• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Oli Motor Alami Kebocoran? Bisa Jadi ini Penyebabnya Gan!

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Oli Motor Alami Kebocoran? Bisa Jadi ini Penyebabnya Gan!

Oli merupakan bagian paling esensial dari kendaraan bermotor. Cairan pelumas yang satu ini menjadi faktor penting untuk kinerja mesin. Jika ada masalah yang terkait dengan oli, pasti akan berpengaruh pada peforma kendaraan. Makanya sangat disarankan untuk rutin mengganti oli kendaraan.

Nah, bagi pengguna sepeda motor, ada satu masalah terkait oli yang sering muncul GanSis, yakni kebocoran. Tanpa disadari kadang – kadang pada saat motor di parkir, pada bagian bawah ada aja oli yang netes...

Kalau kondisinya udah kayak gitu, jangan terlalu dibiarin GanSis. Kalau bisa langsung cek penyebabnya. Soalnya jika dibiarkan terlalu lama, lama kelamaan kuantitas oli akan berkurang dan bisa jadi habis.

Ternyata kebocoran ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor GanSis. Berikut diantaranya:

Volume berlebih

Sebenarnya pabrikan udah ngasih takaran berapa banyak oli yang boleh dimasukkan. Jika melebihi takaran, maka kemungkinan besar oli akan merembes keluar. Penggunaan dipstick sangat disarankan untuk mengetahui volume oli. Alat ini juga bisa digunakan untuk melihat kondisi warna oli dan tingkat kekentalannya.

Seal rusak

Kondisi seal yang udah tidak layak juga menjadi salah satu penyebab oli bocor GanSis. Biasanya seal yang pecah dan retak bikin oli jadi keluar. Jika udah begini, mau tidak mau seal nya harus segera ganti GanSis.

Usia mesin

Masalah umur memang kerap kali menjadi sumber masalah pada kondisi kendaraan. Biasanya mesin motor tua rentan terhadap kebocoran oli karena packing mesinnya. Untuk itu jika kendaraan roda dua Anda dirasa sudah berusia cukup tua, segera cek kondisi berbagai macam komponen yang ada di dalamnya.



fc88
tien212700
jiresh
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
5
877
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.