News
Batal
KATEGORI
link has been copied
314
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6024d2ba878df103904d65e4/maruf-sebut-negara-berpenduduk-muslim-tertinggal-karena-berpikir-sempit
Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut ada beberapa penyebab yang membuat negara dengan mayoritas penduduk Muslim mengalami ketertinggalan, khususnya di sektor ekonomi. Salah satunya karena banyaknya orang yang berpikir sempit.
Lapor Hansip
11-02-2021 13:46

Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit

Past Hot Thread
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit

Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit


Suara.com - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebut ada beberapa penyebab yang membuat negara dengan mayoritas penduduk Muslim mengalami ketertinggalan, khususnya di sektor ekonomi. Salah satunya karena banyaknya orang yang berpikir sempit.

"Hal itu yang menjadi salah satu penyebab mengapa banyak negara berpenduduk Muslim masih tergolong underdeveloped country dan mengalami ketertinggalan dalam bidang ekonomi, pendidikan, iptek, dan bidang lainnya," kata Ma’ruf dalam Seminar Internasional berjudul Membangun Peradaban Islam Berbasis Masjid secara daring dari Jakarta, Kamis (11/2/2021).

Ma'ruf kemudian mencontohkan perilaku berpikir sempit yang muncul akhir-akhir ini ialah terkait adanya kelompok yang menganggap pandemi Covid-19 konspirasi elite global, sehingga hal itu menghambat penanganannya.

Ia menyebut cara berpikir sempit juga menghambat dan kontraproduktif dalam upaya membangun kembali peradaban Islam.


"Contoh sederhana cara berpikir sempit adalah tidak percaya bahwa Covid-19 adalah nyata atau percaya pada teori-teori konspirasi, tanpa mencoba untuk memahami fenomena dengan akal sehat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan," katanya.

Menurut Wapres Ma'ruf, cara berpikir sempit merupakan salah satu penyebab munculnya sifat radikal, egois, dan tidak mau menghargai perbedaan, sehingga jika hal itu terus dibiarkan akan dapat merusak tatanan kehidupan negara yang toleran.

"Cara berpikir sempit juga bisa melahirkan pola pikir yang menyimpang dari arus utama atau bahkan menjadi radikal yang dapat menjustifikasi kekerasan dalam menyelesaikan masalah. Karena itu, saya tidak ingin umat Islam, ikut dalam arus berpikir sempit, seperti fenomena yang muncul belakangan ini," katanya.


Cara berpikir kata Ma'ruf, merupakan kunci utama yang menentukan kemajuan atau kemunduran suatu peradaban. Sehingga, cara berpikir yang harus dikembangkan dan diutamakan oleh umat Islam dalam mengamalkan ajaran agama ialah wasathy atau moderat.

"Bagi saya, cara berpikir yang moderat dan dinamis tersebut berarti bahwa kita tidak bisa hanya memahami secara tekstual pada teks semata serta menolak perkembangan ilmu pengetahuan," katanya


Dalam menyikapi persoalan di kehidupan sehari-hari, kata dia, umat Islam tidak bisa juga bergantung sepenuhnya pada ilmu pengetahuan dan mengabaikan motivasi agama, karena hal itu akan menimbulkan pola pikir liberal.

Menurutnya harus ada batasan dalam menjalankan kehidupan beragama, yakni di tengah-tengah antara tidak berpedoman pada teks semata dan tidak menjadi liberal.

"Dengan demikian, cara berpikir Islami itu tidak tekstual dan tidak liberal, la tektualiyan wala liberaliyan, tetapi moderat, wasathiyan atau tawassuthiyan," ujarnya.


-------

Coba abu janda yang ngomong seperti iniemoticon-Belgia
Diubah oleh andika.1stravel
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fc88 dan 55 lainnya memberi reputasi
46
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 10
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 15:44
Terima kasih atas infonya Pak Wapres.

pertanyaan selanjutnya adalah, apa yang akan anda lakukan setelah adanya info ini...??
profile-picture
profile-picture
gosal1929 dan kaiharis memberi reputasi
2 0
2
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:05
UAE, Saudi, Qatar, dkk tertawa melihat penyataan ini
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:11
Kalau ane sih ngeliatnya ga kayak gitu, walaupun iya, fanatisme bakalan mengungkung cara berpikir, entah itu fanatisme terhadap agama apapun agamanya, ataupun ideologi lainnya.

Yg bikin tertinggal itu kulturnya kurang sehat, ga ada kultur buat bikin hidup lebih mudah dan hidup lebih baik di masyarakat. Masalah kayak gini biasanya disokong dengan masalah multi dimensi baik dari segi kemasyarakatan, maupun perseorangan,pembohong, egois dan pemales biasanya 3 hal yg paling mencuat di masalah ini.

Masalah inclusivitas mau diliat dari agama atau nasionalitas yg ada, menurut ane mah cuman bahan yg dipake oleh pihak2 tertentu, entah buat menyudutkan pihak2 tertentu atau mengagungkan pihak2 tertentu. Jangan sampe kepanjangan hal2 kayak gini.

Contoh kayak amerika, yg di taun 70-an ampe 90an ekonominya kuat, perusahaan banyak yg naek, teknologi maju, cuman diplintir sama segolongan orang2 bahwa itu murni amerika, hebatnya amerika dll.

Padahal kemajuannya banyak ditunjang dari pendatang2 baru, banyak ahli2 didatangkan, diundang atau datang sendiri, dengan latar belakang berbeda, tapi ini selalu dikesampingkan, mungkin kalau nonton pelm dulu, masih keliatan sih kondisi stereotipnya.

Mabuk nasionalisasi tanpa mampu mengukur isi orang dan diri sendiri, bikin banyak generasi muda amerika bikin orang tepok jidat, walaupun pendidikan tinggi.Satu atau dua naek, tapi yg bikin tepok jidat makin banyak.
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:13
maklum...kan harus sesuai dengan manual book nya...jadi nya di larang berpikir kritis apa lagi bermain logika
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:13
Sebenarnya gak bener juga, lebih tepatnya mereka tertinggal karena sistem sosialnya jelek emoticon-Big Grin

Kan wowok pernah kelakar kalo Indonesia kekayaannya dikuasai sama satu persen penduduk emoticon-Big Grin

Yang bikin muslim tertinggal karena mayoritas mereka miskin emoticon-Big Grin

Kalo liat Qatar, uea, saudi, dan iran mereka maju karena kesenjangan kecil emoticon-Big Grin

Tapi paham liberal juga punya andil membuka mindset muslim di sana
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:32
Coba lusa lu tanya masih inget ga? emoticon-Ngakak
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:37
Gile, yg ngomong dedengkot 212 emoticon-Ngakak
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:38
Auah..
Ngeri bablas dihujan netijen
0 0
0
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:38
Quote:Original Posted By belagudech
Kira2 sadar gak peyebabnya karena apa ? emoticon-Embarrassment


agama....
0 0
0
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:39
Apalagi ada wo yang wacanakan kimpoi pada umur 12 tahunemoticon-Ngakak
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:39
Si opung baru menyadari dia dan sodara/i seiminnya itu hanya punya otak berukuran 1 buku yang konon suci berisikan bisik2 A ke M.
profile-picture
profile-picture
andika.1stravel dan bajier memberi reputasi
2 0
2
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:40
Ironis
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:41
Kategori penistaan islam nih drun?! Lastcar jihad...oh se-goblok y aman.
profile-picture
bajier memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:44
Sempit kek mana
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:45
Apapun agamanya sing penting cinta damai
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:45
Intinya berantas faham faham konservatif ortodok kayak pemuja hadist wahabon salapon ala ala hijrah
Jadikan islam menjdi moderat
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:48
Yang penting masuk surga pak, hidup di dunia sementara, di surga selama-lamanya.
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:50
emang bener pak pada sempit
profile-picture
andika.1stravel memberi reputasi
1 0
1
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:50
tumben ngomong mbah
0 0
0
Ma'ruf Sebut Negara Berpenduduk Muslim Tertinggal karena Berpikir Sempit
11-02-2021 16:51
Maaf pak mau banyak,
Kerjaan anda apaan sih !!???
profile-picture
profile-picture
andika.1stravel dan bajier memberi reputasi
2 0
2
Halaman 3 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia