whitehatsAvatar border
TS
whitehats
Pikir Berkali-kali Kalau Mau Memulai Bisnis di Era Pandemi
Ada banyak orang peroleh kesuksesan dari dunia bisnis, namun bejibun pula mereka yang merasakan kegagalan dalam bisnisnya. Terlebih lagi di era pandemi sekarang banyak orang berpendapat kalau berbagai hal sekarang menjadi tak pasti, meskipun mengintip dari beberapa sumber pun juga sudah membeberkan akan beberapa bisnis yang dianggap memiliki prospek di Tahun Kerbau Logam. Menilik dari perhitungan kalender Tionghoa, 2021 adalah tahun kerbau logam yang terhitung sejak Imlek 2021 yang tahun ini jatuh pada tanggal 12 Februari sampai dengan 30 Januari 2022. 

Bisa kita temui di sekitar kita para pekerja kantoran yang mulai shifting  dengan merambah ke dunia bisnis. Entah itu sebagai sampingan, atau menjadi dunia yang baru mereka geluti dengan mencoba peruntungan setelah terdampak oleh pandemi Covid-19. Namun perlu diingat penting untuk berpikir secara matang dan penuh rinci sebelum memulai untuk berbisnis di saat sekarang. 


Photo by fauxelsfrom Pexels


Gimana Kalau Memulai Bisnis dari yang Kita Sukai?
Memang sudah bejibun bisa kita temukan Success Stories pelaku bisnis yang menjalaninya berawal dari kegemaran atau hobi. Melakukan apa yang kita suka memang lebih passionate, dan biasanya memang lebih memiliki kepahaman akan bidang tersebut. Meskipun berawal dari sebuah kesukaan, namun berbisnis dengan apa yang kita suka juga tetap menuntut akan pengembangan ide, keuletan, dan strategi yang jitu agar tak mandeg di tengah jalan. Jadi, agan sendiri punya kegemaran apa?

Modal Minim Bisa Jalan Nggak ah..?
Dari beberapa contoh di orang terdekat ane sendiri, banyak yang merasakan kesuksesan dengan memulai dari bisnis kecil-kecilan yang tak butuh modal besar. Tentu ini bertujuan demi kelancaran bisnis bisa terjaga. Untuk memulai bisnis usahakan agar tak wajib membutuhkan modal besar, dan mulai lah bisnis tersebut secara perlahan. Hal terpenting adalah untuk agar memastikan bahwa bisnis tersebut mampu menghasilkan, meskipun terbilang sedikit. Barulah kemudian setelah melewati proses analaisan dan dianggap memiliki prospek yang menguntungkan, kita bisa mulai scale up  untuk mengembangkan bisnis tersebut.

Mengintip Peluang Potensial
Sependek pemikiran ane sih dunia bisnis memang tak jauh dari supply and demand, teori yang diajarkan sedari jaman SMA untuk jurusan IPS. Kehadiran pandemi kabarnya membuat lesu daya beli, jadi kalau agan mau memulai bisnis di era sekarang wajib pintar-pintar dalam mengintip berbagai peluang bisnis yang dianggap menjanjikan. Peluang dan prediksi bisa agan temuin dengan menganalisa secara mandiri, atau bisa juga menyimak pendapat dari para pakar. 

Salah satunya adalah lewat Hobby Talks di KASKUS, episode spesial peringati hari Imlek ini bakal hadirkan topik tentang "Ramal Cuan Bisnis & Hoki di Tahun Kerbau 2021" yang direncanakan pada 16 Februari 2021 mendatang . Acara virtual ini akan menghadirkan Piggythepig (Ahli Feng Shui) dan Carolina Ardelia (Pebisnis). Untuk informasi event ini akan ada informasi lengkapnya dalam waktu dekat.

Sembari menanti acara tersebut digelar, hayuk pada bagiin dulu dong dimari tentang bagaimana pendapat Agan soal bisnis di era pandemi seperti sekarang ini?. Siapa tau komentar agan sista bisa menjadi referensi bagi Kaskuser lainnya. 
Ditunggu komentarnya yah Gan... emoticon-Shakehand2




Diubah oleh whitehats 10-02-2021 09:38
Richy211
wanitatangguh93
tien212700
tien212700 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
6.8K
206
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.