News
Batal
KATEGORI
link has been copied
345
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/601cdd6285fba70290592b52/batu-meteorit-hendak-dijual-munjilah-ahli-sebaiknya-diberikan-ke-negara
Batu meteorit yang jatuh di rumah salah seorang warga bernama Munjilah pada Kamis (28/1/2021) hendak dijual. Sebab pemilik rumah mengetahui jika batu meteorit bernilai jual tinggi.
Lapor Hansip
05-02-2021 12:53

Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara

Past Hot Thread
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
Batu meteorit yang menghantam rumah warga di Lampung Tengah. Peneliti Itera Lampung memastikan batu itu adalah pecahan meteor yang masuk atmosfer bumi. (Dok. Humas Itera Lampung)

KOMPAS.com- Batu meteorit yang jatuh di rumah salah seorang warga bernama Munjilah pada Kamis (28/1/2021) hendak dijual.

Sebab pemilik rumah mengetahui jika batu meteorit bernilai jual tinggi.

Namun, seorang ahli meminta Munjilah mengurungkan niatnya menjual meteorit tersebut.

Diminta disumbangkan ke negara

Mengetahui rencana Munjilah, Dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung Robiatul Muztaba angkat bicara.

Daripada dijual untuk kepentingan pribadi, Robiatul meminta Munjilah menyumbangkan batu meteorit tersebut kepada negara.

"Sebaiknya tidak diperjualbelikan, tapi diberikan ke negara untuk penelitian, untuk kemajuan ilmu pengetahuan," ujar Robiatul.

Selama ini, kata dia, kebanyaka batu yang dipelajari ialah yang bersumber dari bumi.

Jatuhnya meteorit di rumah Munjilah sebenarnya bisa sangat menunjang dunia penelitian dan ilmu pengetahuan.

"Bisa menjadi bahan penelitian di Indonesia, khususnya di Lampung dan mengembangkan ilmu pengetahuan," tutur Robiatul.

Kades benarkan rencana Munjilah akan jual meteorit

Rencana Munjilah menjual batu meteorit dibenarkan oleh Kepala Dusun 5 Astomulyo, Edi Kurniawan.

Edi yang sempat berbincang dengan Munjilah mengaku bahwa batu itu akan ditawarkan.

Tetapi, saat itu memang Munjilah tidak menyebutkan harga penawaran batu tersebut. "Kalau harganya cocok mau dijual kata Bu Munjilah," ujar Edi.

Sempat timbulkan kerumunan

Jatuhnya meteorit menghebohkan warga Dusun 5 Astomulyo, Desa Mulyodadi, Kecamatan Punggur, Lampung Tengah, Kamis (28/1/2021).

Batu meteorit itu ditemukan di dapur rumah Munjilah (60), warga setempat.

Edi mengemukakan, petugas Polsek setempat mendatangi rumah Munjilah pasca- temuan batu meteorit. Sebab, batu itu menarik perhatian warga hingga menimbulkan kerumunan.

"Polisi bilang supaya tidak ada keramaian, karena masih Covid-19 supaya (batu) ditutup," ujar dia.

Ternyata, ada penyebab yang membuat warga berbondong-bondong ke rumah Munjilah. Mereka menganggap, batu meteorit itu memiliki tuah.

Air rendaman diminum hingga dibalurkan

Edi mengemukakan, ada sejumlah warga yang sengaja datang untuk mengambil air rendaman batu meteorit.

"Ada warga yang bilang, batu itu direndam di akuarium, lalu air rendaman batu itu diambil, katanya berkhasiat obat," kata dia.

Dari keterangan warga, tak hanya meminum, masyarakat juga membalurkan air rendaman batu itu ke tubuh mereka.

Tindakan tersebut mendapat peringatan dari ahli.

Sebab, penelitian menunjukkan batu tersebut mengandung unsur logam.
Namun, belum diketahui apakah batu mengandung radioaktif.

