualiyan wala liberaliyan, tetapi moderat, wasathiyan atau tawassuthiyan," ujarnya.


-------

Coba abu janda yang ngomong seperti iniemoticon-Belgia
Diubah oleh andika.1stravel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fc88 dan 55 lainnya memberi reputasi
46
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 10
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 17:33
Jabatan akan selalu membuat org menjilat kembali air ludahnya... emoticon-Ngakak (S)





Coba kita tanya @i.am.legend., kira-kira apa pendapatnya emoticon-Mad





profile-picture
profile-picture
drkomo dan andika.1stravel memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 17:35
Quote:Original Posted By andika.1stravel

Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit

^
^
wajah pak kiyai cipiiit sepelti cinak ??? emoticon-Belo

hajal dluuuuuuun.
tulunin bajel2 bikin stoly tulunan cinak
emoticon-DP
Diubah oleh GuruYosen
0 0
0
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 17:38
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit

emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
takitakizumba dan mdsnhkyt memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 17:42
Bshsnnsndnd
Diubah oleh takitakizumba
0 0
0
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 17:50
Kira2 bakal rame gak ya kalo wapres yg ngomong? Tapi emang harus diakui pemikiran sempit bisa menghambat kemajuan sih
0 0
0
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 17:53
Kurang setuju pak, buktinya UEA mayoritas penduduk muslim sudah bisa kirim roket ke Mars
profile-picture
takitakizumba memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 17:53
apakah para hakim sudah bisa menyatakan bahwa mbah maruf secara sah dan meyakinkan sudah sah dinyatakan nyebong?
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 17:59
Ini kalau yg ngomong Ahok atau Jokowi pasti udah didemo berjilid-jilid emoticon-Leh Uga
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:01
Pasukan otak sempit... rapatkan barisan, demo grak!!!!
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:05
Krn pendidikan eksklusif dan kurikulum copy paste yg makin ketinggalan jaman. Yg advanced, kaya, cerdas, religius kyk Habibie ada tapi sedikit.
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:10
Bukti kalau abu janda memang benar.
profile-picture
profile-picture
andika.1stravel dan bajier memberi reputasi
2 0
2
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:11
bila anda sakit, mau sembuh, ya harus menyadari dulu ooo saya sakit, hayok minum jamu apa makan obat .

jangan sampe, anda sakit, dikasih tau orang:" eh bro anda sakit". anda nggak mau terima, "ah, bohong, saya nggak sakit!" tau-tau plek brek ngek prot
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:15
saya rasa bener kata beliau ini,, cuman membenarkan aja sih
emoticon-Ngakak
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:15
duh yai udah jd bgini juga
0 0
0
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:18
Cuma baca skrip ga nih
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:21
pura2 ga bacaemoticon-Ngacir
0 0
0
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:23
Gmana orgnya aj, mau berpikir sempit, luas, lega, geser dikit...emoticon-Ngakak
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:30
Says you
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:33
Itu karena korupsi. Malas belajar. Malas kerja. Maunya serba mudah.
Lihat aja orang ke minimarket jarak 100 meter pake motor.
emoticon-Hammer2
Kerja maunya jadi PNS jam 8 pagi masih santai ngopi di rumah terus ke kantor absen doang pulang lagi, kalo di swasta banyak kerjaan pada tepar
Diubah oleh Hendracute
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 18:34
Gak usah baper.
Kalau baper berarti agan termasuk kontributor nya krn berpikiran sempit.
Emang disekitar kita banyak yg begitu krn rendahnya tingkat pendidikan..
Yg penting gimana anak2 kita bisa mempunyai pikiran terbuka denga tegap berpegang teguh pada nilai2 agama..
profile-picture
profile-picture
andika.1stravel dan takitakizumba memberi reputasi
2 0
2
Halaman 5 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia