• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Amazing, Baterai Mobil Listrik Paling Canggih di Dunia, Cukup 10 Menit Ngecasnya

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
Amazing, Baterai Mobil Listrik Paling Canggih di Dunia, Cukup 10 Menit Ngecasnya
Foto ilustrasi: discovermagazine.com

Halo para Agan dan Sista semuanya, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan diberikan rejeki yang berlimpah, ingat ya gaes tetap ikuti protokol kesehatan.

Kali ini saya akan membahas tentang perkembangan teknologi dunia otomotif terutama dibidang baterai pada mobil listrik. Jauh sebelumnya saya pernah bahas tentang teknologi baterai mobil listrik garapan dari perusahaan raksasa Apple.

Pakar teknologi asal Amerika ini telah mengembangkan Baterai aki mobil listrik baru, yang dapat diisi penuh hanya dalam 10 menit, dan dapat memberikan daya yang cukup untuk mobil listrik untuk menempuh jarak 250 mil atau sekitar 400 km dengan sekali pengisian daya saja .

Foto ilustrasi: interestingengineering.com

Baterai Electric Vehicle (EV) yang terbuat dari litium besi fosfat sangat aman dan dapat dengan cepat menurunkan panas baterai menjadi dingin, yang merupakan kunci pengisian cepat dan masa pakai baterai yang lebih lama.

Teknologi Baterai EV ketika mengecas cepat memanas hingga 140 derajat Fahrenheit untuk pengisian dan pengosongan, kemudian menjadi dingin saat tidak digunakan.

Foto ilustrasi: newatlas.com

Para peneliti percaya bahwa sistem ini akan mengatasi baterai dari kerusakan jangka pendek pada kendaraan listrik, dan dapat mengurangi ketakutan pengemudi bahwa mereka tidak akan dapat mencapai tujuan mereka karena kebutuhan untuk mengisi daya baterai.

Para peneliti mengatakan Baterai EV mereka dapat bertahan lebih dari 2 juta mil dan akan mudah diproduksi secara massal untuk mendukung mobil di pasar. Ilmuwan bernama Zhao Yang Wang dari Pennsylvania State University (PSU) di Amerika Serikat mengatakan tentang jangkauan Baterai EV ini tidak perlu diragukan lagi kemampuannya, dengan kecepatan dalam pengisian aki akan tetapi kemungkinkan efektivitas pengisian baterai lambat laun akan berkurang kecepatannya karena faktor pemakaian, yang biasanya ngecas 10 menit bisa meleset 15-30 menit.

Foto ilustrasi: dailymail.co.uk

Namun, baterai ini masih dalam tahap penelitian yang masih berlangsung sampai sekarang, jadi belum ada dijual dipasaran. Setelah penelitian ini berhasil mungkin akan diproduksi secara massal.

Atas titik terang penelitian ini, mungkin mobil listrik akan menjadi pilihan utama masyarakat dibandingkan mobil berbahan bakar minyak. Selain tanpa polusi udara mobil ini juga dapat menghemat biaya pembelian BBM.



Referensi: [url=https://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-9159913/amp/Electric-car-battery-charge-10-minutes-250-milesS E N S O Rbats-range-anxiety.html]Dailymail.co.uk - Electric car battery that can recharge in 10 minutes and last for 250 miles on a single charge could help drivers combat 'range anxiety'[/url]
Diubah oleh Sambelterasi052 19-01-2021 14:24
red.wangyi
coffeelogic
protradersignal
protradersignal dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.3K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.