Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
122
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/601c971e630ded43860aaedf/nostalgia-permainan-monopoli-yang-menyimpan-banyak-kenangan-tak-terlupakan
Agan pasti minimal pernah mendengar permainan papan Monopoli? Ya, boardgame yang satu ini memang sangat terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Boardgame monopoli pertama kali diciptakan pada tahun oleh perusahaan Parker Brothers pada tahun 1935 dan diproduksi masal hingga sekarang. Tujuan pe
Lapor Hansip
05-02-2021 07:53

Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Selamat datang di thread ane gan. Kembali ane akan mengajak gansis untuk bernostalgia sejenak.

Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan

Agan pasti minimal pernah mendengar permainan papan Monopoli? Ya, boardgame yang satu ini memang sangat terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Boardgame monopoli pertama kali diciptakan pada tahun oleh perusahaan Parker Brothers pada tahun 1935 dan diproduksi masal hingga sekarang. Tujuan permainan monopoli adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

Sekarang telah tersedia boardgame monopoli yang dikeluarkan oleh Parker Brothers dengan berbagai versi dan sering kali dipadukan dengan budaya populer semisal Monopoli edisi Game of Thrones, Star Wars, dll.

Harga set papan monopoli yang asli keluaran Parker Brothers terbilang mahal bahkan ada yang mencapai jutaan rupiah. Oleh karenanya, di Indonesia beredar papan monopoli versi murah dengan papannya yang terbuat dari kertas. Salah satu monopoli yang beredar di Indonesia yang harganya murah adalah "Monopoli Internasional" yang diproduksi oleh Old Santa. Harganya hanya sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000.

Berikut ini adalah pembahasan permainan monopoli yang lebih lanjut.

Quote:1. Monopoli Internasional
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
Seperti yang diketahui, Monopoli versi Parker Brother harganya mahal dan di Indonesia banyak beredar versi murahnya. Namun yang paling banyak beredar di Indonesia adalah yang namanya Monopoli Internasional. Di dalam keterangan kotaknya, itu diproduksi Old Santa, entah di mana tempat pembuatannya dan ane juga kurang tahu sejak kapan diproduksi. Yang jelas ane sudah menemukan monopoli versi yang ini sejak akhir tahun 90an.

Jika dalam versi original Parker Brothers petak-petaknya diambil dari nama kota dan jalan di Amerika Serikat, maka di versi murah ini yang digunakan adalah nama-nama negara dan juga stasiun, pelabuhan, dan terminal terkenal di dunia. Selebihnya, pola permainan tetap sama. Petak tanah dimulai dari Indonesia dan diakhiri di Afrika.

Di belakang papan Monopoli Internasional, biasanya terdapat bonus Ular Tangga. Sebuah bonus yang bahkan tidak ada di dalam versi originalnya.

Oh iya, nominal uang-uangan yang ada dalam versi murah ini juga lebih besar yaitu sebagai contoh lewat petak start mendapatkan $20.000 di mana versi aslinya hanya $200.


Quote:2. Populer Ketika Bulan Ramadhan
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
Khusus di Indonesia ketika jamannya 2000an awal, permainan monopoli sangat populer baik di perkotaan maupun di desa pada saat bulan Ramadhan. Biasanya dimainkan saat ngabuburit. Permainan ini mampu mendekatkan pertemanan hingga keluarga. Biasanya dimainkan bersama teman-teman sekampung.

Ketika mendekati bulan Ramadhan, akan ada orang-orang yang membeli papan monopoli di toko mainan. Menghabiskan waktu dengan bermain monopoli memang mengasikan. Mengingat, butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikan permainan ini.


Quote:3. Pejabat Bank dan Korupsi
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
Bukan hanya di dunia nyata yang ada kasus suap dan korupsi, dalam permainan monopoli juga ada. Dalam permainan ini, akan ada satu orang yang menjadi pejabat bank yaitu yang bertugas mengelola kas, memberi gaji pemain, hingga menjaga tanah dan properti yang telah dihipotik. Menariknya, akan ada pejabat bank yang kongkalikong dengan pemain dengan memberikan sejumlah uang secara diam-diam agar pemain terhindar dari kebangkrutan. Ini sering ane temukan waktu bermain sama teman-teman dulu. emoticon-Ngakak (S)


Quote:4. Masuk Penjara
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
Di awal-awal permainan, masuk penjara yang disebabkan entah itu karena menginjak petak masuk penjara maupun karena paksaan kartu perintah merupakan hal yang tidak diinginkan karena kita kehilangan kesempatan untuk membeli tanah dan properti. Maka di pertengahan permainan jika sudah banyak tanah dan properti terjual, maka masuk penjara adalah berkah. Pemain dipastikan tidak akan menginjak tanah milik pemain lain. Sebaliknya, dia akan mendapatkan uang sewa dari pemain yang menginjak tanahnya.


