gabener.edan
TS
gabener.edan
Cerita Bocornya Radiogram Bupati Picu Pembantaian Dukun Santet di Banyuwangi
Banyuwangi - Geger dukun santet sehingga menyebabkan banyaknya orang yang diduga memiliki ilmu hitam di Banyuwangi dibantai, juga dipicu dengan bocornya salinan pendataan dukun santet. Pemkab Banyuwangi pada masa kepemimpinan Bupati Turyono Purnomo Sidik, mengeluarkan radiogram kepada unsur di bawahnya, untuk melindungi orang yang diduga dukun santet.
Namun sayang, data yang sudah dikumpulkan itu justru menjadi data bagi para provokator untuk menggerakkan massa yang dilakukan dengan membantai para dukun santet tersebut semakin masif.

Dari salinan radiogram yang tercantum di buku Geger Santet Banyuwangi terbitan Institut Studi Arus Informasi (ISAI), tertulis, radiogram itu diterbitkan 6 Februari 1998, dengan Nomor: 300/70/439.013/1998 oleh Bupati pada saat itu, Turyono Purnomo Sidik, purnawirawan TNI Angkatan Darat. Radiogram berkategori penting itu ditujukan kepada seluruh camat dan pembantu bupati yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Adapun isinya menginstruksikan para camat dan Muspika untuk mencegah sedini mungkin terjadinya peristiwa pengrusakan terkait isu dukun santet. Para camat juga diminta mengimbau melalui kepala desa, RW, dan RT, apabila ada warga yang pernah dituduh masyarakat sebagai tukang santet, supaya mengamankan diri atau pindah ke tempat lain. Selain itu, melaporkan setiap kejadian ke Pos Kodal Tibwil.

Radiogram ini diterbitkan pascapembunuhan dukun santet bernama Sumarno alias Pak No, warga Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng, 4 Februari 1998, dan beberapa kasus serupa setelahnya. Belakangan, buntut radiogram itu berkembang liar di masyarakat. Beberapa nama yang didata sebagai dukun santet bocor dan warga seolah-olah mendapat tugas dari negara untuk mengenyahkan dukun santet di lingkungan mereka.

"Setidaknya ada 2 radiogram yang dikeluarkan. Tapi saya lupa nomer berapa. Dan itu ditangkap oleh masyarakat sebagai legitimasi pembantaian itu. Sehingga terjadi pergerakan massa kembali melakukan pembantaian dukun santet," ujar Bahrurrohim, Ketua Komunitas Pegon Banyuwangi kepada detikcom, Rabu (10/2/2021).

Bahrurrohim mengatakan siapa-siapa orang yang diduga dukun santet itu malah dipegang oleh kepala dusun dan hansip yang kemudian dipanasi oleh provokator untuk melakukan tindakan anarkis. Pesan radiogram bupati pun berujung maut bagi Muhammad Yasin, warga Kampung Krajan, Desa Watukebo, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi. Pria 70 tahun itu tewas dianiaya karena dianggap sebagai dukun santet pada 15 September 1998.

Menurut pria yang biasa dipanggil Ayung itu, berdasarkan kesaksian Said, warga Watukebo, pada malam sebelum pembantaian terhadap Yasin, warga berkumpul di rumah kepala dusun bernama Uwo. Rapat itu awalnya membahas penanggulangan aksi kekerasan terkait isu dukun santet yang merebak di sejumlah daerah di Banyuwangi.

Namun dalam pertemuan yang berlangsung pada 14 September 1998 itu, ada kesepakatan untuk membunuh orang yang diduga sebagai dukun santet. Targetnya tiga orang, namun satu orang mengungsi, jadi tinggal dua orang yang dibidik warga, yakni Yasin dan Sikin. Keduanya akhirnya dieksekusi warga secara sadis sekitar pukul 02.00 WIB.

Pendataan itu juga membuat beberapa orang yang masuk dalam data itu mengakhiri hidup dengan gantung diri. Pada 9 dan 10 Oktober banyak berserakan selebaran yang bernada ancaman bagi siapapun yang hendak menyelamatkan atau melindungi orang-orang yang tertuduh dukun santet yang telah terdaftar.

Selebaran tersebut diatasnamakan Gerakan Anti Tenung yang disingkat GANTUNG. Selain selebaran tersebut, beberapa orang juga menerima surat kaleng yang berisi ancaman. Para penerimanya antara lain Mahmud Khaerudin, Rohim, dan Dollah Wijaya.

"Akibat teror yang demikian masif ini, membuat orang yang tak kuat memutuskan untuk bunuh diri. Ada nama Dori asal Kecamatan Genteng. Guru ngaji itu ditemukan gantung diri di rumahnya pada 10 Oktober," pungkasnya.

Sementara itu pemerhati sejarah Banyuwangi Suhalik mengatakan dukun santet di Banyuwangi sejak lama sudah dimusuhi oleh masyarakat. Warga biasanya akan mengusir orang yang diduga dukun santet dari kampung. Barulah pada tahun 1998 itu muncul adanya aksi pembantaian yang diduga diprovokatori oleh orang dari luar Banyuwangi.

"Dulu mereka diusir (dukun santet). Karena masa itu kearifan lokal Banyuwangi tidak ada tindakan melakukan pembunuhan dan pengrusakan rumah warga. Baru setelah ada provokator itu muncul hal tindakan anarkis," kata Suhalik.

https://news.detik.com/berita-jawa-t...i-banyuwangi/2

Kisah yg di lupakan padahal lebih berdarah di banding kasus 98 di jakarta.
Malah ini penuh misteri.

emoticon-Traveller
pradanto17knightaddezeze6986
zeze6986 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
7.3K
58
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.