• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pagelaran Mewah Di Tengah Wabah Pandemi Virus Corona Sepanjang Tahun 2020

marilyn88Avatar border
TS
marilyn88
Pagelaran Mewah Di Tengah Wabah Pandemi Virus Corona Sepanjang Tahun 2020
Pandemi virus Covid-19 memang sangat berdampak pada semua aspek kehidupan, adanya kebijakan untuk menjauhi kerumunan atau social distancing membuat banyak hal berubah. Mulai dari murid sekolah hingga pekerja kantoran pun mau tak mau harus menyesuaikan diri dengan belajar dan bekerja secara daring.

Semenjak adanya pandemi, muncul juga larangan acara-acara dengan pertemuan besar. Tentu saja berbagai pagelaran pun terpaksa tertunda, atau bahkan batal terselenggara. Namun para pekerja seni rupanya tak pernah kurang akal. Mulai dari menggunakan media online, virtual, hingga pertunjukan dengan konsep unik mulai bermunculan di tengah-tengah masyarakat yang juga rindu akan hiburan.

1. Konser Online BTS Yang Wow!



Boy Band BTS mencetak sukses besar dalam menggelar konser online, hampir 1 juta penonton menyaksikan konser yang bertajuk "MAP OF THE SOUL ON:E" yang digelar selama dua hari pada 10 dan 11 Oktober lalu.

Big Hit Entertainment selaku agensi yang menaungi BTS mengungkapkan bahwa tak kurang dari 993.000 tiket konser telah terjual. Konser yang digelar secara virtual karena pandemi covid19 ini telah ditonton penggemar BTS dari 191 negara dan kawasan.

MAP OF THE SOUL ON:E awalnya bisa ditonton secara online dan offline, namun Big Hit memutuskan hanya menggelarnya secara online. Karena kasus-kasus baru covid19 bermunculan, sebagai gantinya Big Hit memperkenalkan sistem "ARMY on air" sehingga penggemar bisa bergabung dengan BTS dari rumah.

Pada konser tersebut ratusan Army ditampilkan dilayar-layar yang dipasang di depan panggung. Mode multi-view juga memungkinkan penonton menyaksikan konser dari enam sudut pandang berbeda.

MAP OF THE SOUL ON:E merupakan konser online kedua BTS, pada bulan Juni lalu BTS juga menggelar BANG BANG CON: The Live yang disaksikan 756.000 penonton dari 107 negara dan kawasan. BANG BANG CON: The Live masuk dalam Guinness World Record sebagai konser online dengan penonton terbanyak.

2. Konser Meriah Dari Rumah



Gabungan musisi top dunia menggelar konser dari rumah, konser yang bertajuk One World: Together At Home ini disiarkan secara streaming, dan tayang disejumlah jaringan televisi Amerika Serikat.

Pertunjukan televisi maupun live streaming yang dilakukan pada tanggal 18 April 2020 lalu ini dibawakan oleh tiga pemandu acara, yaitu Jimmy Fallon, Jimmy Kimmel, dan Stephen Colbert.

Deretan musisi yang bergabung antara lain Lady Gaga, John Legend, Céline Dion, Andrea Bocelli, The Rolling Stones, dan lain sebagainya. Konser ini merupakan aksi solidaritas yang mendukung Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO dalam melawan covid19.

Lady Gaga mengatakan One World: Together At Home bukan acara penggalangan dana, One World: Together At Home adalah penghargaan untuk petugas kesehatan yang berada di garda depan penanganan covid19, sesuai dengan judul acaranya puluhan musisi mengajak seluruh orang diseluruh dunia untuk menghargai kerja keras petugas medis dengan tetap berada di rumah.

3. Sendratari Ramayana Digelar Saat Pandemi



Pentas Sendratari Ramayana yang rehat akibat pandemi covid19 kembali digelar pada tanggal 5 September lalu. Pertunjukan yang ada sejak tahun 1961 ini, digelar secara daring dan menerapkan protokol kesehatan untuk para penari, seperti penggunaan face shield serta adanya penyesuaian gerakan tari, terutama pada bagian kontak tubuh antar penari.

Pementasan perdana Sendratari Ramayana Prambanan terselenggara atas kerjasama antar  PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Mumbai dan didukung oleh KBRI New Delhi serta Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Pertunjukan ini pun mendapat sambutan yang hangat dari para penggemarnya baik dari dalam maupun luar negeri, sebanyak 35.000 penonton terpantau mengakses akun Youtube BorobudurPark yang menayangkan pertunjukan ini secara langsung. Selain itu Sendratari ini juga disaksikan oleh ratusan warga India melalui aplikasi Zoom.

4. Konser Drive-In



Konser Drive-In menjadi salah satu solusi para musisi dalam berkarya selama pandemi, banyak musisi yang pada akhirnya memilih cara ini untuk menunjukkan ekspresinya. Bahkan konser Drive-In ini kini menjadi sebuah trends tersendiri.

Dunia hiburan Korea pun tidak ingin ketinggalan dalam menggelar konser bertajuk "Korea Music Drive In Festival 2020". Konser ini pun digelar sangat megah dan dimeriahkan oleh artis-artis top Korea Selatan, seperti NCT U, Astro, Momoland, dan lain sebaginya.

Dalam konser yang digelar pada tanggal 31 Oktober dan 1 November ini, para fans juga dapat menyaksikan red karpet para pengisi acara secara streaming. Penyelenggara juga memastikan para penonton berada di jarak aman sebagai bentuk protokol kesehatan, setiap mobil juga dibatasi hanya untuk empat orang.

5. Konser Unik Dibungkus Balon Plastik



Sebagai siasat mengurangi penyebaran covid19 band The Flaming Lips punya cara berbeda dari konser kebanyakan, konser yang berlangsung di The Criterion, Oklahoma City, Amerika pada Senin 12 Oktober lalu berlangsung dengan meriah sekaligus unik.

Bagaimana tidak..?? Para personelnya masing-masing terbungkus di dalam sebuah balon raksasa. The Flaming Lips percaya bahwa inisiatif tersebut bisa menjadi cara bagi musisi untuk tetap tampil dalam kondisi sekarang ini.

Konsep balon raksasa diketahui telah menjadi ikon band rock asal Amerika Serikat ini, namun konser tersebut pertama kalinya diusung oleh band sebagai cara untuk mengontrol jarak sosial ditengah pandemi. Tak hanya para personel, seluruh penonton pun menggunakan balon raksasa.

Meski berada di dalam balon, namun hal ini tak mengurangi semangat para penonton, mereka terlihat sangat menikmati alunan musik sambil menari.

6. Konser Ala Social Distancing



Konser yang bertajuk Virgin Money Unity Arena digelar di Newcastle Racecourse, Gosforth Park, Inggris pada hari Selasa, 11 Agustus 2020 lalu. Uniknya arena konser dipenuhi dengan pembatas, sehingga para penonton tidak saling berkerumun.

Konser dengan 2.500 penonton ini menyediakan tak kurang dari 500 panggung kecil yang mirip kandang untuk memisahkan para penonton, setiap panggung kecil tersebut berjarak sekitar sejauh dua meter dan diisi maksimal lima orang.

Panggung tempat penonton ini semakin tinggi bagi mereka yang mendapakan tempat dibagian belakang. Meski demikian para penonton juga tetap diminta untuk menerapkan protokol kesehatan.

Konser yang di promotorin oleh SSD Concerts ini menggunakan sistem online untuk pemesanan makanan dan minuman, tidak hanya itu saja melainkan jalur lalu lalang penonton juga dibuat satu arah untuk menghindari kerumunan.

7. Festival Cahaya Makau



Macao Light Festival atau Festival Cahaya Makau kembali digelar pada tahun 2020, tepatnya pada tanggal 26 September hingga 31 Oktober 2020. Dalam festival ini para pengunjung dapat menikmati kemegahan kota yang diterangi instalasi cahaya, serta pertunjukan pemetaan proyeksi cahaya.

Macau Light Festival juga menggelar pertunjukan mega mapping di Tap Seac Square untuk pertama kalinya dengan latar belakang empat arsitektur bersejarah. Dengan tema "Color is…", pertunjukan ini juga diproyeksikan pada empat bangunan arsitektur bersejarah, yaitu the buildings of Cultural Affairs Bureau, Tap Seac Health Centre, Macao Central Library dan Archives of Macao.

Penyelenggara memperhatikan situasi terkini terkait pandemi covid19, serta membuat pengaturan waktu yang tepat untuk semua pertunjukan dan kegiatan sesuai dengan protokol yang dikeluarkan oleh otoritas kesehatan setempat.

Quote:










Daniswara92
m4ntanqv
tien212700
tien212700 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.5K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.