Quote:5. Afrika Adalah Segalanya
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
Dalam monopoli Parker Brothers, tanah yang termahal yang bisa membangkrutkan pemain dalam seketika adalah "Broadwalk" yang harganya $400. Sementara dalam Monopoli versi KW lokal alias Monopoli Internasional, yang termahal adalah Afrika yang merupakan satu dari dua komplek H, yang satu lagi Australia. Harganya $40.000

Tanah Afrika ini jika sudah terbeli maka sangat bisa membuat lawan bangkrut dengan seketika. Jika sudah dibangun sebuah hotel, maka pemain lain yang menginjaknya harus membayar $200.000. Maka petak Afrika sangat diburu oleh para pemain. Namun, sistem yang tidak seimbang seperti ini sebenarnya dikritik oleh para pecinta boardgame. Itulah kenapa di situs boardgamegeek.com, rating boardgame Monopoli terbilang rendah.


Quote:6. Salah Paham Parkir Bebas
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
Ada petak "Parkir Bebas" atau dalam Bahasa Inggris bernama "Free Parking". Dalam versi kearifan lokal, ada kesalahpahaman di mana pemain yang menginjak petak ini bisa pindah ke petak mana pun. Sebenarnya dalam aturan resmi, Parkir Bebas tidak mendapatkan apa-apa alias cuman numpang lewat.


Quote:7. Akhir Permainan
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
Permainan berakhir ketika hanya satu pemain yang tersisa dan memenangkan permainan. Pemain yang lainnya kalah dengan cara dibangkrutkan. Dengan kata lain tidak punya lagi uang, tanah dan properti sudah tergadai semua, dan utang yang menumpuk. Inilah yang disebut sebagai sistem monopoli kapitalis yang disederhanakan. Di mana tuan tanah semakin kaya dan penyewa disedot uangnya hingga tak tersisa. Ya, di dunia nyata, hal seperti ini adalah ironi.


Nah, itu dia gan pembahasan singkat tentang monopoli. Apa hal yang berkesan bagi gansis dari permainan ini? emoticon-Ngakak

Quote:Referensi:
https://monopoly.fandom.com/wiki/Main_Page
Diubah oleh cintadine
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 5
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
07-02-2021 22:27
cobain gan, main sampe duitbank nya absi wkwkkwkw, rumah sampe bertingkat2 dan duit bank nya abis, main ga kelar2
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan telah.ditipu memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
07-02-2021 22:34
Kenapa Afrika bisa lebih mahal ya ?
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
07-02-2021 22:39
Maenan wajib jaman bocah dulu bareng sepupu-sepupu kalo lagi liburan sekolah, atau pas lagi libur bulan puasa. Ah gila, nostalgila banget..
0 0
0
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
07-02-2021 22:51
mainan pengasah ambisi neh
emoticon-Ngakak
0 0
0
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
07-02-2021 22:54
Maenan ngabuburit.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
07-02-2021 22:58
Serunya kalo udah punya landmark gan 😂, udah auto hidup tenang dah 😁
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan telah.ditipu memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
07-02-2021 23:03
Kalau ane sama temen2 ane gak pernah ada yang mau jadi banker nya alias yang ngelola uangnya, jadi kesepakatan bersama aja haha

Soalnya sedih banget kalau sampe yang yang jadi banker emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan telah.ditipu memberi reputasi
2 0
2
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
07-02-2021 23:05
dulu pernah main monopoli, tppake kota di indo. paling mahal denpasar. ga pake aturan blok blok an sih, bebas aja mau beli kota dimana. mainnya sampe dilanjut berhari hari, dicatetin posisinya dimana, kotanya apa aja, utangnya brp
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan telah.ditipu memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
07-02-2021 23:31
nubi kalah mulu
profile-picture
telah.ditipu memberi reputasi
1 0
1
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
08-02-2021 00:01
Dapet kartu bebas penjara dijual ke bank dengan harga tinggi.

Menyebalkan itu mundur 3 petak, atau tamasya ke africa
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
08-02-2021 00:01
cendol ganemoticon-Cendol Gan
0 0
0
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
08-02-2021 00:27
Game yg lama sekali dimainkan. Tapi seru banget buat interaksi sama temen2. Pokoknya blok sebelum start itu pasti jadi inceran karena paling mahal emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan telah.ditipu memberi reputasi
2 0
2
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
08-02-2021 00:30
maen ludo yang belakang nya ada ular tangga emoticon-Leh Uga
0 0
0
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
08-02-2021 01:39
Monopoli mengajarkan bersaing jadi pengusaha.
Pemenangnya yg kekayaan terbanyak.yg kalah hutang terbanyak.
Uang monopoli nggak kepakai.pakai non tunai bawa kertas' dan bolpoin
Nambah 1 pemain tugasnya jadi petugas Bank
Rumah digantikan Lego bisa bertingkat kayak apartemen
Diubah oleh meimeiput
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan telah.ditipu memberi reputasi
2 0
2
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
08-02-2021 01:52
Baru tau bebas parkir cuma numpang lewat. Btw di GetRich bebas parkir bisa ke kota mana aja, kok bingung ya?
0 0
0
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
08-02-2021 03:46
Yang pengennya cuma jadi bandar, mari ngumpul emoticon-Leh Uga
0 0
0
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
08-02-2021 04:18
Maen bisa sampe brantem klo bnyak utangemoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
08-02-2021 05:26
jual Hotel emoticon-Leh Uga
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Nostalgia Permainan Monopoli yang Menyimpan Banyak Kenangan Tak Terlupakan
08-02-2021 07:21
sekarang main online juga bisa
0 0
0
Halaman 3 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia