News
Batal
KATEGORI
link has been copied
58
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/602389eef065b8599760080c/cerita-bocornya-radiogram-bupati-picu-pembantaian-dukun-santet-di-banyuwangi
Banyuwangi - Geger dukun santet sehingga menyebabkan banyaknya orang yang diduga memiliki ilmu hitam di Banyuwangi dibantai, juga dipicu dengan bocornya salinan pendataan dukun santet. Pemkab Banyuwangi pada masa kepemimpinan Bupati Turyono Purnomo Sidik, mengeluarkan radiogram kepada unsur di bawahnya, untuk melindungi orang yang diduga dukun santet. Namun sayang, data yang sudah dikumpulkan itu
Lapor Hansip
10-02-2021 14:23

Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi

Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di BanyuwangiBanyuwangi - Geger dukun santet sehingga menyebabkan banyaknya orang yang diduga memiliki ilmu hitam di Banyuwangi dibantai, juga dipicu dengan bocornya salinan pendataan dukun santet. Pemkab Banyuwangi pada masa kepemimpinan Bupati Turyono Purnomo Sidik, mengeluarkan radiogram kepada unsur di bawahnya, untuk melindungi orang yang diduga dukun santet.
Namun sayang, data yang sudah dikumpulkan itu justru menjadi data bagi para provokator untuk menggerakkan massa yang dilakukan dengan membantai para dukun santet tersebut semakin masif.

Dari salinan radiogram yang tercantum di buku Geger Santet Banyuwangi terbitan Institut Studi Arus Informasi (ISAI), tertulis, radiogram itu diterbitkan 6 Februari 1998, dengan Nomor: 300/70/439.013/1998 oleh Bupati pada saat itu, Turyono Purnomo Sidik, purnawirawan TNI Angkatan Darat. Radiogram berkategori penting itu ditujukan kepada seluruh camat dan pembantu bupati yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Adapun isinya menginstruksikan para camat dan Muspika untuk mencegah sedini mungkin terjadinya peristiwa pengrusakan terkait isu dukun santet. Para camat juga diminta mengimbau melalui kepala desa, RW, dan RT, apabila ada warga yang pernah dituduh masyarakat sebagai tukang santet, supaya mengamankan diri atau pindah ke tempat lain. Selain itu, melaporkan setiap kejadian ke Pos Kodal Tibwil.

Radiogram ini diterbitkan pascapembunuhan dukun santet bernama Sumarno alias Pak No, warga Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, 4 Februari 1998, dan beberapa kasus serupa setelahnya. Belakangan, buntut radiogram itu berkembang liar di masyarakat. Beberapa nama yang didata sebagai dukun santet bocor dan warga seolah-olah mendapat tugas dari negara untuk mengenyahkan dukun santet di lingkungan mereka.

"Setidaknya ada 2 radiogram yang dikeluarkan. Tapi saya lupa nomer berapa. Dan itu ditangkap oleh masyarakat sebagai legitimasi pembantaian itu. Sehingga terjadi pergerakan massa kembali melakukan pembantaian dukun santet," ujar Bahrurrohim, Ketua Komunitas Pegon Banyuwangi kepada detikcom, Rabu (10/2/2021).

Bahrurrohim mengatakan siapa-siapa orang yang diduga dukun santet itu malah dipegang oleh kepala dusun dan hansip yang kemudian dipanasi oleh provokator untuk melakukan tindakan anarkis. Pesan radiogram bupati pun berujung maut bagi Muhammad Yasin, warga Kampung Krajan, Desa Watukebo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Pria 70 tahun itu tewas dianiaya karena dianggap sebagai dukun santet pada 15 September 1998.

Menurut pria yang biasa dipanggil Ayung itu, berdasarkan kesaksian Said, warga Watukebo, pada malam sebelum pembantaian terhadap Yasin, warga berkumpul di rumah kepala dusun bernama Uwo. Rapat itu awalnya membahas penanggulangan aksi kekerasan terkait isu dukun santet yang merebak di sejumlah daerah di Banyuwangi.

Namun dalam pertemuan yang berlangsung pada 14 September 1998 itu, ada kesepakatan untuk membunuh orang yang diduga sebagai dukun santet. Targetnya tiga orang, namun satu orang mengungsi, jadi tinggal dua orang yang dibidik warga, yakni Yasin dan Sikin. Keduanya akhirnya dieksekusi warga secara sadis sekitar pukul 02.00 WIB.

Pendataan itu juga membuat beberapa orang yang masuk dalam data itu mengakhiri hidup dengan gantung diri. Pada 9 dan 10 Oktober banyak berserakan selebaran yang bernada ancaman bagi siapapun yang hendak menyelamatkan atau melindungi orang-orang yang tertuduh dukun santet yang telah terdaftar.

Selebaran tersebut diatasnamakan Gerakan Anti Tenung yang disingkat GANTUNG. Selain selebaran tersebut, beberapa orang juga menerima surat kaleng yang berisi ancaman. Para penerimanya antara lain Mahmud Khaerudin, Rohim, dan Dollah Wijaya.

"Akibat teror yang demikian masif ini, membuat orang yang tak kuat memutuskan untuk bunuh diri. Ada nama Dori asal Kecamatan Genteng. Guru ngaji itu ditemukan gantung diri di rumahnya pada 10 Oktober," pungkasnya.

Sementara itu pemerhati sejarah Banyuwangi Suhalik mengatakan dukun santet di Banyuwangi sejak lama sudah dimusuhi oleh masyarakat. Warga biasanya akan mengusir orang yang diduga dukun santet dari kampung. Barulah pada tahun 1998 itu muncul adanya aksi pembantaian yang diduga diprovokatori oleh orang dari luar Banyuwangi.

"Dulu mereka diusir (dukun santet). Karena masa itu kearifan lokal Banyuwangi tidak ada tindakan melakukan pembunuhan dan pengrusakan rumah warga. Baru setelah ada provokator itu muncul hal tindakan anarkis," kata Suhalik.

https://news.detik.com/berita-jawa-t...i-banyuwangi/2

Kisah yg di lupakan padahal lebih berdarah di banding kasus 98 di jakarta.
Malah ini penuh misteri.

emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 16:59
Luka lama ..,sebagai orang yang tumbuh dewasa di daerah itu pada taon 98..memang rasanya mencekam tiap malam jaga kampung..akhirnya taon 2000an hijrah ke kalteng..malah ada kejadian lagi lebih parah...akhirnya geser dikit ke kalimantan bagian timur dan alhamdulilah masih bernafas sampai sekarang..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nhoeer1306 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 17:04
inget banget sama tragedi ninja ini. salah satu tetangga kakek dulu malam hari dibobol ninja seluruh penghuni rumah ditewaskan dengan luka menganga akibat ayunan pedang sabet.
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 17:13
walah tenyata ada witch hunt ala kearifan lokal sini, baru tau gw
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 17:14
Prof Ronny Nitibaskara waktu bikin skripsi th 70an juga tentang pembantaian dukun santet....

Artinya isu ini udh sangat lama
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 17:21
banyuwangi memang sarang dukun santet sampai dengan saat ini malah buat acara pameran ilmu hitam segala.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan 2 lainnya memberi reputasi
1 2
-1
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 17:34
itu kerjaan jenderal pro orba deh kayaknya , serupa tapi tak sama dengan kerusuhan ambon , freman fasar berantem dengan sofir angkot gregara minta wang 5000 blum dafat wang blum bisa ngasih berantem, trus bbrp hr kmd 200 freman dari ibkot datang mrovokasi trus tawuran trus diframing seolah agama k perang dgn agama i, terjadilah yang namanya konflik ambon....

orba untuk melanggengkan kekuasaan haus darah dan mengurbankan rahayat , rahayat yang bodo bodo berebut melakukan kebod0han yang disettingkan...

mantaf
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angga_nero dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 17:35
Seperti kisah trilogi di wetped dan esefteha. Eksekusi tapal kuda.
Diubah oleh nichi07
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 17:37
sadis

gua dari dulu gak percaya santet

kalo santet bener ada, sudah pasti amerika membentuk U.S Mage Corp

buktinya sekarang mana ??? gak ada toh ???
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 1
0
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 17:43
Kalo dulu radiogram sekarang instagram ya. Bisa jadi masalah juga.
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 17:54
.
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
1 0
1
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 18:16
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Iya gan sadisnya ngeri karna misteri yang menarik
emoticon-Big Grinemoticon-Ngacir
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 18:33
Kalo di daerah ane pas tahun segitu justru isu nya dukun santet yg ngebantai, sasaranya para kiyai ustadz, guru ngaji pokonya pemuka agama gitu (katanya). Abang ane juga pas lagi mondok di pesantren hampir tiap malm katanya rondaemoticon-Takut
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 18:35
Kalo sama mbah ceritanya pasti soal ninja yg kalo loncat" di atas atap rumah bak melayang gak bersuaraemoticon-Belo

Jadi inget rumah buyut ane yg serem bnyak pohon nangkaemoticon-Takut
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 18:37
Ane masih batita
0 0
0
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 19:16
Ingat bener nih sekitaran tahun 1997/1998 di jawa timur, nggak cuma di banyuwangi di jaman itu orang2 yang dicurigai dukun santet langsung dihabisi. Di tahun itu sekeluarga sering pulang ke jawa timur, waktu ke sana mobil dipasangin janur kuning.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 20:14
anjay gurinjay emoticon-Ngakak
0 0
0
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 20:47
seperti perburuan penyihir di salem, massachusetts. US taun 1692-1693.. gara2 sekumpulan bocah asal tunjuk org dan disebut penyihir maka 25 nyawa hilang..emoticon-Cape d...
0 0
0
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 20:48
Jadi inget ceritanya om danielo
0 0
0
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 21:34
ternyata 98 itu berdarah banget ya dimana-mana
0 0
0
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
10-02-2021 23:07
Jaman rame²nya isu ninja ini, yg jadi sasaran banyak kiai dan guru ngaji, cerita paling mengerikan pas ane masih SD, kuatir klo tiba² ninjanya muncul
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia