mbak.farAvatar border
TS
mbak.far
3 Desa Idaman di Dunia, No. 2 Dari Indonesia

sumber gambar


Di manakah GanSis tinggal? Di desa atau kota?

Setiap tempat memiliki ciri khas masing-masing. Hal tersebut mendorong terciptanya kekurangan serta kelebihan.

Misalnya, di desa orang-orangnya hidup dengan gotong royong yang kental, sementara di kota lebih individualisme. Jika di desa akses transportasi agak susah, sementara di kota tidak demikian. Dan lain-lain.

Begitulah, ciri khas masing-masing tempat yang mendorong munculnya kekurangan serta kelebihan, sehingga baik tinggal di desa maupun di kota, semuanya sama saja.


Kali ini, ane bakal mengajak GanSis buat membahas desa-desa idaman yang ada di dunia.

Sebelumnya, perlu kita ketahui makna desa versi Indonesia menurut wikipediaadalah pembagian wilayah administratif di bawah kecamatan yang dipimpin oleh kepala desa.

Setiap desa tentunya memiliki batasan wilayah dan kewenangan tertentu dalam mengatur serta mengurus kepentingan masyarakatnya. Makanya, dalam suatu desa, selain kepala biasanya juga terdapat perangkat-perangkat yang mengurus, sehingga ketika suatu desa menjadi idaman, hal tersebut tentunya tidak lepas dari peran kepala dan perangkat desa serta masyarakatnya yang saling bahu membahu mengelola serta membangun.

Berikut adalah 3 desa idaman di dunia versi ane.



1. Shani Shingnapur, desa teraman


sumber gambar

Merupakan desa kecil yang ada di Maharashtra, India. Mengapa desa ini menjadi idaman, sebab Shani Shingnapur disebut-sebut sebagai desa paling aman di dunia.

Tidak ada pertengkaran sesama warga di sana. Tidak ada pembunuhan atau kejahatan.

Hanya dihuni oleh 3000-an warga, bahkan tidak pernah terjadi pencurian sejak 400 tahun terakhir. Hingga semua rumah di sana tidak mempunyai pintu.

Wah, idaman banget, ya, Guys. Gak kuatir naruh sepeda motor sembarangan.


2. Penglipuran, desa terbersih


sumber gambar

GanSis pasti sudah sering mendengar nama Desa Penglipuran. Atau bahkan mungkin pernah ke sana.

Yup! Karena desa ini ada di Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia.

Desa Penglipuran merupakan desa adat yang masih mempertahankan dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur nenek moyang. Desa ini dibangun dengan konsep Tri Mandala, yakni tata ruang yang dibagi menjadi 3 wilayah.

3 wilayah tersebut adalah Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala.

Utama Mandala yang berada di bagian utara merupakan tempat suci atau tempat para dewa, sehingga di sanalah tempat peribadatan dibangun. Madya Mandala berada di zona bagian tengah, yang terdiri dari pemukiman penduduk, rumah-rumah yang artistik dibangun berbanjar di sepanjang jalan utama. Sementara Nista Mandala merupakan bagian paling selatan, di sana adalah zona khusus untuk pemakaman penduduk.


sumber gambar


Desa yang menjadi salah satu primadona wisata di Bali tersebut dikelilingi oleh Hutan Bambu seluas 45 hektar yang terus dijaga kelestariannya.

Udara di Penglipuran sangat bersih dan segar. Saat GanSis ke sana maka tidak akan menemukan kendaraan bermotor yang beroperasi.

Tempatnya yang bersih, bebas sampah, tak tampak ada sampah berserakan, bahkan merupakan desa terbersih di dunia, lho.

Inilah mengapa Desa Adat Penglipuran menjadi desa idaman versi ane.

Hidup bersih dampaknya pasti sehat dan bahagia.



3. Huaxi, desa terkaya


sumber gambar

Aman dan bersih. Nah, sekarang saatnya berkenalan dengan desa idaman ke-tiga, yakni yang disebut sebagai desa terkaya di dunia.

Adalah Desa Huaxi, di Tiongkok, China Timur. Desa ini disebut sebagai desa sosialis meski sebelumnya desa ini sangat miskin.

Berubah menjadi desa terkaya, di desa ini terdapat sebuah gedung pencakar langit berkapasitas 72 lantai dengan tinggi 328 meter, 4 meter lebih tinggi dari Menara Eiffel. Dalam gedung tersebut terdapat hotel bintang 5 yang dinamai 'Long Wish International Hotel', berisi 826 kamar, 16 model kamar suite presiden dan 1 suite residen 'emas'. Dalam model kamar suite presiden, terdapat rak lapis emas, pemandian marmer, dan berabotan mahoni. Sementara di lantai 60 untuk kamar suite presiden emas terdapat patung bling sapi yang dibuat dari satu ton emas murni.

Oh, ya, untuk menginap di hotel tersebut, cukup membayar 100.000 Yuan atau 204 juta-an per-malam, lhoo.

Meskipun disebut desa, tapi transportasi umum di sana berupa helikopter, lho. Dan terdapat taman hiburan mewah yang menampung replika monumen-monumen terkenal seperti Kota Terlarang.

Mantab, dah. Benar-benar desa yang kaya, sangat layak disebut desa terkaya di dunia.

Namun yang paling mencengankan adalah, setiap penduduk di sana diberi uang £ 100 ribu atau setara Rp 1 miliyar di bank oleh pemerintah. Bukan cuma itu, kalau GanSis jadi penduduk Desa Huaxi, Gansis juga bakal diberi sebuah mobil dan villa untuk ditinggali. Makanya, Huaxi layak sekali disebut sebagai desa idaman.

Akan tetapi sayangnya, saat GanSis pindah kwarganegaraan, seluruh fasilitas yang diberikan oleh pemerintah bakal ditarik kembali alias kehilangan semua.

Ini menunjukkan kalau desa tersebut dikelola dengan baik yang menerapkan sistem 'dari rakyat oleh rakyat untuk rakyat'. Hehe.

Saat GanSis memasuki gerbang desa yang dikelola oleh Kota Jiangyin tersebut, akan ada sebuah tulisan besar yang berisi 'Desa Nomor Satu di Bawah Langit'.

Idaman banget, kan? Siap hijrah ke Huaxi? emoticon-Big Grin


Itulah 3 desa idaman di dunia versi ane. Kembali lagi, sebuah desa bisa menjadi idaman jika ada kerjasama antara kepala, perangkat, hingga masyarakatnya dalam mengelola serta mewujudkannya.
turkusuma
farinamany
tien212700
tien212700 dan 38 lainnya memberi reputasi
37
8.7K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.