Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Segera Daftarkan Komunitas Kalian Disini
34
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/601be17ee01d9007392e9b52/definisi-perempuan-di-kbbi-diprotes-badan-bahasa-buka-suara
Definisi perempuan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diprotes karena dinilai mengandung makna yang negatif. Badan Bahasa menjelaskan soal proses masuknya sebuah kata dalam KBBI. Protes itu salah satunya disampaikan oleh vokalis Barasuara, Asteriska, melalui akun Instagramnya, @asteriska_. Dia melayangkan protes sambil memakai kaus yang berisi definisi kata perempuan di KBBI.
Lapor Hansip
04-02-2021 18:58

Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara

Past Hot Thread
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara

Definisi perempuan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diprotes karena dinilai mengandung makna yang negatif. Badan Bahasa menjelaskan soal proses masuknya sebuah kata dalam KBBI.

Protes itu salah satunya disampaikan oleh vokalis Barasuara, Asteriska, melalui akun Instagramnya, @asteriska_. Dia melayangkan protes sambil memakai kaus yang berisi definisi kata perempuan di KBBI. Aster menilai definisi perempuan di KBBI negatif.

"Coba deh dicek isi kamus, penjelasan kata perempuan di situ negatif sekali dan tidak objektif," tulisnya pada caption unggahan yang dilihat detikcom, Selasa (2/2/2021).



"Kami mohon tolong ganti penjelasan tentang Perempuan di dalam kamus bahasa Indonesia. @badanbahasakemendikbud @kemdikbud.ri @kemenpppa," lanjutnya.

Definisi perempuan yang dipermasalahkan oleh Aster ialah sebagai berikut:

perempuan/pe·rem·pu·an/ n 1 orang (manusia) yang mempunyai vagina, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui; wanita; 2 istri; bini: -- nya sedang hamil; 3 betina (khusus untuk hewan); bunyi -- di air, pb ramai (gaduh sekali);
-- geladak pelacur;
-- jahat 1 perempuan yang buruk kelakuannya (suka menipu dan sebagainya); 2 perempuan nakal;
-- jalan pelacur;
-- jalang 1 perempuan yang nakal dan liar yang suka melacurkan diri; 2 pelacur; wanita tuna susila;
-- jangak perempuan cabul (buruk kelakuannya);
-- lacur pelacur; wanita tuna susila;
-- lecah pelacur;
-- nakal perempuan (wanita) tuna susila; pelacur; sundal;
-- simpanan istri gelap;

Apa penjelasan Badan Bahasa terkait hal ini? Silakan klik halaman selanjutnya.

Terkait hal ini, Kepala Pusat Pembinaan Bahasa Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Abdul Khak, menjelaskan soal proses penyusunan kamus. Dia mengatakan KBBI disusun berdasarkan penggunaan oleh penutur bahasa Indonesia.

"KBBI itu adalah kamus yang dituliskan berdasarkan penggunaan oleh penutur bahasa Indonesia yang dulu bahasa Melayu itu, dari dulu sampai sekarang. Jadi kata-kata yang ada di situ, itu sesungguhnya merupakan histori, yang mana duluan hadir," kata Abdul Khak saat dihubungi, Selasa (2/2).

Menurutnya, pencatatan definisi perempuan tersebut mengikuti dinamika pemakaian bahasa di masyarakat.

"Karena itu, bentuk-bentuk gabungan ya. Bahwa di situ tidak ada gabungan yang berkonotasi positif, ya mungkin memang masyarakat kita belum membentuk. Artinya, yang di luar di situ, perempuan positif artinya," ujarnya.

"Kalau ada bentukan lain yang bersifat positif dan dipakai masyarakat, tersebar di media dan dipakai dimana-mana, tentu akan dicatat KBBI menjadi salah satu bentukan di situ," lanjutnya.

Dia mencontohkan pemakaian kata gabungan 'perempuan jalang'. Kata gabungan tersebut, lanjutnya, tercatat karena dulu memang digunakan oleh masyarakat. Selain itu, dia membandingkannya dengan kata 'canggih', yang maknanya kini sudah tidak dipakai.

"Sebagai perbandingan, di KBBI kata canggih itu ada makna yang sudah tidak digunakan. Yang maknanya bawel, cerewet. Itu sudah tidak digunakan karena zaman berubah. Canggih itu teknologi," jelasnya.

Abdul mengaku sudah mendapatkan protes itu beberapa minggu lalu. Dia mempersilakan siapa pun jika ingin berkorespondensi dengan Badan Bahasa.

"Saya mendapatkan itu beberapa minggu sebelumnya. Kalau menyurati ke kami, ya akan kamu jawab," katanya.


Sumber : di sini
Diubah oleh nasapoc
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
04-02-2021 19:15
Quote:la·ki n 1 kas suami (imbangan bini); 2 pria;-- pulang kelaparan, dagang lalu ditanakkan, pb lebih banyak mengindahkan urusan orang lain daripada urusan sendiri;
-- bini suami istri;
-- padi nama burung; kacici; Orthomus artrogularis;

la·ki-la·ki n 1 orang (manusia) yang mempunyai zakar, kalau dewasa mempunyai jakun dan adakalanya berkumis: baik ~ maupun perempuan berhak dicalonkan menjadi anggota DPR; 2 jantan (untuk hewan); 3 ki orang yang mempunyai keberanian; pemberani: ia bertindak sebagai ~;~ jemputan laki-laki yang dipilih dan diambil menjadi menantu;

ber·la·ki v (sudah) kimpoi (tentang perempuan); mempunyai laki;~ anak semang, pb perempuan yang buruk kelakuannya;

mem·per·la·ki v mengambil jadi laki (suami);

mem·per·la·ki·kan v mengawinkan (anak perempuan);

ke·la·ki-la·ki·an 1 n keberanian; kegagahan; 2 a (bersifat) sebagai laki-laki tingkah lakunya (tentang perempuan); menyerupai laki-laki
profile-picture
profile-picture
murayh0 dan WikiFX.ID memberi reputasi
1 1
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:03
Nah loh
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:05
Jejak dulu lah
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:06
trus mau diganti apa???

emoticon-Confused
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:07
lha memang artinya seperti itu, mungkin yang vulgar cuma kata vagina, itupun masih normal, cuma orang yang pikiranya mesum mungkin akan mengartikan kesana
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:07
Kadrun menurut KBBI definisinya apa neh.. Biar berimbang cebong juga..
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayuimade dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:07
Yauda ganti ladies aja emoticon-Cool
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:07
kok lebay sih, katanya anak sekarang openminded
profile-picture
profile-picture
profile-picture
oji24 dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:08
Itukan hanya sifat yang bisa dipakai pada kata perempuan. Mgkn bisa ditambahkan perempuan salehah dan semisalnya.
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:18
Yaelah lebay amat dah, lama-lama warga Indonesia macam warga Amerika yang sedikit-sedikit tersinggung, hal yang amat sepele aja langsung ke trigger emoticon-Najis (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
novtalia23 dan 4 lainnya memberi reputasi
4 1
3
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:29
Koq bisa?
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 21:38
Bukan ganti kali, cuma perlu diupdate aja. Ga usah lebay emoticon-Cool
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 22:14
Ribet amat idup lu tong, emang kenyataannya begono emoticon-Betty
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 22:22
Ntar giliran para batangan yg demikian di KBBI, gak ada tanggapan.

Yo terima aja yak...
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 22:27
yaa mungkin harus diganti sih kalo ternyata dapat protes.. gak usah ribut-ribut gede lah, capeek emoticon-Bingung
profile-picture
ovalinskymartin memberi reputasi
0 1
-1
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 22:41
Isu sensitif kali yah makanya perlu di ubah secara maknanya..
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 22:51
yang pertama kali protes, orangnya sensitif bgt ni
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 23:32
man defines woman not in herself but as relative to him
emoticon-Shakehand2
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
06-02-2021 23:52
Lebay ah.. 11 12 kyk lutfiagizal
0 0
0
Definisi Perempuan di KBBI Diprotes, Badan Bahasa Buka Suara
07-02-2021 06:55
Gemboked
0 0
0
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia