• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?

DikaMonsterAvatar border
TS
DikaMonster
Apa Bener Kalo Kita Berhutang Kepada Orang Tua? Menurut agan gimana?
Assalamualaikum Wr, Wb.

disclaimer sebelumnya ya gan, disini ane cuman pengen diskusi ringan aja. karena ini jg masih pendapat alami ane pribadi sebagai anak dan orang tua baru ya gan, bila ane ada salah kata dan salah tindakan ane minta maaf, dan ane berharap ini bisa menjadi hikmah buat ane dan buat agan2 yg baca. 

sesuai dengan judul ane yg di atas gan, menurut agan semua apa bener kalo kita itu berhutang sama orang tua kita sendiri gan? karena menurut ane pribadi ya, ga ada yg namanya kita berhutang sama orang tua, tp sebaliknya. kenapa? karena menurut sudut pandang ane pribadi ya gan, kita itu di lahirkan atas kuasa Allah SWT, kita (sbg orang tua) di berikan amanah oleh yg kuasa utk membesarkan, mendidik, menafkahi, dan merestui anak kita. 


menurut ane pribadi, berhutang itu adalah sesuatu hal yg harus dibayar kontan atau serupa dengan apa yg sudah di keluarkan, tp apa iya kalo kita di lahirkan kita jg harus membayar dengan melahirkan (?) atau kita di berikan pendidikan oleh orang tua lalu kita harus mendidik orang tua kita sendiri (?) atau bila orang tua merestui pernikahan kita, kita harus pula merestui pernikahan mereka sebelum ane di lahirkan (?) 

atau malah sebenarnya kita (sbg orang tua) yg berhutang  kepada anak kita sendiri? kenapa ane bisa bilang spt itu, mungkin ini akan menjadi jawaban serupa dengan statement ane di atas, ane befikir bahwa kita berhutang sama anak itu sebenernya valid gan, karena dimana mereka bergaul, kita sebagai orang tau menjadi pelopor si anak akan berkembang. kalo kita tipe yg pemabuk, maka mungkin anak kita akan menjadi pemabuk jg spt orang tua nya dan mengangaap pemabuk itu adalah hal wajar dalam pandangan mereka dalam pergaulannya, bila kita adalah orang tua yg pemurah dan mengikuti ajaran agama, mungkin si anak akan menjadi pribadi yg sebaliknya dgn orang tua yg mempunyai kebiasaan mabuk2an di rumahnya.

dalam POV ane ya gan, ane jg tumbuh bukan dari keluarga yg kalo di bilang ada ya ada, di bilang cukup ya cukup, di bilang ga ada ya bisa iya bisa engga, hehe binggung kan tp ya ini yg ane bisa kasih liat. gini cerita nya.

dulu orang tua ane sering kali anggap ane itu spesial ke orang banyak, di bilang nya lah ane sekolah di luar negeri. padahal ane sekolah di dalam negeri yg sejujur nya biasa aja pendidikannya ga bagus-bagus amat. ga pinter-pinter amat juga. suatu saat ada tetangga datang kerumah dan ngomong "oh ini ya anak nya si pak A yg dapat beasiswa?" wauw~ padahal ane rangking aja ga pernah gan haha.. malu? iya. pasti. namun ketika ane balikin cerita itu ke orang tua ane, mereka reaksinya tentu ya marah besar. menurut ybs itu adalah sebenernya acuan buat ane bisa dapetin beasiswa itu gan, padahal ya kaya ane bilang td sekolah aja ga pernah dapet ranking. berjuang utk anak nya dapetin hal2 tsb aja nyaris ga pernah. apakah bisa ane sebut itu bluffing

jujur, setelah ane punya anak ane ga pengen ngerasa itu terulang lagi ke ane gan. ane sekarang kerja keras buat anak dan istri ane, ane sekarang berfikir sama diri sendiri. bahwa ane berhutang banyak kedepannya sama anak ane, karena ane yakin suatu saat anak ane akan meminta hal yg serupa dengan ane di masa lalu, dan ane sebisa mungkin pengen ngewujudin impian anak ane, biar ane dan istri yg capek, asal anak ane bahagia dengan cita-cita nya nanti. ane cuman ga pengen terjadi itu kejadian sama anak ane di masa depan. mungkin terdengar seperti balas dendam kali ya?

kalo menurut agan gimana?



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh DikaMonster 14-02-2021 08:27
Negrod
amdar07
tien212700
tien212700 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.6K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.