Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Ini Dia "BLASTDOOR" Sebuah Teknologi Keamanan Terbaru Apple
Foto: support.apple.com

Perusahaan raksasa Apple telah memperkenalkan sebuah teknologi keamanan baru mereka, untuk sistem mekanisme keamanan baru tersebut dinilai akan lebih kuat dari sebelumnya. Sistem keamanan baru ini disebut dengan BlastDoor.

Sistem keamanan "BlastDoor" juga ditanamkan pada sistem operasi iPhone 14 atau disingkat iOS 14. BlastDoor sebagai upaya untuk antisipasi keamanan sistem untuk mencegah peretas masuk dari bug aplikasi iMessenger sebuah aplikasi perpesanan online bawaan Apple.

Hal ini justru sangat mudah untuk dimanfaatkan para peretas karena kerentanan di aplikasi iMessage tersebut dapat membobol keamanan sistem iOS 14. Yang mana para peretas dapat masuk melalui celah tersebut tersebut, dan mereka dapat menanamkan virus pada sistem operasi iPhone.

Foto: de.wikipedia.org

Peneliti keamanan Project Zero, Samuel Gross yang merupakan tim peneliti keamanan di Google yang bertugas mempelajari kerentanan dalam sistem perangkat keras dan perangkat lunak, mengungkapkan sistem perlindungan sudah ditingkatkan untuk keamanan aplikasi iMessage.

Salah satu perubahan keamanan terbesar Apple di sistim operasi iOS 14 adalah pengenalan layanan BlastDoor baru, yang mana sekarang bertanggung jawab penuh atas semua analisis data-data yang tidak tepercaya pada sistem iMessage.

Perkembangan ini adalah hasil dari eksploitasi yang memanfaatkan kerentanan iMessage di iOS 13.5.1 untuk menghindari masalah perlindungan keamanan sebagai bagian dari kampanye spionase dunia maya.

Foto: computerworld.com

BlastDoor akan membentuk inti dari perlindungan keamanan baru itu, menurut Gross yang menganalisis, perubahan yang diterapkan selama seminggu dalam proyek untuk merekayasa balik Mac Mini M1 yang menjalankan macOS 11.1 dan iPhone XS yang menjalankan iOS 14.3 untuk mengetahui kerentanan bug pada iMessage.

Saat pesan iMessage yang masuk, data melewati sejumlah layanan yang paling penting adalah APSD (Automatic Power Source Detection) dan proses pendataan latar belakang data yang disebut imagent. APSD bertanggung jawab untuk mendekode konten pesan, mengunduh lampiran melalui layanan terpisah dan menangani tautan ke situs web.

Dan apa yang dilakukan BlastDoor adalah memindai semua pesan yang masuk kedalam sandbox yang aman dan terlindungi. Ini dapat mencegah kode berbahaya apa pun di dalam pesan untuk berinteraksi dengan sistem operasi lainnya atau mengakses data pengguna karena sudah terkunci dahulu di sandbox


Referensi: Gadgets.ndtv.com - iOS 14 Carries ‘BlastDoor’ Sandbox Security System to Protect iMessage, Google Researcher Discovers
Diubah oleh Sambelterasi052 01-02-2021 04:03
fc88
tien212700
viqririatra
viqririatra dan 24 lainnya memberi reputasi
23
6.7K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.