• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Butuh 1500 Tahun Lagi Buat Sentuh Buku Paling Berbahaya Didunia Ini, Kok Bisa?

GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
Butuh 1500 Tahun Lagi Buat Sentuh Buku Paling Berbahaya Didunia Ini, Kok Bisa?

emoticon-Hot NewsYukk Simakk...

emoticon-HaiHallo agan semua kali ini kita bakalan bahas sebuah buku catatan seorang ilmuan terkenal. Buku tersebut sampai sekarang tidak boleh dibaca dengan sembarangan karena harus memakai seragam khusus anti radiasi. So, kalau penasaran langsung saja kita bahas.

86 tahun telah berlalu sejak dua kali pemenang Hadiah Nobel Marie Skłodowska Curie meninggal.  Curie, satu-satunya wanita yang memenangkan Hadiah Nobel di dua bidang berbeda (fisika dan kimia), yang melanjutkan penelitian fisikawan Prancis Henri Becquerel, yang pada tahun 1896 menemukan bahwa unsur uranium memancarkan sinar. Curie dan suaminya, fisikawan Prancis, Pierre, menemukan unsur radioaktif baru pada tahun 1898. Untuk sains, dia telah meninggalkan banyak kontribusi pada radioaktivitas dan penemuan radium (Ra) dan polonium (Po). Kepada dunia, dia meninggalkan rekaman usaha ilmiahnya, buku catatan laboratoriumnya.


Saat ini, buku catatan lab Curie disimpan dengan hati-hati dalam kotak berlapis timah di Bibliotheque National Prancis. Pengunjung hanya dapat melihat setelah menandatangani pembebasan tanggung jawab dan mengenakan setelan khusus untuk melindungi mereka dari radiasi.

Buku catatan Curie mengandung radium (Ra-226) yang memiliki waktu paruh sekitar 1.577 tahun. Ini berarti bahwa 50 persen dari jumlah unsur ini rusak (meluruh) dalam waktu kurang lebih 1.600 tahun. Tapi setelah itu, masih ada 50 persen radium. Dengan melakukan beberapa perhitungan, dapat diperkirakan bahwa 90 persen kandungan radium akan rusak dalam waktu sekitar 5.000 tahun. Sekarang, akankah buku catatan ini lebih aman? Itu tidak diketahui.


Saat radium meluruh, elemen radioaktif lainnya terbentuk seperti sinar alfa, beta, dan gamma. Sinar beta dan gamma masing-masing dapat berjalan melalui kulit dan tubuh kita, dan dapat membahayakan kita. Sementara lapisan tipis kaca atau logam sudah cukup untuk melindungi diri kita dari sinar beta, sinar gamma membutuhkan setidaknya satu perisai timbal setinggi 1,3 kaki. Untuk itu, kita membutuhkan perlindungan khusus meskipun kita hanya ingin mengintip buku catatan Curie.

Tapi, apakah radiasi akan berhenti? Jawabannya iya. Radiasi akan berhenti ketika jalur dekomposisi radium mencapai pembentukan timbal elemen stabil dan nonradioaktif (Pb-206). Sekarang, agar ini terjadi lebih dari 99 persen radium seharusnya rusak. Dan, itu akan memakan waktu sekitar 11.200 tahun.

Satu hal yang saya tahu, buku catatan lab Marie Curie akan terus mengingatkan kita tentang sainsnya selama bertahun-tahun. Dan bahkan ketika semua radiasi hilang, tulisan tangannya akan tetap ada. Hanya dengan begitu, kita tidak perlu melindungi diri sendiri untuk melihatnya di layar.

Sekian thread kali ini semoga menghibur dan bermanfaat untuk agan semua


Sumber referensi : Pribadi & Disini
Sumber gambar : Google Image
emoticon-2 Jempol

Terimakasih udah pada baca


Daniswara92
rifaye
tien212700
tien212700 dan 52 lainnya memberi reputasi
53
19.1K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.