Jika ada kandungan radioaktif dalam meteorit itu, maka berpotensi menyebabkan kanker bagi warga yang mengonsumsi air rendamannya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya | Editor: Aprilia Ika, Abba Gabrilin)


mahal itu batu klo dijual, enak aja main kasi2 doang
emoticon-Leh Uga

barbar
Diubah oleh hantupuskom
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aluwungs dan 44 lainnya memberi reputasi
43
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 8 dari 12
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 17:38
di amerika aja dibayarin disini maunya gretongan.

penelitian aja maunya murah tapi mau hasil kualtias tinggi.

inilah indonesia, makanya kagak maju teknologinya

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
knoopy dan yurikaede memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 17:39
Eeeitsss bagi 2...
haha...
profile-picture
knoopy memberi reputasi
1 0
1
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 17:41
Bayarin lah, kalau cuma diserahin secara percuma enak banget lu. Langka orang bisa temukan batu meteorit, belum tentu selama hidup bisa untuk jumpai batunya.
profile-picture
knoopy memberi reputasi
1 0
1
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 17:42
Kynya bntar lg ada makhluk gede gundul dgn jenggot aneh nyari itu batu emoticon-Leh Uga
0 0
0
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 17:46
tentu akan diberikan kepada negara dengan pertukaran uang.......


masa buat penlitian ga mau modal., maunya serba gratis........ memang anggaran utk sains kita kan terlalu kecil katanya..... emoticon-Ngacir
Diubah oleh pulpe
profile-picture
knoopy memberi reputasi
1 0
1
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 17:47
Mending jual, lu kaish batu itu ke negara paling 1 hari lu di enakin, habis tu menderita lagi emoticon-Traveller
profile-picture
knoopy memberi reputasi
1 0
1
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 17:48
Iya diberikan, tapi ngasih nya disambit ke kepala ente emoticon-Tai
0 0
0
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 17:50
Jual mahal aja ke negera, pengen gratisan nih negara
0 0
0
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:01
emg bagusnya dijual. diberikan ke negara ya tentu pejabat-pejabatnya yang nikmati. jgn mau diboongi pejabat, apalagi masa pandemi gini.
profile-picture
knoopy memberi reputasi
1 0
1
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:02
Halah mending d jual weh atuh meh loba duit
0 0
0
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:03
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
profile-picture
profile-picture
ngampasnism dan altara96 memberi reputasi
2 0
2
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:05
kasih ke negara ? emang tuh batu punya nenek lu ?
0 0
0
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:05
Negara: "komunisme tidak sesuai dengan pancasila dan harus dimusnahkan."

Also Negara: "meteor sebaiknya diberikan ke negara"


Yg dapat meteor : "'MURICA BABY, YEE YEE !!!!"
0 0
0
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:06
Sok2an mau diteliti, paling juga dijual lagi ke NASA kalo dikasih ke negara wkwkwkwk
profile-picture
knoopy memberi reputasi
1 0
1
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:06
Bayar lah..mental gratisan mulu
0 0
0
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:08
Auto kaya ya bun emoticon-Belgia
0 0
0
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:12
Cari batu kali yg unik, dipanasin dulu diatas kompor....ikat pake drone.. jatuhin diatas dapur...... walaa. Jadi batu meteorit....
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:13
Daripada kasi ke negara mending jual ke nelayan emoticon-Cape deeehh
0 0
0
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:16
batu sucih jatuh mencelat dari langit..emoticon-Big Grin

bawa ke jakarta..
siapkan kotak pink biyar bisa di pakek jemaah baliho kadrun monaslismin antek dajjal laknatulloh tawaf ajojing keliling monas..emoticon-Ngakak
0 0
0
Batu Meteorit Hendak Dijual Munjilah, Ahli: Sebaiknya Diberikan ke Negara
05-02-2021 18:22
Auto sultan
0 0
0
Halaman 8 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia